janin kecil

Bun minggu kmren saya periksa kebidan..trua di raba bidan perut saya..dan kata nya janin nya kecil..tidak sesuai dengan usia kehamilan.. Usia kehamilan saya sudah 15 week bun Gmna ya cra agar janin nya cepat besar??

57 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Utk hasil lbh meyakinkan bunda hrs USG dulu bun. Klo bidan kan cm d raba doank blm tentu bnr janinnya kecil. Klo usg hasilnya sama sprti bidan itu baru deh. Tp usia janin sgtu msh lama bun wktunya. Siapa tau di tm2 dan tm3 janin jdi naik krn di wktu trsebut lagi gilak2nya makan, makanan manis, minuman dingin. Itu pasti. Yg bikin janin cpt besar.

Baca lagi

Masih 15w itu ga usah ngejar target besar kecilnya janin. Di trimester 1 dan awal tm 2 gtu itu yg penting perkembangan janin optimal, itu saat2 pembentukan janin. Yg penting makan makanan sehat, vitaminnya rajin diminun. Nnti di akhir tm2 ato tm3 baru deh kontrol bbj, biar ga terlalu kecil ato besar

VIP Member

USG aja, aku pun karna badan ku kecil jadi perut juga ga begitu membesar, pas cek ke bidan puskes buat cek lab katanya KEK, kurang gizi si dedenya kecil. eh sorenya aku langsung USG ke dokter, nyatanya malah bayi ku kelebihan beratnya bun, usia 26week udah 1kg lebih yg normalnya adlh 700-900gr.

Usg lagi bun... maaf ini dari pengalaman sebnya saya usg ke dokter lalu 2 minggu ke bidan dan diraba janinnya kurang dari tiga jari yg harusnya 12 week . 2 minggu kemudian sya kegg spontan di usg kmbali janin tidak berkembang.. sy harap bunda tidk mengalami hal sama dan sehat selalu yaa

5y ago

Ini hanya pengalam sy ya... mengingatkan usg itu penting. Dan tidak semua kasusnya seperti saya..sy hanya berbagi info dan pengalaman

Usg aja say.. dipuskesmas murah kok pke bpjs jg bs.. ilmu raba-raba mah gk bs dijadiin patokn. Dlu wktu saya hamil 10mggu dicek bidan katanaya janin tidak teraba pas di usg yampyunn jelas terang benderang itu janin udh nongol uk. Sesuai.. smpe ksel saya sm tuh org

5y ago

Kl dopler udah dr lama pas 16w 3 day dl,selebihnya diusg dipuskesmas,tp y gt tadi,eh mlh dibilang kecil gt bun soalnya terakhir priksa 27 w tfu br 20

Mnding usg aja bun, nmanya bidan cm diraba kn blm tntu akurat.. usg aja hasilnya lbih jelas dan akurat.. klo usg emg dibilang kecil dr uk seharusnya bru bunda bsa mnta saran dokternya buat prbaiki bbj..

Semua ada waktunya mau makan yg banyak juga ga ngaruh, bayi kan pertumbuh tiap minggu. Namanya cuma di raba ya ga pasti, aku juga dulu gt katanya ga sesuai usia ternyata salah perhitungan.

VIP Member

Aku mah gapercaya amat bun, aku usia kandungan 6 week usg ke obgyn masih kantong, eh di raba sama bidan dkt rumah ktnya inimah udh gede kaya 3 bulanan wkwk... ya jelas percya ama usg lah.

Usg aja bun, sy 19w dari luar ga keliatan hamil, pas di usg berat janin sesuai umurnya. Dan untuk ngejar bb mending nnti di TM3 aja, kalo ngejar masih 15w takutnya nanti malah kegedean.

Di usg dulu aj bun...soale kmrn terakhir q priksa dibidan.ktnya brt janin kecil. Dan disaranin usg...pas tgl 15 kmrn q usg.alhamdulilah.usia bayi sm brt bdn bayi normal,sesuai.