demam

Assalamualaikum bunda2.. obat demam yang paling ampuh tanpa resep dokter untuk bayi usia 9bulan apa yaaa anak saya sudah 2hari demam mau kedokter masih nunggu ayahnya pulang dr luar kota Sabtu besok.

13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

*Penanganan Demam* 👨‍⚕ Sumber: Kulwap Kegawatdaruratan pada Anak (dr. Dafi, penulis buku _Mengatasi Kegawatan pada Anak_) Sebelum membahas tentang demam maka kita harus tahu suhu normal tubuh. Bila diukur di ketiak maka *suhu normal adalah 36-37,5* bila diukur melalui mulut maka suhu normal tubuh adalah 36,7-37.7. Bila diukur melalui dubur maka suhu normal adalah 36,9-37,9. *Penanganan demam secara umum pada anak:* 1⃣ bila anak demam namun anak masih nyaman maka cukup di kompres air hangat. Gunakan air hangat suhu 29,4-32,2. mengompres menggunakan air hangat lebih efektif bila dibandingkan dengan menggunakan air dingin oleh karena air dingin akan merangsang penyempitan pembuluh darah. Keadaan ini akan menjadi sinyal menuju ke otak untuk menghasilkan panas lebih tinggi bila anak dikompres menggunakan air dingin. 2⃣ Selain mengompres untuk menurunkan panas atau demam dapat dengan *menyeka atau bahkan memandikan* anak bila anak mengalami hiperpireksia (suhu di atas 41,1 derajat Celcius). 3⃣ Obat penurun panas dapat diberikan bila : - suhu di atas 38,5, - anak tidak nyaman, - demam berefek merugikan misalnya anak kejang, dehidrasi. Maka penurun panas dapat diberikan. Bila penurun panas sudah diberikan namun belum turun juga maka *dipertimbangkan dibawa ke IGD* 3⃣Bila anak mengalami suhu tubuh lebih 41,1 maka *secepatnya harus dibawa ke IGD* karena keadaan ini adalah _hiperpireksia_ dan merupakan keadaan *gawat darurat*.

Baca lagi
VIP Member

*Cara menghitung dosis parasetamol*: dihitung berdasarkan bb bukan usia, krn usia yg sama belum tentu bb-nya sama. A = (X / Y) x B A : takaran obat dalam ml yang akan kita berikan ke si kecil X : obat yang dibutuhkan berdasarkan berat anak dalam mg, dimana setiap kg berat badan membutuhkan minimal 10mg atau maksimal 15mg Y : informasi takaran obat dalam mg yang ada di kemasan obat (lihat dos atau label pada botol) B : inormasi takaran obat dalam ml yang ada di kemasan obat (lihat dos atau label pada botol) Parasetamol untuk bayi / anak-anak biasanya tersedia dalam bentuk sirup dan drop. Agar lebih mudah, untuk anak dibawah 1 tahun sebaiknya gunakan yang drop. Contoh perhitungannya : Bayi Berat 8,4 kg. Merk parasetamol yang digunakan S**mol Drop. Informasi yang tertera pada kemasan adalah 60 mg / o,6 ml (baca : setiap 0,6 ml mengandung 60 mg parasetamol) Maka dosis yang dibutuhkan adalah : X : 8,4 x 10 mg = 84 mg (dosis terkecil) dan 8,4 x 15 mg = 126 (dosis terbanyak) Y : 60 mg B : 0,6 ml Jadi A = (84/60) x 0,6 = 0,84 ml atau dibulatkan menjadi 0,8 ml (dosis terkecil) atau (126 / 60) x 0,6 = 1,26 ml (dosis terbanyak)

Baca lagi

Diminumin sanmol gumoh ga karuan. Tapi sehari ini alhmdulillah suhu badannya sudah normal 37, masih sedikit anget tapi sudah ceria kembali 😍

Asiiiiiiiiiiii obatny buk Susui ssering mungkin Pastikan bayi g dehidrasi,g rewel jg Emg suhu ny brp??

Baca lagi
4y ago

Nnti kl demam lg kmpres air angt bun,sanmol bisa Shri 4x Kl pe bsk ttp demam,bw spesialis ank,biasany dksh obat suppositoria

Sanmol/ paracetamol.. asiin trs

VIP Member

Beli sanmol sama babayfever

Sering tetein bun

Tempra drop

Fasidol drop bun

tempra drop bun