Sering dong bun

bun aku mau tanya kalo dd lahiran insyaallah kalo ada rezeki mau di aqiqahin kalo gk ada mau gmna lagi ya bun, tapi aku baru denger mertua kekeh kalo aqiqah kita keluarga nya gk boleh masak dan makan daging nya mau orng tua atau keluarga besar kata nya haram. jdi kita beli kambing kasih ke ustad terus di bagi²n ama ustad itu. aku baru denger bun, soalnya dlu kalo sama guru ngaji dan di keluarga liat tmn² gk ada yg bgtu. kata mertua makanya tanya² sama dia jangan sotoy aja aku jadi bingung deh bun.

34 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Bun, sy sharing ilmunya aja sepemahaman saya yaa. Mohon maaf bila ada yg kurang bunda yg lain bs menambahkan. Aqiqah adalah tuntunan Islam sunnah dilakukan jika mampu. Artinya jika kedua orang tua memiliki kelebihan harta, katakanlah sejumlah harga kambing maka hendaknya dilakukan sebagai rasa syukur atas kelahiran anak. Tidak memaksakan keadaan jika memang orang tua tidak mampu yaa. Kemudian, akan sangat lebih baik jika org tua bayi tau dan boleh ikut menyembelih si kambing. Jika tdk bs minimal tau dan memastikan bahwa jasa layanan aqiqah dilakukan dengan halal. Orang tua boleh ikut makan olahan dagingnya bersama dengan fakir miskin / org nggak mampu, tetangga sekitar. Nggak yang titip ustadz terus udah ikut kata ustadz dikasih ke mana. Namun jika aqiqah ini adalah nadzar (misal sebelumnya tdk dilakukan, kemudian di nadzarkan org tuanya dilakukan) baru orang tua tidak boleh ikut makan dan sepenuhnya disedekahkan. Itu yg disunnahkan dan dilakukan oleh muslim di sini ya Bu. Baiknya jika kita melakukan suatu tuntunan dlm agama, kita bener2 tau bagaimana detail tuntunannya sesuai keyakinan kita ya bunda. Ngikut org tua / mertua boleh tp yang harus niat dalam hati kan orang tuanya. Semoga membantu

Baca lagi
TapFluencer

pertama. aqiqah itu emang syariat Islam tapi masuk ke dalam sunnah. bukan wajib. jadi di liat terlebih dahulu dari sisi urgensi nya. kalo orangtua punya kelebihan harta untuk aqiqah, maka sebaiknya aqiqah. kalo enggak, maka jangan memaksakan. kedua. terkait haram nya daging aqiqah buat yang menyelenggarakan aqiqah, coba tanya ke mertua nya bun. dalil nya mana? kenapa bisa sampe mengklaim bahwa itu haram? perasaan daging qurban aja masih boleh di konsumsi loh sama orang yang berqurban. tapi emang ada ketentuannya berapa banyak yang di konsumsi. dan setauku baiknya daging aqiqah itu di kasih ke fakir miskin. orang-orang yang membutuhkan. bukan ke kalangan ustadz aja. coba tanya dalil nya ke mertua. jangan sampe mertua juga sotoy bicara agama tapi enggak punya dalil nya. bahaya.

Baca lagi
2y ago

pantesan sepupuku di aqiqahin pas dia udh SMA kata bude baru ada rejeki, kalau untk makan yg gaboleh maknnya mlh sepupuku aja.

Menurut pemahaman agama sy yg kecil bun, aqiqah iti sedekah. Mungkin mksd mertua bunda it krna sedekah dkasi kan semua ke orang, kt ngapain lg makan si. Cmn klo kt2 diharamkan buat kita rsanya trlalu ekstrim dan a jg blm prnah dengar itu dharamkan. Nah klo dtempat sy kdang yg salah itu adalah ktka aqiqah it ngasi amplop. Logikanya kalo kita sedekah kt kan ngg mengharap kembalian bun, tp dtmpat saya kadang yg aqiqah it malah brgunjing si A ngg ngmplop gt. Ad jg kok yg menyelenggarakan aqiqah drumah dan menolak pemberian. Untuk yg datang ke peseantren kasi kambingnya ke ust jg bnyak, tp empunya ttp makan bun. kayak yg motong ust2 dsna, juru masak psntren yg masak, habis tu jadiin makan siang buat sntri, tp yg empu jg makan bareng gt sm santri. Makanya a blang kalo dharamkan kayaknya baru dengar

Baca lagi
2y ago

Kalo bunda blm bsa aqiqah sgera jg ngg ap2 bun kapan ad rejeki. bahkan ktka ank sdh dewasa pun dy bsa mengaqiqahkan drinya sndri kalo ortunya slama ini ngg mampu buat aqiqah asal ank dkasi tau. Jd jgn trbebani harus segera.

setau saya yah bu, daging aqiqahan itu gak apa apa klo kita keluarga yg masak trus ksih makan sama orang2, tpi klo kita keluaga gak boleh makan daging aqiqahannya hukumnya haram, ini hukum majhab imam syafi i yah bun, klo untuk majhab lain saya kurang tau krna saya bermajhab imam syafii, jdi saya mmpelajari apa yg di ajarkan oleh imam syafii. jdi cari tau dlu ya kbenerannya jngan lngsung mnyalahkan orang lain🙏 kan di indonesia ada 4 majhab, siapa tau orang yg mmbolehkan mmakai majhab lain ada yg mmbolehkan mmkan daging aqiqahan.

Baca lagi
2y ago

iya bun😄

kalo bsa sih bun aqiqahan ttp di adain, buat slametan syukuran sama bentuk rasa terimakasih kepada Allah sudah diberi keturunan, kan bisa nabung dulu ngk hrus begitu lahir langsung aqiqahan.. klo didaerah saya jg gitu misal mau aqiqahan masak 1 ekor kambing nah 1 ekor kambing yg buat aqiqahan itu keluarga yg ngadain ngk boleh ikut makan, kalo pengen mkn ya beli khusus daging kambing di masak sendiri buat keluarga gitu bun, ngk tau jg biar apa daripada ribut ya tinggal manut saja penting acara beres dan lancar.

Baca lagi
2y ago

iya bun mungkin maksutnya ngk boleh makan itu karena kambingnya udh di khususkan buat sedekah ke org lain, masa ya kita ikut makan,, mau masak sendiri mau di masakin org lain ttp emg baiknya ngk ush ikut makan,, kecuali kita beli lg daging dari beda kambing khususin buat keluarga.

kl abis lahiran ngga ad dana untuk aqiqah bisa aqiqah kpan aj sewaktu udh ad rezeki ckup kox bun , g harus maksain wktu itu jg.. mertua ngmong gtu ats dsarnya ap yh bun ? kl bisa msak sndiri y msak sndiri gpp , kl gmau repot bisa pake jasa catering yng khusus aqiqah bnyakk kox jasa catering acara aqiqah.. ps kkaku aqiqahin anaknya msak² sndiri d.rumah , kita jg ikut mkan smuanya.. kbetulan ppah mertuanya kkaku ustad , g ada tuhh bilang g boleh mkan daging aqiqahnya..

Baca lagi
2y ago

mngkin gtu bun

VIP Member

Ga harus maksain waktu kok bun, kalo blum ada dana ya ntar aja. kalo saya waktu aqiqah anak pertama dan kedua itu, daging nya di bagi2 ke keluarga dan orang2 daging mentah nya. karna saya orang nya mau nya simple ga mau ada masak2 gtu. tapi untuk saya juga memang ga ada daging nya bun karna saya memang ga terlalu dengan daging kambing. dan itu memang kemauan saya sndri dan suami. karna alasan ribet masak nya jadi saya kasihin daging mentah nya aja dibagi2 ke orang2 dan ada beberapa sodara.

Baca lagi

eh iy bun kok ibuku jg blg gt ya. aku kan rncana mau catering ambil paketan aqiqah biar tdk rempong.. ky ambil pket sate sm gulai jg. trus kt ibuku bsok klian g boleh mkn lo. la knpaaaa. g d jlsin sih ktnya g boleh gt ajaa. mnding klo mau bli aja sate sndri kta ibuku bun. tp aku liat d google sah2 aja knp g boleh.. ak sm suami sih bsok klo mau mkn y tinggal mkn nmbahi porsi paketannya. gt aja. urusan d omeli biar dh , gk ad aturannya jg. hehe

Baca lagi

kalau utk masak boleh kok keluarga yg masak.. tapi kalo utk makan, maaf setau saya di mashab imam syafi'i memang ga boleh.. yg ga boleh makan itu bapak dan ibu si bayi (keluarga intinya) kalo keluarga besar lainnya boleh.. saya tau dari ustadzah tempat saya ngaji, dan keluarga saya semua memang begitu.. utk dalilnya coba bunda cari2 lg deh, saya pernah di kasih tau tapi saya lupa

Baca lagi

Kalo orangtua ku sih bun, perihal makanan Aqiqah yang tidak boleh memakannya hanya ayah dan ibu si anak yang di Aqiqah tersebut. Karena niatnya kan sedekah dan berbagi, jadi sebisa mungkin agar orang lain bisa merasakannya. Tapi kalo keluarga besar lainnya mah tidak apa memakannya. Tapi kayanya tergantung tradisi juga deh bun hehe

Baca lagi
2y ago

Daging qurban boleh kok, justru kalo ditempatku yg qurban itu dikasih jatah 4kilo atau berapa gitu yg full daging semua