Gmana cara ajari anak ke toilet?

Bun anak sy harusnya dh masanya toilet training. Tp sy bingung mulai dr mana. Soalnya sy pny toilet training duduk. Tp toilet drmh saya kloset jongkok. Gmana ya? Sharing pengalamannya dong bun.

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Dari mulai bisa jalan atau 18bulan udah mulai belajar. Kalau ngga pergi2 ngga pernah pake pampers dirumah jadi kita tau kapan biasanya anak akan pipis, seperti setelah bangun pagi dan waktu2 tertentu. Kalau dah 3-4jam belum pipis ya ditawarin. Kalau bunda mau ke kamar kecil anak juga diajak. Biasanya kalau dia lihat kita pipis jadi ikutan pengen pipis. Umur 2tahun udah bisa toilet training deh. Atau belikan pispot/ potty training buat latihannya. Anakku kalau BAB pakai itu, kalau pipis kadang ngga pake, langsung ke toilet/ halaman rumah (di kampung ya). .

Baca lagi

Kalo sy dulu anaknya udah bs jln bun, berhub anak sy cowo jd ngeliat tanda dia mau pipis keliatan. Kalo udah liat dia pegang2 penisnya sy lsng cpt2 bw dia ke kmr mandi πŸ˜‚. Trus soal pup ini gak sengaja nemu caranya hehehe. Jd sblm ini anak sy gak mau suruh pup di kamar mandi maunya di pampers, nah wkt itu gak sengaja wkt sy bab dia ini ikut sy gara2 gak mau pisah ya udah dia liat sy bab (maaf jorok hehehe) trus bbrp hr kmdn dia minta sndr pup di kamar mandi n sejak itu dia mau pup di kamar mandi

Baca lagi

Ajak anak tiap 2/3 jam k toilet,, aja bak. Nnti mulai d ksih tau klo mau pipis skr k kmar mando gtu,, klo mau tdur biasakan k kmar mndi dulu. Alhamdulillah anak saya 2 thub tdur pun gk pke pampers

5y ago

Iy bun hrus tu,, anak sy klo kluar pipis bru bilang dan sukax pipis d ksurπŸ˜‚πŸ˜‚ Jgn d paksa bun,, awalx sy greget bun,, gk tau klo gk paksa anak klo da wktux tau sndri kok

kl dlu aq prtma kali mengajarkan n bikin ank ku trbiasa pup g di pampers blum lgsung ditoilet bun.. tpi dgn tatur gitu..

5y ago

Oo iya ada mertua sy jg bilang begitu. Oke bun makasih infonya tar bs sy coba