Rhesus

Buibu mau tanya, ada pengalaman beda rhesus gak sm suami ? Rhesus darah saya negatif, sedangkan suami positif, katanya kalo hamil anak pertama gak masalah, lantas apakah untuk anak berikutnya ada bermasalah ?

9 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Saya Rh O Negatif bun, anak pertama saya gak ada mslh hanya kuning saja selama bbrp hari dan itupun sembuh dgn sendirinya krn saya jemur tiap pagi bun, dan yg saya tau dari info2 kl hamil neda rhesus ini di kehamilan pertama biasanya tdk menyebabkan mslh yg serius, justru yg dikhawatirkan di kehamilan ke 2 ke 3 dan seterusnya, krn di kehamilan pertama setelah melahirkan anak pertama tubuh ibu menciptakan antibodi jd bilamana kita hamil anak ke 2 dengan rhesus yg berbeda dgn kita maka si antibodi ini akan mengenali janin sbg "benda asing" bun, salah satu upaya ya dengan suntik Rhogam, kebetulan kehamilan pertama saya yg pertama saya gak suntik krn memang pd saat itu saya gak tau kl saya Rh Negatif, baru diketahui di kehamilan ke 2 ini stlh 13weeks, treatmentnya nanti dokter akan memberi suntik Rhogam itu ke kita di kehamilan usia 28weeks dan 72 jam setelah kita melahirkan bun (agak tdk tercipta antibodi utk kehamilan berikutnya), dan suntikan itu harus dipesan dlu bun sm dokternya, jd alangkah lbh baik bunda konsultasi dlu dgn dokter kandungannya, nanti kita bisa sharing ya bun, mohon maaf kl ada info yg mungkin msh kurang maklum saya jg baru tau 2 minggu yg lalu, sehat selalu bunda semoga sdkit gambaran dr saya lumayan membantu πŸ™‚

Baca lagi
5y ago

Iyah bunda , aku udh tanya sm dokter, selama tidak ada pendarahan insyaAllah gak kenapa2 katanya, tp emang ada pantauan khusus semacam tes darah untuk mengetahui kalo didarah kita udh tercipta anti body atau belum, karna sebelum hamil ini saya pernah KET bunda, jd itukan sama ajh ada pendarahan, boleh bunda nanti kita sharing2.semoga Allah tidak memberikan efek apa2 dari perbedaan rhesus ya bun, dan akan lebih baik lagi kalo insyaAllah rhesus anak kita sama kaya kita.. kalo boleh saya minta nomer nya bunda buat sharing2 πŸ€—

VIP Member

Harusnya klo bermasalah justru di anak pertama bun, itu pun terjadi kalau si anak Rh nya beda dengan bunda.. Tapi klo Rh nya sama ga masalah bun.. Karena masalah muncul karena tubuh bunda mengenali si janin sebagai benda asing karena perbedaan Rh.. Kalau anak pertama ada masalah, tubuh bunda baru membuat pertahanan.. efeknya di anak kedua pertahanan sudah kuat.. jadi bisa jadi lebih berat bun.. Intinya selama janin bunda Rh nya sama dgn bunda, insyaallah ga akan masalah..

Baca lagi

RH saya negatif jg bun. suami saya positif. sudah konsultasi sama dokter katanya kalau kehamilan pertama tdk masalah dan doktr tdk memberikan penanganan khusus selama saya kontrol. usia kehamilan saya skrg 25 minggu hamil anak pertama.

VIP Member

Pernah nanya dokter masalah rhesus... Nanti pas hamil ada treatment khusus dan adanya di kota besar.. Nanti disuntik apa gitu lupa.. Dan wajib rutin kontrol..

Baca lagi
5y ago

Yg bahaya wanita rhesus negative dengan laki laki rhesus positive

Bun bagi pengalaman dong ttg beda rhesus. Ini bunda hamil ke brp? Sy jg beda rhesus sm suami. Skrg hamil ke2 udh 13W

5y ago

Bun, apakah sblm disuntik rhogam ada pengecekan golongan darah janin/tdk? Sy agk bingung cz bru seminggu yg lalu cek ke dokter, dan bru tw 2hri ini ttg rhesus. Jd jadwal ke dokter masih lama.

Harus sering di cek bun.. Biasanya akan terjadi penolakan pada tubuh dengan adanya si janin. InsyaAllah.

Cara mengetahui rhesus berbeda apa ad gejalanya atw dengan tes lab bund

VIP Member

Tanya dokter aj yg lbh tau bund....ikut nyimak

Bun klau hamil pertama suntik rhogam ?