Soal Perasaan

Bun gimana perasaan bunda kalau tahu ternyata suami dulu menikahi bunda bukan karena cinta, tapi karena kebetulan bunda aja yang ada dan mau sama dia? Atau sebaliknya, ada nggak dari bunda yang menikahi suami karena kebetulan dia yang berani ngelamar, padahal perasaan bunda yaa nggak cinta-cinta amat? Sebetulnya menikah itu perlu didasari cinta yang sifatnya romantis (bukan cinta karena sesama manusia doang) nggak sih menurut bunda?

19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

klo dsae cinta itu mnurut sy tdk trlalu penting bun. sy dlu mnikah dg suami tentu sj ad cinta d antara kita, tp bkn itu yg menjadikan kami memutuskan untuk menikah. kami mengobservasi dlu, pndgn hidup, ttg arti pernikahan dan keluarga, visi misi pernikahan, tempat tinggal, rencana finansial, pendidikan anak, saling mengajukan berbagai pertanyaan khidupan brumah tangga dgn kt "what if.." bhkn prtnyaan remeh ttg apa arti aniversary2an bgi kita itu d bahas. hahaha...ad prtanyaan unik dr suami sblm mnikah dan sy membencinya yaitu jk seandainya usiaku lbh panjang dr suami apkh aku akan mncr suami lg? sy jwb sy membenci prtnyaan sperti ini krn ini trlalu kejam bgi sy dan bgi dirinya, tp sy tdk tau kondisi dan medan d dpan sperti apa kalau hal itu trjadi, sy sgt mgkn mencari suami lg kalau mmg itu trlalu brat sy dan anak sy jalani sndr. (kita menjawab smua prtnyaan dgn logis) smpe akhirnya kami memutuskan oke kita bs menikah. stelah itu tahap slanjutnya adl restu dr keluarga, jk ad salah 1 pihak keluarga yg tdk setuju mk kputusan mnikah kt akan d batalkan tnp ad pihak yg mrs terdholimi. alhamdulillah smua stuju dan akhirnya kita mnikah. stlh mnikah, mmpunyai anak, cinta tumbuh smakin kuat. prnikahan brjalan sesuai yg kita diskusikan d dpan. mnurut sy dan suami, cinta dlm prnikahan kedudukannya penting penting tdk penting, logikanya kita brdua adl kalau pasangan kita baik pd kita, perngertian dan tanggung jawab maka cinta akan tumbuh dgn sndr nya, yg terpenting adl memilih dan mengenali betul pasanganmu.tp alhamdulillah dr sy dan suami mmg sdh ad benih2 cinta dr awalnya. jd smua trasa lbh ringan sj.

Baca lagi
3y ago

😍😍😍

kenapa harus menikah di dasari krna cinta yg romantis ? sperti ap sih cinta yg romantis itu Bun? sperti d drama2 Korea? sperti d sinetron2? atau haruskan deg deg ser tiap ketemu? salting? yg bunda tnyakan soal masa lalu bukan? yg sperti masa lalu haruskan di jadikn masalah? yg terpenting bukankah saat ini,sekarang dan yg akan datang ? bukankah yg terpenting itu perasaan dan tnggung jawab pasangan ? menikah g sperti pacaran yg masa lalu harus selalu di bahas,masih bnyak rasanya yg lebih penting drpda perasaan psng saat awal menikah... yahh tiap individu pasti memiliki pandangan berbeda mengenai ini...tpi bagi saya pribadi itu g penting krna udh jdi msa lalu,yg terpenting bagi saya tnggung jwab,ketulusan dan kesabran psngan mengahadapi saya dan persoalan2an rumah tngga yg dtg,bagaimana cara psngan mengahadapi bersama dan bagaimana cara menyelesaikan untuk tetp kembali bersama β˜ΊοΈπŸ™

Baca lagi

ya pasti sedih apalagi alasan nya kebetulan ad yg mau . mnrt saya ga usah sih bun karena menyakitin salah satunya nanti atau bahkan keduanya . soalnya saya beberapa hari ini sering lihat curhat bunda anonim lainnya yg intinya itu dia ga cinta sama suami nya dan masih sayang banget ke mantanya pdhl suami nya skrg sayang banget sama dia , bayangin kalau suaminya yg sayang sama dia tau kalau istrinya masih mencintai lelaki lain pdhl istrinya sudah mengandung anak suaminya cinta memang perlu tp bukan segala nya . banyak aspek yg harus di perhatikan misal nya yg jelek" kayak sifat jelek suami,perbedaan yg melekat,memikirkan kemungkinan terburuk dan lain" itu semua harus laras antara suami dan istri . so pada intinya harus cocok .

Baca lagi
TapFluencer

Saya dan suami taaruf tidak ada rasa cinta, baru kenal. Suami pernah dekat dengan orang tp tidak direstui, dan saya pun menerima dia karena dia yg baru berani melamar saya dengan jalan yg baik. Kemudian apa? Cinta tumbuh bunda. Saya memang awal menikah merasa sedih ternyata saya dipilih karena ibarat pilihan terakhir. Tapi setelah kami menjalani pernikahan ini, suami begitu berkomitmen dapat membimbing saya dan amat mencintai keluarga saya. Untuk apa saya permasalahkan lagi? Harga diri? Tidak bunda. Selama suami saya memenuhi kewajiban sebagai suami, dan tidak berselingkuh insyaAllah rumah tangga kami diberkati Allah SWT

Baca lagi

saya nikah ma suami Karna udah capek pacaran tapi mereka Gak punya tujuan. kayak main" Aja gitu. dulu kenal suami Dari FB ke WA. ketemu cuman sekali. Terus Di Lamar Dan langsung nikah. Dan alhamdulilah hubungan Kami udah berjalan 3 th Dan Di karuniai 1 putra. dulu sempet Di bilang gila ma keluarga. sempet Di usir oleh keluarga. Karna saya ngotot pingen nikah. mereka takut saya Salah pilih. tapi sekarang keluarga udah baik lg. Karna tau suami saya orang baik. dulu kayak aneh tiap ketemu suami. Karna habis nikah Kita LDM hampir 2 th. Malu canggung πŸ˜… Makin lama saya kenal dia Rasa sayang itu Makin bertambah Dan bertambah.

Baca lagi

hmm...saya sih pernah baca artikel..dulu sebelum nikah. intinya dari artikel itu saya dapatkan kalo pernikahan itu bisa langgeng atau nggak kalau ada 4 faktor ini : respect, trust, commitment, love. itu berurutan tuh sesuai prioritasnya. love itu jadi faktor trakhir karena sifatnya berkaitan dgn emosi dan perasaan seseorang yg itu bisa naik-turun... jadi buat saya love itu bisa jadi salah satu pertimbangan tapi bukan yg utama dan bukan satu-satunya. paling penting org yg jadi pasangan saya harus bisa menjadi org yg bisa saya respect (dan dia bisa respect juga ke saya), bisa dipercaya dan jaga komitmen..

Baca lagi

Hmm kalo saya pribadi kayaknya ngga mau bun, hehe. Soalnya nikah kan sekali seumur hidup, maunya sama2 saling mencintai lah. Walau gak menggebu2 kayak waktu kasmaran, tapi cintanya lebih stabil. Bisa aja sih org yg awalnya ga begitu saling cinta, setelah nikah tumbuh bibit2 cinta, malah cocok dan ternyata langgeng. Tapi kl bagi saya itu kayak gambling 50:50. Kalo cocok ya syukur, kalo engga ya bisa sengsara apalagi kalo salah satu nemu orang ketiga yg bisa bikin jatuh cinta. Tapi yah balik lagi ke sifat orangnya masing2 sih.

Baca lagi

saya nikah sama suami ga karena cinta amat Bun sayang iya tapi yang ga tergila gila gt, saya cuma ngerasa sreg dan yakin aja dari cara dia ngomong, cara kita komunikasi, pola pikir dia...dan saya ngerasa sefrekuensi aja .. Alhamdulillah setelah nikah saya jadi cimat Bun🀣...tapi kalau suami bunda nikahin bunda tanpa ada rasa cinta sedikit pun yang pasti agak sakit hati ya, karena kan setiap hubungan pasti landasan awalnya kasih sayang dulu...

Baca lagi
3y ago

setujuuuu samaan Bun 😁

cinta bisa tumbuh, tapi watak gak bisa diubah, kalo lama lama luluh, tapi wataknya balik dan tujuan awalnya memang hal yang gak baik, itu luntur aja menurutku ya intinya kedekatan keterbukaan komunikasi menerima tanggung jawab, dasar agama, serta kepercayaan itu kunci..... inovasi juga..... karena kalo dari awal mo ambil kedudukan nama baik dari keluarga pasangan yang terpandang.... juga kako cuma mau harta si pasangan doang ya...... itu sih πŸ˜…

Baca lagi
VIP Member

kalau saya sama suami sama2 bucin, care dan saling jd temen curhat. karena saya berpikir, menikah itu ibadah yg paling lama dan kelak kita akan menua bersama orang pilihan kita. jadi saya ingin menikah dengan orang yg saya cinta dan mencintai saya. alhamdulillah 2 tahun nikah ga kerasa, ada masalah langsung selesai, saling terbuka.

Baca lagi