Perbedaan USG di Bidan dan USG di dokter

Bagi pengalaman nya dong bun.Kira-kira yg lebih akurat USG di bidan atau USG di dokter? Terus alat USG bidan beda gk sih sama alat USG dokter? #seriusnanya #bantusharing #ingintahu

Perbedaan USG di Bidan dan USG di dokter
45 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Enakan di dokter ya bun. Awal hamil aku kontrol ke bidan yang deket rumah, pas usia 9 week itu aku keram perut seharian dari subuh sampe jam 2. Akhirnya aku ke bidan dan di kasi obat pereda nyeri, dan di suruh usg di klinik A atau B kata bidanku. Kubilang aja bu kalau di bidan ini gapapa, katanya disitu bisa usg. Bidanku jawab, bukannya ibi ga ngebolehin neng, tapi yang namanya bidan itu ga ada kewenangan buat usg, ga ada di perkuliahan juga belajar usg, bayangin aja dari harganya aja beda jauh, dibidan 60 rb sedangkan di dokter 130 rb, mending di dokter aja ya. Kemarin pasien ibu ada usg di bidan itu usia 12 week katanya masih kantung janin, pas kontrol ke ibu lagi pendarahan, kata ibu ga mungkin 12 week masih kantong aja, di usg lagi lah di RS, dan ternyata BO. Ibu juga sebenernya bisa aja tinggal beli alat usg nya terus buka praktek, tapi ibu gamau karena bukan ranah ibu, itu penjelasan dari bidanku tempat kontrol. Karena sampe sore perutku masih keram, dan waktu itu lagi gaada uang jadilah aku usg di bidan itu, pas usg cuman bilang inimah baru ada kantong nya doang, usia 7 week 3 day, belum jadi janin katanya. Terus udah gitu aja ๐Ÿ™ƒ nyesel juga sih usg disitu, akhirnya setelah pengalaman itu aku usg di klinik aja yg direkomendasikan sama bidan tempat ku kontrol. Dan emang jauh banget peebedaannya, dokternya ceriwis sekali ngejelasin ini itu, sampe bentuk tubuh bayi pun di ukur satu2 dan dijelasin, kalau umur segini harusnya ukuran segini dan ini janin ibu normal semua. Enaklah pokoknya konsulnya. Dan bayarnya juga cuman 125 rb konsul sama usg 2d, karena vit aku beli sendiri.

Baca lagi
3y ago

owalah.... i see... makasi banyak bund penjelasannya...

pengalaman saya bun. kebetulan tinggal di pelosok, jauh dari RS bisa sekita 2jam. bidan deket rumah saya kebetulan bisa USG, krna ini kehamilan pertama saya sm suami excited bgt pengen usg langsung. pas dicek baik2 aja, stelah 3 hari kmudian saya pendarahan dan diduga keguguran. pulanh dari periksa bidan perut saya sakit bgt keramnya, dan darahnya sperti org mens tapi sedikit2. dan situ saya dipastikan keguguran. tapi sbulan kmudian saya hamil lagi, dan cek lagi ke bidan itu utk usg. padahal kalo ikut hpht uk 9w, tapi di usg bidan bilang 5w6d, padahal janinnya udh keliatan besar. bulan depannya mau usg lagi, tapi suami ajakin RSIA krna berpikir kalo saya sudh 3bln udah kuat jalan. pas di Usg sm dokter Spog nya, saya jelaskan smuanya tapi kata dokternya saya ga pernah keguguran. dan kandungan saya udah 16w, pdhal kalo itungan bidan masih 11w. langsung kaget antara seneng dan khawatir. karna waktu saya blng sakit keram dulu, bidan saranin minum ramuan buat kluarin jaringan dirahim. alhmdulillah stelah di USG sm dokter, katanya janin saya sehat dan normal. skrg saya dan suami jd takut untuk cek ke bidan itu lg, kami mutusin untuk slalu cek ke dokter RSIA langsung.

Baca lagi
VIP Member

Berdasarkan standar kompetensi bidan (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 369/Menkes/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Bidan) memang tidak disebutkan bahwa bidan dapat melakukan USG. Menurut standar kompetensi medis, yang berhak membuat ekspertisi dari hasil USG adalah dokter spesialis radiologi (Sp.Rad.). Khusus Sp.OG. hanya diperbolehkan membuat ekspertise di bidangnya saja (ob-gin). Untuk dokter umum diperbolehkan hanya jika memiliki sertifikat kompetensi dari yang berwenang. Hasil kongres bidan tahun 2012 menyatakan bahwa bidan diperbolehkan menggunakan USG sesuai dengan batas-batas kompetensinya. Hasil USG tidak boleh digunakan untuk mendiagnosis, hanya untuk memastikan posisi janin saja kurang lebihnya. Praktiknya, banyak daerah yang memiliki akses terbatas ke layanan dokter. Jadi memang banyak pasien yang memeriksakan kehamilan ke bidan. Tapi kalo bidan yang memahami & menyadari aturan biasanya tidak berani menggunakan USG. Bukan karena tidak bisa, tapi takut tidak diperbolehkan karena izinnya belum jelas.

Baca lagi

kalo dari pengalamanku, lebih manteb ke SPog ya bun... soalnya waktu USG ke bidan deket rumah, ga dijelasin ketuban, djj, sama plasentanya cuma dikasi tau, ini ada baby nya, ini kepala nya tangan kaki.. udh gitu doang, ga bisa jelas trus pas ke dr. spog dintanya udh pernah usg belum aku jawab udh, ditanya lagi ush dimana aku jawab di bidan deket rumah, dokter nya bilang "ha? bidan? bidan siapa?" kaya kaget gitu, trus dikasi tau, untuk urusan usg mending langsung ke spesialis... karna bidan gaada kewenangan, trus doktenya juga jelasin karna hpl nya salah, aku riwayat haid ga teraturkan, hpl nya selisih jauh, klo diitung2 hpl dri bidan itu usia kehamilan aku sampe 42minggu, sedangkan diitung dokternya berdasarkan usg, ketemu nya 27 januari pas 40 minggu.. sejak saat itu aku juga lebih percaya spog sih karna jelasin nya detail sedetai2 nya dari plasenta, ketuban, djj, skrinung downsyndrom, letak bayi, dll jelas bgt...

Baca lagi

Menurut aku sesuai dengan pengalamanku ya bund, aku pernah usg ke bidan sekali waktu usia kehamilanku 3bulan. Aku lebih manteb ke dokter bunda kalo periksa. Di bidan aku periksa juga ada alat usg, tapi lebih bagus di dokter tentunya. Entah ngerasa ga srek aja periksa ke bidan waktu itu. Saya tanya susu hamil emesa/emesis itu diminum sampe usia brpa bln. Waktu itu saya belum tau bunda. Eh petugasnya gabisa jawab malah keluar tanya sama yg di luar. Dan kembali pun ttep jawabannya ga menjawab pertanyaan malah panjang lebar kmna mna. Hpl bidan sama dokter juga jauh banget beda 1 bulan. Aku udah ngomong ke bidannya kalo siklus haid ku ga teratur, setauku kalo siklus haid ga teratur gabisa pake patokan Hpht. Tapi di bidan ttep aja pake itu. Nah kalo ke dokter yg jadi patokan Usg pertama Tm 1. Jadi kalo aku manteb nya ke dokter langsung, biar tau tumbuh kembang dede di perut dengan jelas.

Baca lagi

aku ada pengalaman sama bun. bidan didkt tmpt tinggal ku dy ada usg nya, tapi sewaktu aku ganti kontrol di puskes (karna memang rencana mau lahiran di puskes) pas di liat catatan buku KIA malah diomelin sama bidan puskes krna hitungan hpl sama hphtnya acak2an, ditanya lah sama bidan puskes USG dmn pas aku jawab di bidan dkt rmh lgsg kena semprot deh USG itu yg nanganin seharusnya dokter spog bukan bidan .. dri situ aku kapok klo USG dtmpt bidan itu soalnya memang yg nanganin lgsg bidan senior nya gtu, jdi aku fikir dy pengalaman jdi yakin2 aja sama hasilnya ,gataunya malah bnyk salahnya๐Ÿ˜– smnjk saat itu aku klo kontrol ke klinik yg memang dokter spog lgsg yg priksa bun lebih jelas dan akurat hasilya .

Baca lagi

kalau pengalaman ku bun, awalnya aku nganggep semua sama saja. dari awal mulai hamil sampai hamil 6bln selalu USG ke bidan. setelah 7bln aku USG selalu ke SpOg krn kebetulan aku pulang kampung dan di kampung jauh dgn bidan yg bisa USG. nah dari situ yg aku tangkep saat USG bidan, bidan gk bisa mendiagnosa atau lebih tepatnya tdk ada wewenang buat mendiagnosa, jadi kalau misal pas USG hanya nerangin mana kepala, perut, usia kehamilan, djj, dan bbj. dan ngejelasinnya pun alakadarnya. kadang USG cuma di usek2 aja padahal udah bayar mahal. beda dengan SpOg, pasti semua diterangin dari kepala, perut, tulang belakang, tulang kaki, placenta, ketuban dll.

Baca lagi

belum pernah ke bidan.. krn dlu di tempat rantau jauh dr bidan jd selalu ke dokter. sampai pulang k rumah ortupun di dokter. waktu di tempat rantau kebetulan sm dokternya sllu di cek mulai dr 2D smpai 4D, pemeriksaannya lengkap, dokternya detail bgt. pas pulang ke rumah ortu, di RSIA cm 2D, dan kalau mau 4D harus ke dokter radiologi.. slama hamil ini blm coba kontrol ke bidan. apalg bidan yg ada USGnya. selain jauh dr rumah, jg lebih nyaman aja kalo ketemu dokter๐Ÿ˜… konsultasi sm temen yg bidan jg ujungยฒnya suruh ke dokter.. teman sy aja yg bidan jg kalo ada apaยฒ ke dokter kandungan buโ˜บ๏ธ

Baca lagi

kalau di tempat saya gak ada bidan yang buka usg bun... adanya hanya bidan desa aja, jadi usg tetep di dokter(klinik/rs)... bahkan hitungan bidan dan usg beda bun... kalau usg saya sudah 20 week sama kayak di apk ini,, sedangkan di bidan saya baru 16 week... hpl cuman beda 3 hari... mana aja si kalau aku,yang penting 22 nya sehat walafiat, lahir sesempurna ciptaan allah, dan gak kurang suatu apapun... gak ada yang akurat kecuali kehendak Allah... yang terpenting lahirnya gak jauh dari hpl masih aman bun...

Baca lagi

pengalaman usg di bidan, karna menurut saya yg deket aja dlu, untuk mastiin ada debaynya gak, dan kebetulan waktu itu sedang sedikit ngeflek, jadi priksa ke bidan, pas di cek emng ada kantung baby nya, dan katanya akan di beri obat penguat kandungan, tapi sampai seminggu obate gak ada juga, trs saya priksa ke dokter kandungan, ya walaw harganya emang rada mahal karna di kasih obat penguat kandungan, tapi alhamdulillah setelah itu sampe sekarang gak flek2 lagi.

Baca lagi