Persalinan biaya pribadi/bpjs

Assalamu'alaikum bunda", mau tanya mungkin disini ada yg punya pengalaman. Minsalkan akan melahirkan secara normal di rumah sakit, tentunya harus bayar pribadi karna tidak bisa pakai BPJS jika persalinan normal. Nah ketika sudah masuk RS/kamar pasien, dengan niat akan persalinan normal namun tiba" ada kendala kondisi tidak memungkinkan normal harus dilakukan tindakan sesar. Bisa ga bun beralih jadi pembayaran menggunakan BPJS, padahal awal masuk RS sudah menjadi pasien bayar pribadi. Mohon dijawab ya bunda..

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Coba tanya ke rsnya bun, kalo di daerahku juga ada rs yg gak melayani persalinan normal dengan bpjs, tapi kalo sc bisa pake bpjs, temenku dulu masuk sebagai pasien umum, nah ternyata waktu pembukaan 7 gawat janin jadi cito harus sc pake bpjs bisa. Tapi takutnya beda2 peraturannya gitu

2y ago

iya bun niatnya pas kontrol nnti mau tanyain..

Mending kontrol dulu gimana, klo harus di RS kan dapat rujukan. Nah klo misal pakai BPJS ke puskes aja, ntar klo ada gawat darurat juga langsung di rujuk ke RS. Saya anak pertama g nyampai 1 jam di puskes langsung di rujuk bund karena memang harus dirujuk sih.

VIP Member

kalo mau normal pake bpjs, datang ke igd rs tunggu udah bukaan 4 bun.. atau ada rembes ketuban.. kalo ditanya dari sebelum lahiran di bagian poli obgyn pasti d jawab ga bisa bpjs normal.. soalny prosedur standart bpjs untuk lahiran normal itu d faskes 1..

bisa klo pake bpjs, asal bukan RSIA yaa, tlf" dlu ke RS, atau tanya lgsung ke RS, bisa ga pke BPJS... swasta ada yg bisa pke BPJS ada yg gabisa.... belum lahiran kan, jd tanya" RS dlu ajaa, sm tanya dokter, nanti jg pasti dapat rujukan

setauku ga bisa beralih ke bpjs karna di awal bilang nya biaya sendiri .. soalnya sodara ku ad yg ngalamin kan.. dy awalnya biaya mandiri normal. etapi ga nambah2 bukaan sampe 2 hari.. udh kpd jg.. akhirnya sc dg biaya mandiri

Nggak bisa Bun harusnya, karena di awal sebelum persalinan kan bakal disuruh ttd perkiraan biaya beserta kenaikan sekian persen kalau ada faktor penyulit gitu. Plus beberapa RS ngasihnya sudah paketan.

2y ago

jd klau kondisi urgent harus sesar gabisa beralih ke bpjs ya..

normal bisa kok pakai BPJS bun. kalau dr awal pakai BPJS dipakai aja bun BPJSnya. sekarang RS juga menyarankan kalau ada BPJS pakai BPJS saja.

bisa bund, normal atau sc tetap bisa pakai bpjs selama RS tersebut menerima pasien bpjs

VIP Member

msa normal ngga bisa pke bpjs. bisa ko. kmrn saya normal pke bpjs di RS

2y ago

ngga bilang klo RSIA. kirain rs umum/swasta. klo RSIA emg ngga bisa bpjs bu.

bisa pakai BPJS di RS tapi harus ada rujukan dari faskes 1 nya...