tinggi fundus ball +

Bun mau tanya tinggi fundus ball + maksudnya apa yaa

14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

tinggi fundus itu biasanya buat ngukur udh sepenuh apa si janin menuhin rahim kita. sederhananya tinggu rahim kita. diitung dari tulang atas kemaluan kita sampe mentok perut kita bagian atas. biasanya bidan pake buat ngitung perkiraan bb janin pake rumus trtentu yg gk ad usg. itu lmayan akurat. tpi hati2 juga ada bidan yg teledor ngukurnya. kaya aku kmren, ngukur cmn dipegang doang gk pake alat ukur, 32week tinggi fundus aku 26, dan bidannya bilang bayinya udh kegedean bnget umur segitu. akhirnya periksa di bidsn lain ternyata 32week baru 23 cm dan pas di usg sma hasilnya sma pengukuran bidan yg kedua ini.

Baca lagi
VIP Member

Bantu jawab ya, bun. Kalau soal tinggi fundus ball +, bunda harus tau dulu artinya fundus dan ball itu sendiri. Pertama fundus itu maksudnya titik tertinggi rahim. Ball (balotemen) itu pantulan di dalam perut yang biasa disebut kepala. Nah sedangkan maksudnya tinggi fundus ball + berarti kepala bayi sudah teraba, saat dokter atau bidan periksa, sudah ada bagian keras yang keraba semacam kepala bun. Untuk lebih jelas dan supaya lebih paham juga, bunda tanya langsung sama dokternya ya.

Baca lagi
3y ago

betull . sperti itu yg di jelaskan bu bidan karna aku sempat bertnya Juga

VIP Member

Hallo Bunda, yang aku tahu dari arti tinggi fundus ball + janinnya ada tapi bayinya sudah teraba bun posisi persisnya, Bun. Tergantung usianya juga sih, kalau masih hamil muda dokter atau bidan belum bisa meraba posisinya, terutama bagian keras kepala (balotemen). Sedangkan kalau usia kehamilannya sudah masuk trimester 2 ketas, sudah lebih jelas posisinya karena janinnya sudah besar, kan. Tapi soal ini bisa langsung tanya dokternya biar lebih jelas ya.

Baca lagi
VIP Member

Arti tinggi fundus ball +, fundus itu diartikan sebagai titik tertinggi di dalam rahim. Sedangkan kalau ball itu maksudnya balotemen bagian keras (seperti kepala atau bokong) yang teraba sama dokter. Jadi bisa diartikan kalau janin sudah teraba oleh dokter. Penjelasan aku ini bisa jadi ngga sesuai sama kondisi janin bunda ya, makanya bunda perlu tanya langsung sama dokter supaya dijelasin yang lebih jelas, ya.

Baca lagi
VIP Member

Bun, mendingan sih langsung ditanyain aja gitu ke dokternya. Supaya dijelasinnya sesuai sama kondisi kehamilan Bunda sekarang. Tapi kalau boleh sharing sedikit, arti tinggi fundus ball + itu artinya janin sudah teraba di dalam rahim. Fundus itu artinya titik tertinggi rahim, sedangkan ball itu artinya balotemen bagian keras yang keraba sama dokter, biasanya kepala atau bokong. Semoga sedikit membantu ya, Bun.

Baca lagi
3y ago

iya bun mkasih ya infonya. tapi alhamdulillah sekarang anak aku udah mau 7 bulan

VIP Member

Maaf Bunda nggak bisa bantu jawab soal tinggi fundus ball +, karena aku juga nggak paham banget maksudnya apa. Takut salah jelasinnya karena bukan ahli. Hehe.. Tapi semoga Bunda sehat-sehat ya sekarang.

Biasanya tinggi fundus ball + sndri trus yg di isi ball itu sendiri deh setau saya. Kalau ball artinya janin diraba ada tp belum bisa di pastikan sblh mana kepala sama badan oleh bidan

4y ago

Oh gitu y bun. Mkasih y bun infonya

VIP Member

Yang aku tahu sih, maksudnya posisi janin sudah teraba Bunda, dan juga janin sudah ada di dalam kantung rahim. Tapi kalau Bunda nggak yakin coba cari dari sumber lain ya, Bun.

3y ago

Alhamdulillah selamat ya bunda🥰

VIP Member

Klo Tinggi Fundus Ball + Itu Tinggi Rahim Bund ,, Klo Ball Itu Letak Janin Maksutnya Cuma Keraba Kek Lingkaran Ajja Bund ,, Blm Keraba Kepala Kaki Atau Pantat

VIP Member

Hai, Bun.. Aku juga ngga ngerti Bun, apa arti ball positif. Enaknya sih tanyakan langsung ke dokternya ya, Bun.. Supaya bisa lebih jelas gitu kasih taunya.