13 Tanggapan

Siang bun... Anak sya dulu jg begitu bun. Cuma karna anak saya ada kelainan yg memang memengaruhi perkembangannya, jd sya maklum dgn keterlambatannya. 4-5 bulan blm begitu kuat angkat kepala. Akhirnya ketika 6 bulan kok msh blm ada perkembangan yg berarti hingga tahap mpasi, oleh dokter disarankan tunda mpasi atau boleh mpasi tp cair. Akhirnya sya memutuskan mpasi cair. Lalu usia 8 bulan sudah mulai agak kuat angkat kepalanya tp alhamdulillah nya dia usia 3/4 bulan gt sudah mahir miring2 angkat kaki ke atas. Selain itu, si kecil sya bawa ke fisioterapi anak bu untuk mengejar ketertinggalannya tsb. Seminggu 2X di rs dekat rumah tp sebelumnya sya konsulkan dgn dokter anak dulu. Jd selain stimulus di rumah, cobak ibu konsulkan dgn dokter anak sub tumbuh kembang anak.

Alm. Anak sya terakhir di fisioterapi usia 8 bulan, perkembangannya cukup banyak.. Dr bisa kuat angkat kepala, jari2nya juga sudah mulai bisa membuka, kadang2 jg usaha tengkurap tp belum bisa maksimal. Seperti itu bun perkembangannya.

bundaa.. tumbuh kembang setiap anak berbeda2 bun, jgn disama ratakan dgn anak2 lainnya. mmg yg bunda rasakan saat ini sedikit khawatir dikarenakan si anak blm bs tegak kepalanya, sy paham sekali. namun bunda jgn risau. bs bunda bantu dgn memberikan stimulus bun, mungkin dgn di telungkupkan, atau digendong dgn cara tegak dll.. bunda, terkadang si anak mmg dpt melompati fase2 yg seharusnya ia lewati, namun cepat atau lambat nantinya ia akan melewati fase tsb. banyak kasus diluar sana ada anak yg tumbuh gigi duluan, namun blm dpt meraih benda. ada yg bs berdiri tapi tdk merangkak. dll. jd bunda tdk perlu khawatir. ttp berikan stimulus utk anaknya ya.

aamiinn, makasih banyak ya bun 🙏

sebenernya perkembangannya agak terlambat.. sering di telungkupin aja, sering tummy time, punggung dan tengkuknya tiap hari di pijat mom supaya cepet kuat. soalnya itu nanti pengaruh banget ke makan mom. kondisi anak siap mpasi yg baik salah satunya sudah bisa duduk. telungkupin bbrp kali tiap hari sekitar 15 - 30 menit. kalo takut bayinya susah napas, ganjel bagian dada pake bantal dan tangan bayi di taro di bawah dada.

oh begitu? makasih ya bunda. 🙏

Gpp bunda..rajin di stimulasi aja, ditengkurepin rajin2, di pancing dg mainan ke arah atas pelan2. Coba bunda digendongnya arah berdiri tp tetal pegang lehernya nnti pelan2 dilatih Jangan dgrin yg nyinyir 😊

Tengkurepin ajak main Bun ajakin Tummy time supaya dia belajar angkat kepala, baby saya jalan 2bulan sesekali bisa angkat kepala kalo saya tengkurepin kga jarang dia kalo udh miring malah tengkurep sendiri hihi

iya bunda, makasih ya 🙏

VIP Member

normal bunda, tumbuh kembang anak kan beda2 bun, jd g usah kawatir yah nikmatin saja setiap perkembangan debay nya

saya khawatir bun, apalagi suka banyak yang nyinyir ko anaknya belum ini belum itu jadi suka kepikiran, maklum saya ibu baru bun.

VIP Member

Biasakan sehari di tengkurepin bun, nanti si bayi akan berusaha angkat kepala sendiri. Dilatih aja terus

Sering di tengkurepin bund

Normal bun,, ank kn beda2

sering ditengkurepin bun

Pertanyaan Terkait

Pertanyaan populer

Artikel terkait