LAHIRAN DI RS APA BIDAN

Bun saya mau tanya, lebih baik lahiran di bidan atau rs ya? Kalau di bidan jarang bgt yg pake bpjs.. Kalo di rs katanya biasanya cesar?

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Alhamdulillah nyaman dklinik bidan..2xpersalinan bidan terus krna mmng dari awal menginginkan dibidan yg Deket bgt sama rumah..bidan dsini(Salatiga)bisa gunain BPJS karna kemarin niat mau mandiri aja tanpa BPJS(mengingat perjuangan ibu bidan dan kejadian diluar dugaan pas persalinan)aku sama suami memutuskan tdk gunain BPJS tp bidan malah menolak dan bilng BPK ibu klw punya BPJS gunakan BPJS aja gak usah mandiri..y pada akhirnya pakai BPJS krna bidany menolak mandiri dan semua mau diurusin bidannya..alhamdulillah bgt🤲🤲🤲

Baca lagi
4y ago

@bunda Dewi,dsini klw kontrol bidan ttp bayar hanya persalinan aj yg bisa gunain BPJS...tp dsini kontrol kebidan pling 20 RB kok Bun jdi masih terjangkau ..hbis lahiran pun bidan kontrol kerumh dan dibayarpun juga gak mau

VIP Member

Di Rs sih kalau saya, karena alat2nya lengkap dan kalau ada apa2 (amit-amit) bisa langsung di tanganin. Bunda sudah cari bidan yg bisa ngecover Bpjs, bukan nya banyak ya? Kalau takut ke Rs lagi pandemi gini bisa langsung ke RSIA, jgn ke rumah sakit umum yg rujukan Covid ya bun. Untuk Normal / Sc nya sih tergantung kondisi Ibu dan Bayi nya, karena di Rs biasanya diusahakan normal dulu kalau tidak bisa baru tindakan Sc. Jadi tidak semua yg lahiran di Rs langsung ditindak, kalau tidak ada kendala apa-apa. Semoga membantu :)

Baca lagi
4y ago

Terimakasih bun 🤲😊

VIP Member

biasanya kalau bidanya praktek mandiri emang gak bisa bun "setau saya".. bpjs mana dlu? bpjs perusahaan kah atau mandiri? kalau perusahaan biasanya suka di ganti asala ada bukti aja.. saya dlu juga gitu lahiran anak pertama, bayar dlu terus minta surat rincian biaya nya terus diserahin sama perusahaannya.. kalau rs gak semua harus SC bun tergantung situasi dan kondisi ibu dan anak aja..

Baca lagi
4y ago

nggak harus bun.. kalau urgent banget iia sesar..

Saya lahiran di rs tp normal bund.. Trgantung kondisinya. Kalau memungkinkan normal pasti ya ttp normal. Kalau darurat baru di sc. Tp trgantung dokter yg nangani jg bund. Kdg kalau di pro ke normal pasti jg bakal diusahakan normal slama kandungan baik2 sj, tp mnurut pengalaman org disekitar sy kl dokter yg pro sc pasti mskpun kandungan tdk knp2 biasanya jg ttp menyarankan utk sc..

Baca lagi
4y ago

Kalau kata org sih emg dokternya mls nunggu pembukaan pasien mungkin bund. Mgknya slalu ada aja alesan yg bkin pasien harus di sc. Krn bbrp ttngga saya jg lahiran di rs tsb , dan ditangani dokter itu . Pdhl sehat gpernah ada keluhan apa2. Tp heranya malah lgsg disuruh sc..

Kalo di daerah sy sekarnag gk boleh lahiran dirumah bidan. Minimal banget harus ke puskesmas. Karna tkut terjadi apa² peralatannya lebih kumplit di puskesmas/klinik. Lebih baik si di RS ya bun. Lebih aman aja gitu. Trs kan bisa pake BPJS juga.. Klo masalah lahirannya normal atau cecar itu kan tergantung kondisi kitanya☺ Berdoa aja bun biar bis lahiran normal

Baca lagi
4y ago

Iya bun, udah ada dokter nya juga. Jadi gk risih.. Skrg mah udah ada peraturannya juga kan ya, gk boleh dirmh bidan apalagi di rumah si ibu yg mau melahirkannya.

Ikuti saja faskes bpjs yg bunda, jika ada penyulit misal asma, hb kurang, tensi tinggi biasanya dirujuk. Bisa di bidan tp pastikan bidannya kerjasama dengan bpjs. Dari pada bayar bidan mending uangnya buat tambah" keperluan dede. Kalau ada bpjs mending di pakai dan ikuti saja alurnya. Insyaaloh dimanapun pelayanan itu yg terbaik

Baca lagi
4y ago

Terimakasih bunda 💚

Kalau saya sama suami memang merencanakan utk lahiran diRS bun, untuk was² aja kalau harus ada tindakan biar cepet gak usah oper dari bidan keRS itu salah satu alasanku Bun, diRS aku kemarin normal pake BPJS gratis semua Bun, malah ditanya dulu ada BPJS apa enggaknya trus babynya dibuatin sekalian sama pihak RS

Baca lagi
4y ago

Cuma bawa kartu ktp sama kartu BPJS bun,

VIP Member

Kalo Bidan yang biasanya buka praktek di rumah tuu ada yg kerja sama ama BPJS juga ya bun? Baru tau aku bun! Soalnya tiap priksa, aku bayar mulu. & rencananya sih mau lahiran di Bidan aja krna aku mrasa lebih nyaman. Tpi ya itu kepikiran, nanti BPJS'ku gx kepake dah hrus ttep bayar.

4y ago

Ada bun Tapi biasanya ga cover 100 perrsen Tetanggaku dicover dr bpjs bidan rumahan cuma 700 ribu Sisanya bayar cash ke bidan itu :)

Kalau saya lebih milih di RS karena peralatan medisnya lebih lengkap dibandingkan di bidan. Saya di RS normal kok. Caesar itu dilakukan jika persalinan normal menimbulkan banyak risiko baik bagi ibu maupun janinnya

4y ago

Saya hpl 8 mei tapi sudah lahiran tgl 12 april karena ketuban pecah dini

Kalau saya emg lebih pilih di rs sih bun, karena lebih terjamin aja kalau ada apa2. Setau saya di rs bisa normal dan pakai bpjs kok bun. Tapi ya kembali ke bunda saja lebih prefer kemana. Senyamannya saja bun.

4y ago

Persyaratan nya apa aja bun maaf 🙏