Bayi kuning

Assalamualaikum bundaa.. wajar ga sihh baby udah umur 29 hari tp masih kuning??

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Hallo bun ,ini pengalamanku . Saat posyandu anakku umur 25hari bb tidak naik .Bidan gak bilang apa2 ,ktnya klo asi gk ppa wjar byi bru lhir turun bbnya ,aku khawatir lngsung tnpa ba bi bu aku ke DSA dan kata DSA bayiku kuning .Di mata kami org awam bahkan bidanpun melihat bayiku sudah tidak kuning. saat itu cuma di resepkan obat dan vitamin kontrol seminggu lagi ,tpi karena terlalu berat jika pakai biaya sendiri akhirnya aku minta rujukan ke puskesmas pakai BPJS terus apa kata bidan puskesmas ??Yap benar anakku gak kuning katanya ,tapi aku ngeyel kata dokter anak anakku kuning ,msa di persulit sih mau minta rujukan ,akhirnya salah satu dokter umum menyatakan memang anakku msih kuning (dokter umum menekan perut anakku yg setelah di tekan berubah kuning) ,setelah itu baru di rujuk ke RS terdekat yap di sana cek darah lengkap bilirubin ternyata di angka 9 .Oya bunda mending cek deh bun ,anakku aja yg gk keliatan kuning bagi org awam bilirubin setinggi itu . Lanjut ya setelah di cek darah trnyta ada yg gk wajar enzim di hati anak naik ,dokter anak trsbut mendiagnosa ada apa2 di liver bayiku , di rujuklah lagi ke RSUD udh was was banget pokoknya tkut knpa2 ,dokter anak RSUD trsbt hnya melihat hasil lab cuma di resepkan obat kuning dan L-bio sma di campur sufor miminya .Setelah 2 minggu kontrol dri bb 3,5kg jrak 2minggu lngsung 4,1 ternyta penyebanya asi bisa googling breastmilk jaundice , nanti hilang sendiri katanya, beneran hilang sendiri bun . Jadi mending cek sja bun kta DSA anak msih kuning di atas 2 minggu itu gak wajar

Baca lagi
VIP Member

Halo bunda, bisa segera konsul ke dokter utk cek bilirubinnya ya. Agar tepat & cepat penangannya. Bisa pakai BPJS kok. Periksa ke faskes 1 dulu, nanti dr dokter di faskes 1 akan kasih rujukan utk ke Sp. A. Setelah itu bisa dicek bilirubinnya. Anak kedua saya juga gitu waktu umur 40 hari bun. Waktu dicek, trnyata sdh di atas 10, jadi harus fototerapi 2x24 jam di RS. Semoga membantu ya bun.

Baca lagi
2y ago

tidak ada gejala apa2 bun, cuma saya perhatikan saja. Krn saya juga ragu beneran kuning atau tidak, jadi saya bawa ke dokter yg lebih paham.

haduh aku aja yang bayi seminggu rada kuning aku langsung bawa ke DSA. tapi alhamdulillab DSA ga suruh cek bilirubin sih bun. cuman suruh perbanyak kasih ASI dan di jemur.

tp anehnya kuning itu cuman pas malem hari aja Bun.. pas babynya bobog anteng gitu tiba" kuning trus pas adek bayi gerak tak bangunin gitu kuningnya hilang

ayo bun, segera ke rs utk cek bilirubin nya udh lwat 14 hr lho tkut si adik knpa2 jgan dtunda2 bun

Baca lagi
VIP Member

ga wajar ya, maksimal 14 hari sejak lahir. segera ke dokter anak buat test bilirubin

VIP Member

Sebaiknya segera dibawa ke RS untuk cek kadar bilirubin bayinya.

harusnya sudah ga kuning, coba bawa kedokter cek bilirubin.

cek ke dokter, bila perlu cek kadar bilirubinnya

Gak wajar yaaa, ke dsa aja untuk cek bilirubin