surat rujukan

bu ibuu mau nanyaa, kalo udah dapet surat rujukan ke Rs buat lahiran normal/sc dari dokter di klinik tempat saya periksa, harus minta surat rujukan dari faskes 1 juga ngga yaa? dapet rujukan krn indikasi plasenta pengapuran & bayi blm masuk panggul. saya lahiran nanti mau pake bpjs & belum pernah periksa ke dokter yg dituju di Rs ituu jadi bingung

15 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kalau pakai BPJS itu harus ada surat rujukan faskes 1 bund. untuk klaim BPJSnya. kecuali kalau Bunda sudah biasa cek di RS itu. langsung ke IGD karena sudah biasa pake BPJS di RS itu. saya pribadi pun begitu bund. saya priksa di RS sejak TM1 mulai dari USG, tes lab, USG 2 dan 4D juga pemeriksaan kehamilan lain. pembaruan surat rujukan dari faskes 1 tiap 3 bulan 1x ini diminta langsung ke IGD aja kalau ada indikasi atau kontraksi intens. biar mudah minta surat rujukannya tunjukkan saja surat rekomendasi dari dokter bunda.

Baca lagi

gak usah bun, kalo kerasa mo lahiran langsung ke UGD karna udah dirujuk sama dokternya. Jadi rujukan itu bisa dr faskes 1 bisa dari dokter yg nanganin. Jngn lupa bawa semua buku yg pernah buat periksa tiap bln karna nnti bakal di observasi ulang. Aku dulu mlh tanpa rujukan bisa lngsung UGD karna maju lahirannya, trus beda jg sama saya tiap periksa gk prnh di RS itu, cuman dr spog sebelum nya dr hsil USG disarankan SC, tinggal kasi buku periksa nya diliat periksa tiap bln, nnti sblm lahiran di cek lab.

Baca lagi
VIP Member

tanya sama dokternya bun.. itu di rs nanti bisa bpjs apa ga... biasanya ada dokter yg mau bantu proses biar bisa bpjs.. temenku gitu.. dia kontrol rutin di klinik si dokter, tanpa bpjs.. tapi dia bilang ke dokter, mau lahiran pake bpjs.. jadi dikasih rujukan dari dokternya ke rs tempat dokter itu praktek yg bisa pake bpjs.. bunda pastiin aja dulu ke dokternya ya.. karena ga semua dokter juga ky' gitu.. apalagi d case bunda dokter di rsnya beda..

Baca lagi

Biasanya sih bisa langsung tanpa rujukan lagi dari faskes 1 bun. Tanya ke obgynnya, apakah mesti ambil lagi rujukan dari faskes 1 atau bisa pakai surat rujukan dari dokter untuk rs yang dituju kalau dokter yang menangani ada di rs tersebut ya bun. Setauku minimal 1-2x harus periksa ke dokter yang akan menangani persalinan biar dokter ada rekam medisnya

Baca lagi

Kalau aku dulu ya moms, dpet rujukan tapi via note aja di buku kia dari obgyn buat dipakai ke faskes 1 biar gampang dapet rujukan ke RS(kadang soalnya rada susah minta rujukan ke faskes 1, makanya obgynku kasih note hehe), jadi kalau aku tetap lewat faskes 1 nya moms, gtw lagi kalau kondisi nya udah darurat kaya kpd atau gimana mungkin bisa langsung ke RS..

Baca lagi

Konfirmasi langsung ke rsnya bu. Setiap rs kebijakannya beda2. Ada yg harus pakai rujukan dari faskes 1, ada juga yg cukup pakai rujukan dari dokter. Kalopun harus pakai rujukan dari faskes 1, nanti surat rujukan yg dari dokter itu dibawa supaya lebih gampang dpt surat rujukan dari faskes 1.

klo aku dulu jg begitu blm masuk panggul dan udah mulai pengapuran trus ttp harus pake rujukan dr faskes 1 krn rs yg aku tuju ganerima klo ga ada rujukan faskes 1. tp pas di faskes 1 ttp diusahakan disuruh normal dulu pdhl udah kontraksi parah akhirnya ttp aja hrs di cs

gpp bund bisa langsung aja dateng ke rs tapi dengan catatan udah pembukaan 4baru bisa di terima walau ga ada surat rujukan. saya kemaren kyak gitu g ada surat rujukan dan ga pernah sama sekali ke rs itu tapi bisa kok lahiran gratis😄

Tergantung sama kebijakan RS nya bund. Ada yang bisa langsung pakai bpjs tanpa surat rujukan tapi ada juga yang harus urut dari faskes 1. Bunda bisa cek atau cari cari info di RS yang akan bunda tempati bagaimana kebijakannya disana.

Cek dulu sama RS nya butuh rujukan faskes 1 buat BPJS ga. Secara normal sih alurnya ke faskes 1 minta rujukan, baru ke RS yg dituju. Karena dgn rujukan dr faskes 1, datanya udah kecatat jg di sistem kalau bunda dirujuk di RS tsb.