7 Tanggapan

hai bunda, kalau soal tantrum menurutku normal dialami anak2 krn mereka masih kesulitan mengatur dan meluapkan emosi. tetap sabar mengajari dan mengingatkan anak utk tdk mencelakakan diri. kalau soal bicara redflag paling jauh nya 2 th bun, nanti di umur tsb harus sdh bisa membentuk kalimat 2 kata. jd skarang mnurutku masih bisa dikejar bun. perbanyak kontak mata 3 arah, main roleplay, stimulasi sensorik, membaca buku, bernyanyi dan menari, dan no gadget. yg setauku mengkuatirkan itu menunjuk bun, umur 1th tidak menunjuk sdh red flag. memang itu ada hubungannya dgn keterampilan bicara. walaupun skarang sdh bisa tapi sebaiknya coba ditanyakan aja ke klinik tumbuh kembang bun.. krn kalau pernah terlambat takutnya kedepannya pengaruh ke perkembangan yg lain. semoga cepet lancar ngomongnya ya dek..

makasii ya bunda masukannya. iyaa bun, skg sudah bisa nunjuk pake telunjjk maunya apa. bulan kmrn masih yg cuma narik2 aja suruh ikut dia lg pengen apa gitu, walo agak terlambat semoga ini belum yg telat banget ya bun.

coba bun setiap perkataan dede yg bermakna apa dicatet, jadi ketawan dede nya udah bisa berapa kata. main pretend play (main pura2) bagus itu bun, untuk memperbanyak kosakata, nyanyi2 bareng juga bagus, dan untuk tantrum nya coba bun dikasih tau. *kebetulan anak saya juga, kalo lagi ngambek suka bgt pala nya di jeblakin kebelakang, jadi kita sering kasih tau kalo itu gaboleh, sakit, kalo ngambek teriak aja yg kenceng. masih suka ngelakuin si bun, tp lumayan, seengaknya dia punya optional untuk luapin amarah selain jeblakin pala kebelakang, ternyata bisa teriak ya gitu. semangat bunda💪

makasii bunda untuk sarannya. harus lebih semangat lg saya nya ngajak ngobrol juga.

coba baca IG nya @vijiclinic bun atau ke klinik tumbuh kembang bun. redflag menunjuk itu 12bln, dan 18bln setidaknya sudah bisa mengucapkan 10-50kata bermakna, nah 24bln nanti sudah bisa merangkai 2kata menjadi 1 kalimat. ini sih pengalaman saya bun, coba anaknya dibiarkan banyak eksplor sendiri jangan apa2 dilarang kecuali yg berbahaya. kalau sering diberikan screentime kayak gadget/tv sebaiknya di stop dan perbanyak aktivitas outdoor/sensory play. perbanyak jg kontak mata dengan anak,karna penyaluran bahasa selain di dengar tp jg melalui kontak mata.

makanya kita sebagai ortu dituntut untuk kreatif memberikan permainan ke anak2. di @vijiclinic banyak bun contoh2 permainannya.

coba bangun rasa ingin tahu anak. ketika bermain bunda tanya ke anak ini apa yaa itu apa yaa. terus bunda jawab berulang², oh ini sapu, itu baju, dll. gak harus main di luar rumah, kenalkan benda² yg ada di rumah. anak sya pun gitu, kata² bermakna yg dia ucapkan walaupun masih belepotan itu, lampu, sapu, cicak, sepatu, sandal, jam, minum, maem, gendong. anak sya skrg 11 bulan bun. bahkan wkt awal.mengenal sepatu, dia sehari bisa tanya berkali², sekali tanya mungkin 10x ada. kita sabar aja njawabnya.

aaamiiin. ini redflag bicara dari dokter anak bun, kalo sudah melewati gak ada salahnya konsultasi ke dsa biar di skrining, semangat.

VIP Member

semangat terus bunda melatih anaknya...anak pintar bukan semata pengaruh nutrisi melainkan juga karena stimulasi

coba deh dibalur saraf2 nya dari kepala sampai ujung kaki pake minyak MHS asal rutin insyaallah

kalau ngambek arahin ke tempat aman bun

iya bun, mungkin dg semakin bertambahnya usia nnti akan mereda yg kalo pas ngambek suka jedotin kepala 🙈 skg jd lebih gesit megangin anak kalo pas ngambek sblm jedotin kepala

Pertanyaan populer