βœ•

Karir Suami :(

Bunda bunda sekalian yang ada disini, Aku mau sharing sedikit. Pertengahan tahun lalu, beberapa bulan sebelum aku dan suami melangsungkan pernikahan, suami dapet kerjaan baru yang lokasinya jauh dr rumah, taruhlah sekali jalan makan waktu 3 jam. Jd kl PP 6 jam. Dengan posisi baru juga, manager. Di kantor sebelumnya suamiku supervisor bun, jd otomatis di kantor yang baru ini tanggung jawabnya jadi lebih banyak dan menuntut dia untuk selalu lembur. Hari2nya di kantor juga sibuk sekali. Pas lagi jam kerja aja jarang banget bisa bales WA. Bener2 sibuk maksimal bun. Sekarang aku lagi hamil tua, dari awal hamil juga manjanya ampun2 sih, suka mewek karena jam 5 pagi uda ditinggal dan jam 8 - 9 malem baru ketemu lagi. Dan aku orangnya suka ga ikhlas bun kalo suami lembur2. Aku mikirnya dia lembur pun ga dibayar lebih, karena dikantornya cuma level staff dan worker yang berhak atas uang lembur. Jadi aku kadang suka berantem sm suami, ngambek dan marah kalo dia lembur, padahal aku tau dia juga terpaksa lembur, kalo boleh memilih dia pasti akan pilih lebih baik dirumah sama aku. Dia di posisi yang ga bs memilih karena tanggung jawab dia besar. Dia skrg sudah diangkat jd karyawan tetap, jd kl dia terus2an mengalah demi aku untuk selalu pulang on time dan ga lembur, dia ga akan kehilangan pekerjaannya, cuma paling akan dpt nyinyiran dan ga akan dipromosikan ke tingkat yg lbih tinggi. Sebagai istri aku pengen bisa mendukung karir suamiku bun, aku gamau jadi pemberat langkah karir dia, ga pengen juga dia dapet penilaian jelek atau diremehkan karena selalu pulang on time demi keluarga. Cuma ya itu bun, gimana ya caraku untuk bisa lebih berbesar hati untuk menerima keadaan ini? Aku hamil ga perna ngidam makanan bun, aku cm ngidam suamiku. Suka gelisah dan mewek kalo suami lama pulangnya. Kalo dia ud plg ya, waktu terasa cepet bgt, pas uda mau tidur aku suka sedih krn mikir bentar lg pagi terus aku ditinggal lagi. Jd aku suka bela2in bangun jauh lebih awal biar bs ngeliatin dia dulu pas bobo sblm dia brangkat kerja lagi. Lebay memang, tapi aku beneran jujur itu yang kurasakan. Suamiku ku tuh baik bgt bun, dia bs aja marah krn istrinya konyol bgt kaya aku, dia kerja kan uangnya buat aku tp ak nya masi aja rewel, tp dia malah perna bilang kalo dia ga cm mau bs memenuhi kebutuhan finansial ku aja tp juga berusaha untuk memenuhi kbutuhan ku yg lain (kasih syg, perhatian, waktu, dll) Ngeliat sabarnya suamiku dalam mengerti aku, aku semakin merasa bersalah.. ? Puncaknya pagi ini bun. Aku sempet minta maaf td dan minta tlg dia mengingatkan aku kalo misalnya aku "kumat" lagi.. Aku berterimakasih krn dia uda bekerja keras untuk keluarga kecil kami.. Dan dia jawab gapapa, itu memang uda jd tgg jawab dia ? Bunda ada yang pernah ada diposisiku kah? Atau minimal mirip2? Bagaimana jalan terbaik untuk mengatasinya ya bun? Bagaimana cara nya aku sbg istri untuk bs lebih berbesar hati?

23 Tanggapan

Wah saya juga awal2 nikah dan langsung hamil gitu bun. Posisi suami jg tinggi di kantor jadi banyak bgt tanggung jawab dan kerjaannya. Ya sepadan bgt sama bulanan yg diterima. Pergi jam 7 pagi, pulang harusnya jam 5 sore. Tp nyatanya pulang paling cepet jam 7 malem, sering juga jam 10 malem. Malah kadang jam 12 malem. Pernah lagi pagi2 jam 3 subuh ditelpon mendadak harus ke kantor krn ada masalah mesin. Dan itu sering. Jadi jam 3 subuh udah ke kantor, pulang jam 9 malem. Melow saya buun. Sungguh :( Suka nangis di rumah sendirian. Hampir tiap hari tuh nangis. Gimana ngga saya sendirii di rumah dari pagi sampe malem. Posisi hamil, baru aja nikah dan merantau ikut suami. Kdg ngambek sama suami krn pulangnya malem terus, suami jg ngerti dan selalu berusaha pulang cepet. Tp nnti jadinya dia ribet sendiri krn pekerjaan yg blm selesai.. kasian :( Tp lama2 saya belajar, saya ngerti Tiap malem kalo tidur saya liatin muka suami saya... ya Allaah mas kasiannya jadi kamu.. harus pergi pagi2 pulang dah malem demi nafkah utk keluarga. Suami ga pernah ngeluh.. ga pernah marah. Malah kadang diambekin istrinya.. padahal tujuannya ibadah mencari nafkah. Nangis sendiri lagii ngerasa menyesal. Kemudian saya mulai berpikir utk tidak menambah beban suami bun... karna diem2 suami pasti dilema berat harus milih pekerjaan atau istri yg pdhl itu tanggung jawab dia, tanpa suami ngeluh ke kita. Suami kuat kok kerja mati2an dr pagi sampe malam demi kita, masa kita yg ibaratnya di rumah aja ngeluh cuma krn tanggung jawab suami di kantor yg besar. Itu yg saya pikirkan selama masa saya kayak gitu bun, dibantu jg orangtua saya yg selalu ngasih wejangan bahwa suami itu kerja mati2an buat istri jangan dipersulit. Bunda cuma butuh waktu azaa ituu.. lama2 pasti terbiasa bun. Semangat yaaahπŸ€—

Bunda coba deh ngertiin ada di posisi suami, bayangin tiap hari udah harus capek dijalan 3jam sekali jalan, 6 jam PP eh sekalinya sampe rumah berharap disambut senyuman sm bunda malah ngedapetin bunda nangis dan ngambek. Itu belum lagi kalo dikantor ternyata suami ada masalah dll. Pasti jenuh kan bun? Mungkin awalnya suami bisa memaklumi, tapi lama kelamaan bisa2 jenuh loh bun dan bisa muak juga karna merasa udh capek dikantor harus dibuat capek lg dirumah.. kita boleh beralasan hamil jadi penyebabnya, tapi laki2 itu mikirnya berdasarkan logika bun. Psti ada saatnya dia blg "ini beneran karna hamil atau cm karna mau cari ribut sih sm aku?". Saya pernah ngalamin ini diawal2 kehamilan, dgn posisi suami saya cuma 30menit perjalanan rumah-kantor lohh bun. Akhirnya kami jadi renggang, dan lebih banyak sendiri2 karna salah paham dan merasa saling gak pengertian. Dan menurut saya perjalanan 3 jam untuk ke kantor itu sangat amat tidak efektif ya bun, saran saya mending bunda sm suami cari kost2an yg dekat sm kantor suami. Jadi suami juga bisa lebih banyak waktu ke bunda dan gak ngehabiskan waktu dijalan.. karna menurut segi safety-pun suami bunda bisa2 terkena fatigue karna harus bekerja tidak sesuai porsinya..

memang kalo manager keatas gaada lembur tapi namanya tanggung jawab besar mau gimana bingung. sy juga gt, level manager gaada lembur sama skali, tapi kalo ga lembur kerjaan ga beres, dan akan berujung ke performa yg bisa jadi memperburuk suasana kerja. "nyinyiran doang dan ga akan di promote lagi" itu sesuatu yg berat untuk pekerja, percaya sm saya. ga betah kerja tu buyar, bawaan pengen resign menurut sy: 1. bunda coba ikhlaskan dengan banyak ibadah di rumah, ikut komunitas, cari kesibukan pikiran dan badan jadi ga terlalu kepikiran suami. kalo bunda ada acara tiap siang atau sore, insyaAllah lbh ikhlas 2. kalo memang ga ikhlas, bunda rinci biaya hidup skrg, ditambah baby, ditambah cicilan masa depan (kalo ada yg mau dicicil aset). kalo bunda bs yakinin suami bahwa bunda hemat dan suami gak perlu ngoyo kerja. bikin keuangan tahunan yg harus nabung. insyaAllah kalo suami satu tujuan dengan bunda, dia bisa cari kerjaan lain atau karir sampe disitu. cm ya itu bunda, laki2 punya mimpi besar! pengen rumah pengen mobil pengen bayar kuliah. kadang pengen bayarin ortu haji. semata2 demi kebahagiaan diri sendiri yg bisa bahagiain orang tercinta.

VIP Member

Mirip mirip sih waktu hamil bun. Kalau suamiku justru dia yang doyan lembur bun πŸ˜“ Aku juga sama kayak bunda, ngidam makanan ya enggak terlalu, tapi maunya deket deket suami terus. Tapi enggak bisa kan dan apalagi waktu itu aku masih kerja. Suami dan aku berangkat jam 7 pagi, aku maghrib udah di rumah sih, tapi kosong, enggak ada suami karena suami paling cepet pulang jam 11 malem, kadang jam 3 pagi udah pulang, akunya udah tidur. Tapi pernah pas kangen banget aku bela-belain pasang alarm pas jam pulang suami biar bisa ngobrol2 πŸ˜‚ Sabar aja bun, colong2 waktu buat videocall-an, kalau dulu aku enggak bisa videocall karna suami kerja di rs pastinya rush banget. Dan kadang dia full kerja di weekend juga tanpa libur, dan nabung jatah libur biar bisa libur lama pas aku lahiran katanya waktu itu. Dan coba didiskusikan dengan suami untuk ambil rumah deket kantor suami bun, gapapa ngontrak juga, suami juga kasian kayaknya terlalu jauh jaraknya ya?

Saya bund, sama posisi suami saya juga mengharuskan kami LDR an. Saya mnjalani hamil anak pertama sendirian bund. Suami dinas di jogja dan saya di smg. Ketemunya 1 minggu sekali, setelah anak 3 tahun suami promosi ke kalsel, tambah jauh bund. I feel u bund, lelah banget rasanya hati ini bund, ya kangen, ya mikirin kesehatan suami. Tapi gimana lagi bund, semua pilihan kan, saya sndiri saat itu belum bisa mendampingi suami krena saya bekerja meskipun hanya staf biasa. Dan ini sudah mnjdi kesepakatan kami saat pacaran, kami mnjalani pernikahan yg seperti ini dulu. Selama LDR yg saya lakukan ya menguatkan hati bund, tidak terlalu "memainkan peran sebagai istri yg rindu berat", mmm coba mengalihkan pikiran melow bunda ke hal2 yg disukai sesuai passion bund, sambil berdoa semoga suami selalu sehat n happy tinggal sama bunda supporter yg istimewa untuknya. alhamdulillah setelah 6 tahun setengah kami diberi rezeki Allah untuk bisa tinggal serumah.

Gak lebay bun beneraaan deh wajar bgt soalnya aku pun diposisi yg sm kaya bunda huhu πŸ˜‚ Dilema skg sisatu sisi mmg passion suami jg tp disisi lain kehilangan wkt sm keluarga . Aplg akg skg pindah jkrta ud lembur + macet. Aku kasian jg sm suamiku kl ngeluh dia plng ud cpk + penat macet . Jd ujung2 nya dipendam sndri tp jd srg uring2an jd kadang kena ke anak . Huhu aku jg sebel kok aku begini amaat 😭😭😭 Tp alhmdllh sih skg ud mnding bun ada anak jd ada tmnnya gak kaya dl sndri bgt . Kl plng ya suami main sm ank trs manfaatin weekend mesti pergi brg kl g cm dirumah aja kita nyantai leyeh ga ngapa2in main sm anak. Sabar ya bun smga Allah beri kita nikmat waktu yg longgar sm keluarga.

Bersyukur aja bun walaupun waktu drumah sdkit tapi bunda pada saat tidur masi bisa natap suami, suami udh baik, pekerja keras rejeki banget loh itu . Bunda bayangin aja yg nasib nya LDM sama suami ketemu brp bulan sekali, saya selama hamil ini LDM bun, ktemu insyaallah pas lahiran nnti kebayang dong bun gmnπŸ˜€ apa lg itu kmrin ada yg suami nya kerja dipelayaran ktemu nya malah ntr pas anak nya udh lahiran brp bulan . Wajar bunda sedih kita emg hamil bnyk banget drama nya , sensitif, baper . Tapi bunda coba blajar mandang k org yg nasib nya lebih dbwah bunda gtu, biar bunda bsa berbesar hati dan berysukurπŸ˜‡πŸ˜‡

VIP Member

Bunda saya ldm dari kehamilan 7 bulan karena saya mau melahirkan anak pertama jadi saya di kota asal saya dulu, saya melahirkan sc karena posisi anak sungsang bun, alhasil suami bisa nungguin saya lahiran, setelah lebaran dia pulang lagi ke kota rantauan, sampai sekarang belum ketemu lagi karena kerjaannya yang banyak, selama saya di kota rantauan suami sering sekali lembur tanpa di bayar, sering sekali dinas sampai 1 minggu saya diem di kota rantauan sama calon debay, tapi saya ikhlas bun dia niat mencari nafkah untuk anak dan istri, saya ga pernah mempermasalahkan yang penting saya tau dia kemana2 nya

Sama sih.. Aku punya rumah yg kita beli sebelum nikah. Cuma jarak dr rumah ke kantor jauh. 3 jam blm sama macet ya.. Nah aku malah cr kontrakan deket kantor suami.. klo siang dia pulang untuk makan bareng.. Gpp dah meski kita harus bayar 2 rumah.. Yg penting suami deket dan terpantau.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Maklum lg musim pelakor.. Skrg aku udah lahiran. Jd klo siang dia plg jaga si dede.. trus masuk lg ke kantor..

Mirip-mirip ya Bun... Tapi kalau aku cari kesibukan sendiri.. jadi biar ga terlalu nungguin banget suami pulang.. karena liat jam itu ky yg lama banget... Dlu suamiku juga berangkat kerja jam setengah 6,pulang jam 8-9 malam. JD k badan dia sering drop. Dan akhirnya Dy lebih milih JD karyawan biasa yg penting pulang tanggo,berangkat jam setengah 8 pulang jam set 5. Meskipun dari salary jauh

Pertanyaan populer