Hi bun,,bun bayiku sakit batuk pilek usia nya 2 bln,kira" penanganan pertama bnda" di rumah apa ya?

5 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Anak saya waktu 8 bulan batuk pilek ga saya kasih obat Bu. Karena setahu saya, batuk pilek biasanya karena penularan virus dan bisa sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Apalagi ini anaknya masih 2 bulan. Kalo bisa tanpa obat, lebih baik tanpa obat dulu. Kasih ASI yang banyak. Tiap pagi dijemur. Buat melegakan napas bisa pake transpulmin baby atau cessa untuk digosok ke leher, dada, punggungnya. Coba juga iris tipis bawang merah, taruh di piring, letakkan di dekat tempat tidur bayi. Kalo ada orang rumah yang batuk pilek jangan deket-deket bayi dulu. Pake masker terus. Kalo ibunya yang batuk pilek, tiap mau megang anak cuci tangan dulu pake sabun, kalo perlu ganti pakaian bersih, masker jangan dilepas. Jaga kamar tidur, kasur, dan rumah selalu bersih dari debu. Jangan ada yang boleh merokok di rumah. Kalo ada sesak napas segera ke dokter. Semoga lekas sembuh ya

Baca lagi

kalo di rumah ada yang batuk pilek, jangan cium2 adek dulu. pake masker. rutin berjemur tiap pagi. gempur asi. rutin ganti sprei dan sarung bantal. buka jendela kamar biar udara ga lembab dan sinar matahari bisa masuk. kalo pake kipas angin, rutin bersihkan biar ga berdebu. gendong posisi kangguru/tegak/upright/M position. oleh balsem bayi kalo kulit adek ga alergi sama balsem bayi. kalo rewel banget, susah ditenangkan, sesak napas, susah tidur, sebaiknya segera ke dokter ya. kalo bisa ke dokter anak, atau minimal ke dokter umum di puskesmas, jangan ke bidan (kecuali darurat ga ada dokter atau puskesmas sama sekali).

Baca lagi
VIP Member

anakku pernah batuk flu waktu umur 2 minggu. aku gempur asi, dada punggung telapak kaki sama perut rajin ku oles cessa cough & flu, karena ga bisa ngeluarin lendir sendiri jadi lendirnya ku sedot pake penyedot lendir merk pigeon (ini direkomendasiin sama kakakku yg bidan), bikin uap sendiri buat ditaro di kamar pake air panas dalem baskom trus tetesin minyak kayu putih. akunya banyakin makan jeruk dan buah lainnya.

Baca lagi

balur minyak kutus2 atau oles transpulmin atau cessa cough n flu

gempur asi, jemur pagi, ke puskesmas