Imunisasi tambahan

Bun, mau tanya pengalaman bunda, apakah disini banyak yang sudah melakukan imunisasi tambahan seperti rotavirus, pcv atau cukup yang wajib saja? Sebenarnya pengen juga imuniasi tambahan tapi kok lumayan mahal ya.

17 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Anak saya imunisasi semua bun, kecuali rotavirus. Bukannya gak mau ngasih, tapi pas umurnya dikasih rotavirus, saya tinggal di daerah yg gak menyediakan vaksin itu dan saya ngerasa debay masih terlalu kecil n riskan klo dibawa jauh2 ke kota buat vaksin. Sisanya saya kasih. Sampe influenza yg awalnya gak saya kasih, akhirnya dikasih juga biar bisa bedain flu biasa n covid.

Baca lagi

sdh bu , pas anak usia 2,4 dan 6 bln dilakukan 3x bu , kalo.kira nya ga bs tuntas lebih baik skip aja ..bukan mahal bun, hanya karena memang blm d subsidi pemerintah saja , ada 4 kota d Indonesia yg bntar lagi nerapin Pcv gratis tapi rotavirus nya enggak ... nnt habis itu msh influenza usia 6 bln , trs 7 bln buat booster nya , d ulang lagi 1 thn kedepan

Baca lagi

Anakku pake vaksin tambahan. Pcv dan rotavirus itu 3x dosis, kalo sekiranya gak ada budget lebih baik jgn memaksakan, karena sayang kalo cuma 1x dosis terus yg ke 2 dan 3 nya nggak, yg ada malah gak maksimal dan buang2 uang aja. Kalo ada budget yaa vaksin aja, semakin banyak antibodi virus yg ada di anaknya 😊

Baca lagi

kl ga salah ada DSA yg blg semua imunisasi baik dasar dn tambahan itu sbaiknya diberikan. tp krn imunisasi tambahan blm disubsidi pemerintah jd ga diwajibkan (krn mahal),utk PCV sdh jd program pemerintah, jd ada dipuskesmas.

VIP Member

sy tambahan hanya ambil pcv¹²³ & rotavirus¹² ajj. iya emg mumm harganya lumayan😇 tp mumm yg tambahan jgn d paksain klo blom ada rezeki, terpenting minimum yg dasar jgn sampe terlewat.😇😇

aku ambil semua vaksin non subsidi, bu. Yah emang harganya mahal sih tp penting jg imunisasi tambahan, selama dananya ada alias bapake yg bayarin yah ambil aja.

VIP Member

anak saya tdk pakai yg tambahan, karena memang mahal, didukung dengan makanan yg bergizi dan kebersihan juga sih bun, bismilah semoga kuat.

anak saya imunisasi wajib saja Bun hehe bunda boleh mampir postingan saya yaa, bnyak produk bayi yg lagi diskon, kepoin yaa bunda 🥰

TapFluencer

kalo anakku imunisasi sesuai jadwal idai bun kecuali ku ga vaksin Japanese encephalitis.. biaya emang lumayan tp gpplah buat anak..

VIP Member

Semua wajib bun . Gk ada yg gk wajib . Tp ada yg gratis ada yg berbayar . Klo saya minimal pcv lah . Krn banyak yg kena