Bun mau curhat dong

Bun jadi dulu aku sbelum nikah berada di lingkungan broken home . Orang tua udh nikah lagi dua2nya Orang tua cerai pas aku masih sd Jadi aku udh sering banget terima pukulan sama bentakan dari mamah. Dan sering banget mamah bilang kesel liat aku krn mirip papah. Pernah waktu kecil aku di guyur minyak tanah seember besar dan sempet mau di bakar tapi mamah keburu di tenangin sama kake aku. Akhirnya aku trauma dan setelah dewasa jadi anak yang pembangkang gak nurut sama ortu. Skrang aku udh nikah udh punya anak awalnya aku sudah berkomitmen gak mau jadi ibu seperti mamah aku . Tapi sering kali emosi aku memuncak bun marahin bentakin anak . Tapi tidak sampai main fisik. Takutnya aku kelepasan bun . Gimana ini bun ada solusi kah? Apa aku harus ke psikiater?

5 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Wajar kok bun kalo pny kecemasan dan ketakutan akan mengulangi hal yg sama seperti yg ibu lakukan ke bundanya. Karena mmg perilaku seseorang terbentuk dipengaruhi oleh pola asuh orgtua dan lingkungan sekitar dmn dia dibesarkan. Walaupun begitu, sebenarnya kita punya kendali penuh terhadap diri kita sendiri. Pengalaman buruk bs menjadi motivasi yg kuat utk ga mau berbuat hal yg sama ke depannya. Krn yg mengalamin paling paham sendiri rasa sakitnya gmn. Nah, salah satu tantangan terbesar dlm mengasuh anak adalah ketika si ibu dalam keadaan byk masalah, stres, capek fisik+mental, emosi lg ga stabil dipusingkan oleh tingkah laku anak yg menguras emosi. Ketika kesabaran si ibu habis, ga heran bawaannya jadi marah2. Tapi kalo sampai ngebentak dan main fisik ke anak itu udh ga dibenarkan sama sekali ya. Krn bs berpengaruh ke psikologis anak ke depannya. Kalo menurut saya, bunda hanya perlu belajar bagaimana cara mengendalikan emosi saat marah. Tips dari saya kalo dirasa emosi marah itu mulai muncul kepermukaan: 1. Coba teknik pernafasan tarik dan buang napas perlahan sampai merasa tenang. 2. Biasakan utk berfikir dan bertanya pada diri sendiri di saat marah: "apakah perlu aku marah karena hal ini?". "kalo aku marah skrg, dampak ke depannya buat anak apa ya?". Trus kalo semisal mmg terlanjur keceplosan marah ke anak, sebaiknya lgsg minta maaf ke anak dan jelaskan alasan secara logis dgn bahasa yg mudah dipahami knp kita marah ke anak.

Baca lagi
3y ago

makasih bun nanti saya coba

Mbak terjebak dalam inner child. Coba untuk gali lagi dalam2 dan keluarkan semua unek2 itu dengan orang yang tepat, dalam hal ini psikolog / psikiater. Buat janji temu. Jika butuh pengobatan psikiater akan meresepkan. Ohya, suami tau keadaan ini? Baiknya, orang terdekat juga harus bisa memahami jadi saat serangan emosinya muncul, suami bisa paham apa yang harus dilakukan.

Baca lagi

coba buka di IG bengkeldiri barangkali bisa ikut terapi self healing, di ig itu ada kategori kelas2 gt bun sesuai kebutuhan. bs kontak adminnya buat daftar. amg bs membantu sembuhkan luka masa kecil spya tdk terulang ke anak

Baca lagi

peluk online... boleh ke psikolog atau psikiater bun, mana yang bunda lebih sreg dan percaya lah. semoga selalu dibari kesehatan 😍

..