Tentang bpjs faskes 1

Assalamu alaikum bunnda2 yg punya pengalaman mengenai bpjs faskes 1 .. Mau nanya nih bun misalnya kt punya bpjs faskes 1 Trus mau periksa di rumah sakit besar boleh nga yah? Tanpa ambil rujukan ke puskesmas? Soalnya klu puskesmas peralatannya kan belum lengkap, Trus fasilitasnya masih kurang bagus, kira2 boleh nga yah langsung kers besar untuk lahiran , tanpa ambil rujukan ke puskesmas terlebih dahulu .. Soalnya syg ambil faskes 1 tapi digunakannya ttp di puskesmas..

Tentang bpjs faskes 1
15 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

untuk periksa harus ke faskes 1 dulu. BPJS itu bertahap bun. faskes 1 dulu, kalau faskes 1 ga bisa handle, dirujuk ke rs tipe C, rs tipe C ga bisa handle, lanjut ke rs tipe B. ga bisa tiba² ke rs mau periksa pakai bpjs. kecuali kondisi darurat, masuk rs lewat IGD. misal kecelakaan, demam tinggi sampai 40° disertai muntah, ibu hamil pendarahan, ibu hamil pecah ketuban, dan hal² darurat lain. btw faskes itu artinya bukan kelas ya bun. faskes 1 ya fasilitas kesehatan tingkat 1, yg biasanya puskesmas atau klinik. kalau kelas itu hanya untuk rawat inapnya saja. jadi mau bunda kelas 1, 2, atau 3, semua prosedurnya sama. harus dari faskes 1 dulu. nanti kalau ada sakit yg harus rawat inap, baru deh kamar rawatnya sesuai kelas. ini pun katanya 2025 mau ditiadakan. ga pake kelas lagi nanti. saya juga BPJS kelas 1 bun, karena ASN pusat, tapi kalau berobat pake bpjs ya saya harus ke puskesmas dulu. ga bisa langsung konsul atau ketemu dokter spesialis ke rs cuma karena saya bpjs kelas 1 😊 kalau untuk lahiran pervaginam, mau langsung ke rs, itu pastikan sudah bukaan 4 atau ada kondisi seperti pecah ketuban. bisa langsung ke igd. tapi ya ga bisa pilih² dokter, yg handle bidan yg piket IGD. proses lahiran pun kalau masih bisa ditangani bidan jaga, bakal lahiran sama bidan. sebelum bukaan 4 biasanya bakal disuru pulang, dan disarankan lahiran di puskesmas kecamatan.

Baca lagi
TapFluencer

Waalaikumsalam.. kebanyakkan mesti dpt rujukan dl dr faskes 1 bun. kl faskes 1 udh ga bs nanganin kondisi bunda, baru dirujuk ke faskes 2 (rumah sakit). slma msh bs ditanganin biasanya faskes 1 jrg mau ngasih rujukan (tp kembali lg ya, setiap tempat kebijakannya beda2, kl di tempatku begitu semua). tp coba bunda tanya & konfimasi aja lgsg sm rs yg dituju atau bs tanyakan jg ke faskes 1 bunda. kl ga mau pake rujukan, sering baca dr postingan dan komen bunda2 disini, bunda bs lgsg dtg ke ugd/igd kl udh bukaan 4-5 keatas. itu biasanya br bs ditangani sm rs tanpa rujukan tp ini jg biasanya balik lg sm kebijakkan rs nya. kl kondisinya darurat ada yg dicover bpjs ada jg yg ngga. begitu kl ga ada rujukan..

Baca lagi

faskes 1 it artinya fasilitas kesehatan 1 bun tergantung pilihan ad yg klinik / puskesmas, kl mau liat kelas ny 1,2/3 y liat d app atw bunda brp byar ny tiap bulan. jd artiny sblm ke tempat yg lebih memadai harus lewat faskes 1 dlu br dpet rujukan ke faskes selanjutnya ( rs ). bisa langsung ke rs tanpa rujukan kl it urgent bun. faskes 1 ak puskesmas jg bpjs kelas 2 gak ad buat lahiran tp kl sdah mau mendekati lahiran d ksh rujukan ke rs yg dekat dg faskes 1 . kdg 2 bulan sekali kontrol ke faskes 1 tp gak lahiran dsna, soalny selang seling ke dokter obgyn. mau kelas 1,2 atw 3 it pasti faskes 1 ny antara klinik/ puskes bun.

Baca lagi

assalamualaikum bantu jawab.. menurut pengalaman pribadi ku kemarin, kondisinya faskes 1 ku, tidak ada bidan praktek untuk melahirkan, jadi kemarin pas 28minggu, aku langsung di rujuk ke RS besar, dan akan lahiran disana bun.. namun selama trimester 1-28minggu aku selalu periksa nya di faskes 1.. itu langsung dibuatkan surat rujukan sm faskes 1.. kalo datang sendiri tanpa rujukan itu ga bs bun, kecuali urgent, dan ada komplikasi kehamilan.. boleh langsung ke UGD/IGD tanyakan dulu ke pihak puskesmas, kalo memang boleh, minta rekomendasi dan surat rujukannya 😊

Baca lagi

setau ku ngga bisa ya. kecuali klo keadaan emergency mah mau faskes manapun pasti diterima krna nnti masuknya IGD. jadi klo sengaja periksa kkgtu ke RS pake BPJS hrus ada rujukan dr faskes 1 dlu. dan dari dlu aku tuh ada tips biar bisa berobat ke RS, Jadi berobat dlu ke faskes 1 selang 3hr klo ga sembuh2 balik lg ke faskes 1 berobat lg nnti 3hr ga sembuh2 balik lg kesitu. kalo ditempatku berobat 2x dg maksimal minum obat 3hr berturut ga sembuh2 biasanya lgsg dikasih rujukan ke RS buat cek Up disana.

Baca lagi

Harus ke faskes 1 dulu bund minta rujukan, biasanya harus ada indikasi dulu baru bisa dapet rujukan ke rs, tapi coba aja dulu ke faskes 1 nanti minta rujukan kalau ada keluhan bilang aja biar bisa dapet rujukan, dan untuk faskes 1 bunda bisa ubah aja faskes nya bund ga di puskesmas lagi, bisa ubah ke klinik lain faskes 1 nya

Baca lagi

GA Bsa bun, hrus.. Ke faskes 1 dlu.. dan hrus ada indikasi khusus Jg.. buat mnta rujukan... kmren ak perut ku sakit krna konpal trs, dirujuk ke Rs, Bun... bru bsa Klw ga ada surat rujukany ga bsa bun.. kartu ak jg kyapnya bunda. (Kis )

Baca lagi

klo hari h lahiran lgsg igd bisa biasax dgn syarat" tertentu kaya uda bukaan 4,atau kpd cm klo blm g bisa klo vm kontrol tanpa rujukan sdh pasti g bisa masukx umum

Baca lagi

tapi aku gak ada surat rujukan langsung ke RS bisa ya waktu itu pas posisi kontraksi di cek di RS bukaan satu langsung di rawat inap tampa di minta surat rujukan

faskes 1 itu bukan kelasnya 1 bun, itu fasilitas kesehatan ke 1 bun.. kl mau lihat kelasnya cek di aplikasi mobile jkn bun..