20 Tanggapan

Harus terdaftar di KK bu dan pmbuatan kk pun harus pke akta . Setau saya pembuatan akta maupun identitas diri laiinnya di dinduk capil itu sangat teliti sekali satu persatu berkasnya dicek karna 1 salah bisa berimbas kedata lainnya misal akta salah biza ngga cocok sma ktp maupun kk . Pengalaman saya buat akta hanya karna 1 lembar kurang 1 cap desa saja saya disuruh pulang minta dilengkapi dulu padahal rumah saya lumayan jauh dari dindukcapil . Benar" dilihat kapan ortu menikah dan kapan bayi lahir , kalo tgl lahir lebih dulu drpda tgl nikah maka harus membuat surat pernyataan dari ibu kalo anak tersebut lahir diluar nikah . Gppa kok jujur buat seumur hidup biar berkah . Nanti kalo anaknya cewe nikah bisa pake wali hakim . Maaf ya bu bukan mau menggurui tapi setau saya kalo ayah bukan sah nikah sebelum hami nanti jadi wali nikah itu ngga sah , dan bisa terjadi zina turun temurun . Meskipun nikah siri tapi negara tidak mengakui . Masukan ya bun , ngga papa di akta tulisannya anak dari seorang ibu , dan ngga ada nama ayahnya . Ngga masalah toh yg tau data diri kan cum kita, aku si lebih milih jujur kalo buat data apapun , kalo data palsu itu sampe kapanpun kita akan dihantui rasa takut . Maaf ya bun cuma masukan karna itu pnglaman saya pas buat akta .

Saya bantu jawab ya untuk Anonim yg menanyakan akta lahir anak dengan status nikah siri. Akta lahir anak tetap bisa dituliskan nama ayah dan ibunya, tapi ini harus melalui persidangan untuk membuktikan bahwa benar ybs adalah ayah kandung anak tsb dan nanti di akta lahir akan ada catatan mengenai status pernikahan orang tuanya.

Pengalaman sya ya bun . Hamil diluar nikah, dan sya hanya nikah sirih . Setelah anak berusia 2th baru nikah resmi negara (ada suatu alasan tersendiri jg mengapa sya harus nunggu 2th) . Sebelum nikah resmi pernah jg tanya ke kantor BPJS dan emang persyaratannya si anak harus masuk KK dahulu . Dan untuk AKTE anak sya tetap ada nama ayah ibu , walaupun minta tolong sama org dlm , sy ttp harus ke pengadilan ,sidang beberapa kali dan butuh datengin 2 org saksi nikah sirih saya demi ada nama bapaknya di akte anak sya . Setelah dpt putusan pengadilan baru diserahin ke kelurahan dan otomatis udh masuk KK . Setelah itu baru bisa urus BPJS .

Nice info bun.. thank you yaaa

Anak pasti akan tau kalo di hasil hub. luar nikah bun karena skrg bikin KK wajib kasih buku nikah dan di KK tercantum tanggal perkawinan. Bikin akte kelahiran juga kan harus ada KK. Bikin BPJS jg hrs ada akte. Jadi ga bisa kalau hanya SKL. SKL itu kan hanya surat keterangan dr rumah sakit, cuman surat pengantar aja bun.

Sungguh bukan urusan mu bun gimana saya dan pasangan mengatur rumah tangga dan kehidupan anak kami. Yg menilai kan Tuhan, bukan tetangga.

Syarat bikin BPJS itu harus ada KK, waktu sy krna KK mandiri sy dan suami belum ada, kami pakai KK masing2 keluarga buat bikin BPJS dulu, pas KK mandiri sy dan suami jadi, kita ajukan no KK baru ke BPJS.. coba tanya ke kantor BPJS aja biar lebih jelas..

VIP Member

Kemarin saya bikin bun, 3bulan pertama tanpa akte bisa bun kata bpjs. Tapi kemarin saya langsung bikin bun kan harus bikin KK dulu kalo mau punya akte bun

Kan nnti surat nya di serahkan ke penghulu untuk diserahkan lg ke kua. Supaya catatan nikahnya dihps. Tmn sy bisa malah udh nikah lg. Gatau klo daerah lain si.

Ga bisa bu hahaha untuk menghapus status menikah itu KUA butuh putusan cerai dari pengadilan. Kecuali cerai talak terus kemudian nikahnya nikah siri ya mungkin KUA nya mau cuma pake surat biasa. Tapi kalo secara hukum negara ga bisa kan NIK istri masih nyangkut di suami 😅

Maaf bund mau tanya emg kalo cerai sekarang2 tu lama ya prosesnya harus sidang dlu. Klo gk sidang gmana bund? Tpi s suami udh menggugat cerai misalkan.

Bisa, kalo dari pihak ibu mau menyerahkan pengasuhannya ke bapaknya. Tapi kalo ga ada permintaan itu otomatis anak ikut ibu apabila anak belum akil balik. Tapi bisa juga pengasuhan langsung jatuh ke tangan bapak kalau ibunya dianggap tidak mampu mengasuh dan melakukan tindak pidana. Klien saya banyak yg begini, pengasuhan diserahkan ke bapaknya, upaya balas dendam biar bapaknya kerepotan ngurus anak tapi anak sering main/ketemu sama ibunya jadi si ibu tetep dapet tunjangan 😅 Kalau mau cerai tanpa ribet sih dari awal sepakat sama suami soal pengasuhan dan harta gono gini, tulis di gugatan, nanti pihak tergugat tinggal ga usah dateng ke sidang. Cerai deh.

Hubungi kantor bpjs aja bun biar jelas. Btw yg laki ceraikan istrinya demi anda yaa 😣 ngebayangin istri sahnya itu loh.. Sakit amat yaa.

Kepo bangaaatt. Cerai gak 2 hari beres kayak ketok magic. Kalau BPJS beda2 tiap daerah, tapi sebaiknya buat akte segera karena akte lahir butuh. Buat bikin kartu2 identitas dll. Skrg juga banyak kasus kayak penculikan anak terus gak bisa verifikasi karena gak ada tanda pengenal. Takutnya itu aja sih. Biasanya SKL juga suka diminta macam2 kl urus akte lama. Kadang minta legalisir RS atau surat dari dokternya lgsg. Suka ngerepotin kadangggg

Baca dari komentar bunda bunda kayaknya beda wilayah beda kebijakan ya BPJSnya. Terima kasih banyak infonya ya bun bun 🙏🏻

Bisa, anak diikutkan pembayaran ibunya sekalipun belum dibuatkan akta lahirnya. Bisa diurus di kantor BPJS, bawa aja SKL nya, bu.

Oh bisa ya bun walaupun belum ada NIK?

Pertanyaan populer