Bayi masih kuning setelah lebih dari usia 2 minggu

Assalamualaikum,, Bunda2 mau share tntang penyakit kuning yang dialami bayi saya dong. Mohon solusinya buat bunda2 dg pngalaman yg sama.. Bayi saya saat ini berusia 17hari. Tapi badannya, matanya, lidah, bahkan rongga mulutnya masih kuning. Padahal sudah di jemur hampir setiap hari kalau cuaca cerah, sudah di gempur asi, pup dan pipisnya juga lumayan intens. Kira2 kuningnya masih normal/wajar gak ya bun? Mau periksa jauh sekali rumah sakitnya. Pun peralatan nya belum lengkap. Apalagi musim pandemi. Bagi2 ilmunya ya bunda... Terimakasih..

27 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

2 anak saya kuning pas lahir sampai 1 bulan. ada beberapa bayi yg kuning memang karna faktor genetik/bawaan. jadi sekalipun dijemur sampe gosong, digempur asi sampe muntah ga akan cepat hilang. tapo tenang... pengalaman saya, bayi kuning seperti ini setelah 1 bulan kuningnya hilang. WASPADA kl bayi lemas, ga mau nyusu, kelihatan loyo lgsg bawa rumah sakit. dulu sih anak pertamaku sampe 2 kali di sinar krn kuning berulang dalam kurang dari 3 minggu pertamanya. tapi tetep balik kuning lagi. yg kedua, saya lbh slow.. jadi masukin sinar sekali aja. walaupun stlh itu balik kuning lagi, tp sebulan kemudian hilang kuningnya. nah, anak adik saya juga kuning. krn lahir di masa pandemi, dibiarin aja. apalagi lihat kondisi bayi yg minum oke, ga lemas. sebulan kemudian hilang kuningnya tanpa obat. jadi sbg ibu jgn terlalu cepat panik, tp tetap waspada. selama bayi bunda oke, ga perlu disinar. nanti hilang sendiri. tp kl sdh tanda2 ga mau nyusu, lgsg bawa RS ( note: krn pandemi. sebisa mungkin hindari RS. kl ga pandemi pasti saya sarankan sinar aja)

Baca lagi

anak saya jg lg kuning bun sdh 2 mgg jg padahal udah jemur trs.. saya lgsg ke DSA bun dan cek bilirubin.. krn klo kuning trs bisa bahaya bun, bs menyebabkan pendarahan di otak atau tali pusarnya.. kmrn saya cek bilirubin anak saya dan agak tinggi sedikit dan telapak tangan dan kaki masih merah, pupnya jg msh bagus, jadi sm DSAnya di sarankan minum susu untuk bayi prematur/rendah berat badan.. kebetulan anak saya lahir prematur jd kemungkinan terkena bilirubin lbh tinggi dr bayi yg lahir normal.. tapi klo dalam 1 mgg masih kuning trs dan ga ada perubahan, atau telapak tangan dan kaki jg menguning hrs lgsg ke RS untuk di sinar.. tapi bersyukur br bbrp hari lgsg berkurang kuningnya.. jd sekarang anak saya asi dan sufor jg supaya sehat dl.. nnt klo sdh sehat dan asi di rasa cukup banyak br lepas sufor.. krn untuk anak saya yg lahir prematur kebutuhan minumnya lbh bnyk.. dan awal lahiran asi saya blm banyak..

Baca lagi

cek bilirubin nya dulu anak saya juga usia 2 mgg kuning , ud coba gempur asi san jemur tetep ga hilang cek biluribin nya ternyata ud tinggi, dimarahin sama dsa nya kenapa ga kontrol 2 hari pasca keluar RS jd bisa cepat tertangani, lgsg suruh rawat inap utk di fototerapi/terapi sinar biru, 2x24jam, alhamdulilah normal lg sampe sekarang anaknya sehat bb nya mbul banget setelah disinar (sembuh dr kuningnya) jgn sepelekan kuning bu, bisa ganggu ke otak kalo terlalu tinggi

Baca lagi
VIP Member

aduhhh udah ampe gitu kenapa ga cepet2 bawa ke rumah sakit bun... mau seberapa jauh pun klo untuk anak harus diusahakan bun.. ak kmrn anakku pas bawa plg dr rs agak kuning aj ak panik bgt.. klo uda terlalu tinggi bilirubinnya ga bisa dgn jemur dan gempur asi.. harus di sinar biru.. buru2 bawa ke dokter bun.. jgn sampe hal yg tidak di inginkan terjadi..

Baca lagi

sepenglihatan bunda ada berkurang ga bun kuningny dr awal lahir? anakku pun sampai saat ini masih kuning diusia 3bulan. dan dokter mengatakan mmg ad kelainan namun blom tau apa krn perlu pengecekan lbh dalam. saya bukan nakutin, ada baiknya bunda konsul dokter dan cek bilirubin ya bun. semoga dedek cepet pulih 💕

Baca lagi
VIP Member

Cek bilirubinnya bund, takutnya tinggi. Kalo anakku 22nya ketauan kuning dari masih di RS soalnya beda gol. darah sm aku (ngikut bapaknya). Jadi lgsg diperiksa darah ternyata tinggi bilirubinnya. Hati2 bund kalo udh terlalu lama dan tinggi bisa kena otak dan liver bund.

kalau ada bidan terdekat coba konsultasi sama bidan dulu gapapa bun, kalo aku dulu pas lahiran di puskesmas bayi kuning langsung di suruh cek lab buat tes bilirubin.. lebih baik konsul sama yg lebih ahli jd nanti disarankan nya seperti apa ya bunda ikuti..

Cek bilirunin, wajib bund. Kalo bilirubin gak kekontrol bisa merusak jaringan otak. Jgn cuma ngandelin matahari sama gempur asi, anakku kuning justru karna asi aku sendiri. Kalo udah gitu butuh perawatan khusus

Baca lagi

yah gak tau lah normal atau bahaya karena harus cek darah biar ketauan. Lagian klo didiemin kelamaan kan kasian bayinya. Kuning tuh bisa bahaya, bu. Klo parah bisa kena ke otak. Mending periksain gih

kalau dr lahir kuningnya ga ebrkurang tpi smua normal mendingan bwa ke dokter aja bun, namanya bayi ga bsa ngmng keluhannya .. kita yg dewasa ngalahin aja jauh jga dr pda nnti kita yg nyesel .