Apa itu patriarki??

Bund mau tanya apa sih budaya patriarki itu menurut bunda?? Trus contoh dalam rumah tangga suami yg patriarki itu seperti apa?? Apakah suami yang minta di layani dr urusan pakaian urusan perut urusan rumah itu golongan patriarki??, Kalau kebutuhan tercukupi seperti uang belanja uang skincare uang jajan, seminggu sekali jalan2, tidak pernah bentak2, menyempatkan waktu untuk main bareng anak tp menuntut urusan masak, cuci, beberes di tanggung istri apa jg termasuk patriarki atau ga trus alasannya di sebut patriarki/ enggak itu apa??

17 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

patriarki dalam rumah tangga itu seperti suami mendominasi peraturan2 dalam rumah tangga, memegang kendali atas rumah tangganya seperti istri tidak boleh mengambil keputusan apapun dalam rumah tangga, istri harus patuh dengan apapun yg diperintah suami, dan acuh terhadap pendapat istri. Menuntut urusan masak, cuci dan bebersih rumah adalah tugas istri itu termasuk patriarki. Sebab dalam rumah tangga seharusnya saling tolong menolong. Kecuali ada beberapa kondisi: 1. Suami bekerja dari pagi hingga malam 2. Jarak tempuh dari rumah ke lokasi kerja jauh 3. Suami yang hanya libur seminggu sekali Kalau ini smua penyebabnya maka sebagai istri harus memahami, jika pada saat libur suami santai/istirahat. Tapi bukan berarti suami bisa menuntut segala pekerjaan rumah beres. Suami juga harus paham, sebab ada anak, bila belum ada anak masih banyak waktu luang untuk mengerjakan pekerjaan rumah, dah punya anak waktunya akan terbagi dengan anak, disini suami harus paham dan bukan menuntut. Masalah nafkah itu kewajiban suami, mau istrinya pemalas sekalipun, suami wajib memberikan nafkah. Berperilaku baik terhadap istri itu memang wajib, sebab itu perintah disetiap agama. Gak ada agama yang mengajarkan suami boleh berperilaku kasar terhadap istrinya. Gak ada kaitannya antara nafkah dan pekerjaan rumah. Memang dalam agama sebagai istri diwajibkan untuk melayani suami, tapi suami tidak boleh membebani istri. Semua harus saling memahami kondisi pasangannya masing-masing, itulah rumah tangga 😊

Baca lagi

Patriaki itu sebuah budaya yg mengharuskan isteri tunduk pada suami dan patuh pada suami, isteri tidak di berikan hak untuk berpendapat dan mengambil keputusan... Contoh pertama suami melarang isteri untuk bekerja dgn alasan isteri itu tempat nya di dalam rumah, ngurus anak, melayani suami dan mengerjakan pekerjaan domestik rumah tangga... Sekali pun suami mampu untuk memberikan isterinya ART dan babysiter tapi si suami melarang dan tetap menuntut si isteri yang tetap mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti memasak, cuci baju, setrika, beres2 dsb... Contoh kedua si suami otoriter dan melarang isteri keluar rumah sendiri jika tidak dengan suami, sekalipun boleh keluar rumah itupun harus dgn izin suami dan hanya untuk sekedar jemput anak sekolah, belanja ke pasar dgn waktu yg di porsi... Bahkan jika si isteri pergi dengan teman nya pun suami melarang... Contoh ketiga nya lagi si suami melarang si isteri berdandan jika pergi keluar rumah dan menyuruh isteri buat menutup aurat dgn busana muslim/gamis dgn hijab syari yg menutup dada, tidak boleh pakai celana jeans sekalipun pakai hijab modern... Sementara si suami doyan lirik2 dan cuci mata sama cewek2 di luar yg bening2 glowing ber make up cantik dan berpenampilan modis 🤣🤣🤣🤣 Dan banyak lagi contoh2 lain nya... Hiihh amit2 deh sama laki2 yg masih menganut budaya patriaki...

Baca lagi
12mo ago

iya bund, saya jg pengen tau alasannya karena menurut sya itu nyuruh ke hal yg baik, apa karena si laki2 suka lirik2 gadis seksi cantik jd kalo di atur suamj ke hal baik itu jadi patriarki. kalo urusan memasak bagi saya bukan kewajiban istri karena nafkah dr suami termasuk pakaian, makanan, tempat tinggal. tp masak, bebersih rumah, mecuci pakaian itu bentuk kesadaran bentuk kasih sayang istri ke suami karena sudah bertanggung jawab atas keluarganya sih.

Patriarki dinilai sebagai sebuah sistem sosial yang menempatkan pria sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran kepemimpinan politik, otoritas moral, hak sosial, dan penguasaan properti. Contoh Dalam ranah rumah tangga, Perempuan selalu dituntut untuk dapat melakukan berbagai macam pekerjaan rumah yang masuk dalam pekerjaan domestik, mulai dari bersih-bersih hingga menyediakan makanan. Apabila seorang perempuan tidak mampu melakukan tuntutan tersebut, maka ia bisa dikucilkan oleh orang-orang sekitar.  Sumber: https://m.mediaindonesia.com/humaniora/538339/mengenal-budaya-patriarki-dan-dampaknya-pada-perempuan nah selama bunda melakukan pekerjaan rumah tangga dengan enjoy, happy, suami bertanggung jawab, mencukupi segala kebutuhan dan keinginan bunda sih ya ga ada masalah bun. itu namanya rumah tangga, saling bantu, gotong royong, saling membahagiakan, saling bertanggung jawab, suami kan cari uang nah istri yg dirumah mensupport dgn cara melakukan pekerjaan rumah dan urus anak. klo bahas patriarki rasanya bakal panjang bgt karena tiap org pasti punya pemahaman yg berbeda. pokoknya asal kedua belah pihak enjoy dan nyaman yaudah, nah klo bunda keberatan dengan tuntutan suami soal kerjaan rumah ya ngmg aja, sewa art aja. tapi klo bunda ikhlas itu lebih baik, selain suami makin sayang, dpt pahala juga.

Baca lagi

kalau dari sudut pandangku, suami yg minta dilayani seperti itu tapi dengan ttp menyediakan fasilitas untuk istri itu bukan patriarki. lebih kyk kerja sama. mungkin suami ndak bisa bantu karena sudah capek di rumah. jadi hanya bisa menyediakan itu untuk bunda dan mintq tolong bunda untuk menguruskan hal lainnya. ndak tau juga sih dari sudut pandang bunda kyk apa. tapi yg penting, dalam runah tangga itu penuh kerja sama. kita semua pasti capek, kan emang manusia. tapi bukan berarti jadi saling melanggar hak masing2 pasangan. sama orang lain aja saling membantu dapet pahala, apalagi sama suami istri gitu. komunikasi juga penting. kalau misal butuh dibantu, misal bantu cuci piring, bilabg aja coba. bilang juga klo mungkin sedang capek bgt, jadi g bisa handle ini itu.

Baca lagi
12mo ago

nah, betchuuul bun

Suami yg patriarki itu suami yg tidak memberikan hak dan kebebasan pada istrinya. dikekang, tidak memiliki kesempatan untuk berpendapat, menganggap diri sendiri yg memiliki kuasa mutlak dalam rumah tangga. kalau yg bunda jabarkan, selama si perempuan setuju, tidak terpaksa, dan tidak merasa terkekang dengan peran yg seperti itu, bukan patriarki. kata kuncinya adalah saling menyetujui dan tidak terpaksa. Untuk urusan nafkah yg tercukupi, itu sudah kewajiban sebagai suami, termasuk menyempatkan bermain sama anak itu bentuk tanggung jawab sebagai orang tua. Kalau bunda memang merasa keberatan dengan urusan domestik rumah tangga, ya bicara, komunikasikan. Kalau memang solusinya adalah memakai art, dan bunda bekerja itu win win solution.

Baca lagi

menurutku gni sih bund klo semisal suami gak macem* dia kasih nafkah ke kita terus dia jg bantu sedikit* setelah kerjanya buat urusin anak misal ya, terus perlakuannya itu mmbuat kita ikhlas dan ridha melayani suami dri ujung rambut sampai ujung kakinya itu gk bsa di sebut patriarki karena kita melakukannya dg ikhlas dan senang atau atas dasar kemauan kita sendiri, gk ppa bund klo pun bund bsa ngerjain itu semua ikhlas dan ridha dalam anggapannya suami gak maksa yah klo bund capek misal nh suami gk mslah klo waktu tertntu kamu gak masak terus beli di luar.. semuanya bsa bernilai pahala, aku gk ngerti sih lebih jelasnya patriarki itu sprti apa.. tp klo bund senang* aja gk ppa bund mikirnya itu pahala buat kita 🥰

Baca lagi
TapFluencer

Patriarki dlm rumah tangga ini menurutku pribadi jg dr mindset orangnya (kedua belah pihak). Harus selalu tunduk dg kata kata suami, tdk boleh berpendapat. Nah coba dl ini konteks berpendapatnya spt apa. Lalu masalah tanggung jawab kebersihan rumah harus dilakukan istri, coba lihat keluarga suami dl, krn keterbiasaan melihat dan tumbuh di keluarga spt itu ya dia akan menjadi sosok spt ayahnya di keluarga yg skrg. Tuntutannya spt apa? Kl mmg diberi uang banyak ya sewa ART panggilan aja yg mmg kl kepepet baru dipake jasanya. Kl ibu merasa keberatn dg tugasnya, coba dibicarakan berdua aja. Cari jln keluar bersama, jgn smpe suami mikir bunda itu “istri yg tdk bersyukur” kl ini dipendem terus.

Baca lagi

harus patuh, gak boleh berpendapat dan membantah contohnya ya gampang : istri harus selalu nurut apa kata suami, dalam hal apapun dilayani yg gimana dulu nih? - harus masak sehari 3x dengan menu yg berbeda bahkan se kelas hotel bintang 5? - pakaian harus sangat rapi, wangi dan matching? - rumah harus selalu rapi dan bersih, kinclong ampe bisa buat ngaca? masak, nyuci, beberes ditanggung istri dan suami gak mau tau apapun pengennya beres aja gitu? kenapa gak sewa ART aja pak? kok tinggal berdua tapi nuntut begitu? gak tau pasti sih ini detailnya gimana, tapi kalo saya sih gak setuju ya, gak mau bahkan, apalagi ada kata "dituntut/menuntut"

Baca lagi

kl menurut aku ya, patriarki itu kaya suami diatas segala2nya. semua apa2 sesuai suami, suami dirajakan, suami yg berkuasa dalam rumah tangga. sedangkan si wanita yg mengurus semua sendiri urusan rumah tangga.. si wanita tidak diberi kebebasan berpendapat. kerjaan rumah termasuk urus anak itu tugas wanita. laki2 tok cari uang, pulang2 dilayani istri dari A sampai Z. kalau diibaratkan, rumah tangga patriarki itu, seperti raja sebagai suami, dan budak istrinya.

Baca lagi

Patriarki dinilai sebagai sebuah sistem sosial yang menempatkan pria sebagai pemegang kekuasaan utama dan mendominasi dalam peran kepemimpinan politik, otoritas moral, hak sosial, dan penguasaan properti. gausah ikut2an negara barat, ikutin aturan islam aja klo bunda muslim, sdh ada smua aturan hidup sesuai quran n sunnah. makanya saya saranin ibu2 milenial bnyakin ikut kajian, klo ga sempet d youtube ada bnyak.

Baca lagi
12mo ago

lah, klo ada yg full knpa harus stengah2😂 gratis lg MasyaAllah.