87 Tanggapan

VIP Member

Ini cerita saya Bun. Saya awal nikah kerja. Finansial keluarga bisa dibilang cukup kuat. Karna penghasilan kita sama sama tinggi. Tabungan pun sangat cepat terisi. Tapi kami tidak menemukan kenyamanan berumah tangga. Sama sama berangkat pagi, sampai rumah maghrib. Belum kalo ada acara kantor bisa nginep pas weekend. Ga di rumah. Pulang ke rumah sama sama capek. Akhirnya masalah sepele bisa ribut. Tapi sejak saya resign kerja, semuanya berubah. Justru kita amat sangat jarang bertengkar. Saya fokus sama rumah dan anak. Rumah bersih, meja makan penuh dan suami amat sangat terawat. Contoh suami kebetulan suka ngemil, dan aku sendiri yang bikinin. Aku temenin pas makan. Dulu enggak, karna sangat capek jd tidur cepat. Ngobrolnya bentar. Pas weekend, kita berlibur bersama. Dan skrg udah ada anak, jadi makin rame. Anak pun terurus dengan baik. Temenku sekantor dulu juga resign. Dan dia cerita lebih bahagia sbagai IRT. Selalu ada waktu untuk anak. Anak menjadi lebih bahagia karna ada Ibu yg full bersama dia. Itu ceritanya. Meski finansial jadi menurun, tp kebahagiaan kami meningkat. Dulu selalu berfikir jika aku ga kerja pasti diinjak suami dan hidup serba kekurangan. Tp ternyata tidak. Suamiku malah semakin mencintaiku karna aku bisa ciptakan kenyamanan terbaik untuknya. Itu kata suamiku. Trus finansial selalu cukup meski tidak sekuat dulu. Pasti ada aja rejekinya. Tiap orang punya cerita dan kondisinya masing masing. Jadi istri kerja atau tidak, trgantung kalian.

Aamiin.. Tenang saja Bunda rejeki ga akan kemana.. Memang benar rejeki serumah akan diturunkan ke suami..dan skrg finansial kami kembali kuat.. Btw, ini post 2 bulan lalu yaaahh kembali ke-up hehe

VIP Member

Tidak ada kewajiban istri untuk bekerja, kewajiban beban syar'i dalam islam ada di suami. Kalo pun sikon mengharuskan bekerja lebih baik bekerja di rumah. Dalam islam, istri bila ingin mengeluarkan uang harus izin ke suami (kalo tidak punya penghasilan). Kalo punya penghasilan pun harus bilang ke suami mau mengeluarkan uang, istilahnya suami cukup tau. Ya karena balik lagi suami pertanggung jawabannya di hadapan Allah kelak pasti ditanya perihal istrinya dari a-z, minimal dia tau uang istrinya kemana aja. Dan logisnya berarti kita menghargai suami sebagai pemimpin saat bilang/izin mau mengeluarkan uang untuk keperluan apa pun. Saya sendiri memilih jadi IRT dengan pendidikan S1, ortu dan mertua menyayangkan. Tapi bismillah saya memilih jadi IRT untuk beribadah & agar lebih hikmat dalam melayani dan menghormati suami. Soalnya saya sebelum nikah sempet kerja, masih tinggal di rumah ortu yg gak ada pembantu. Saat pulang ke rumah trs disuruh bersih2 rumah rasanya males sekali dan sampe bilang "kan aku juga kerja sama kayak bapak-ibu, kenapa aku doang yg bersih2 rumah." Serta saya takut sekali tidak bisa menjawab saat nantinya ditanya Allah tentang kewajiban saya sebagai istri dan ibu karena waktu saya terbagi dengan bekerja. Ya itu pikiran saya sih, saya memahami ibu2 yg memilih bekerja, semua punya pertimbangan masing2. 😁

Aku kerja ampe awal nikah, lebih enak beli apa apa sendiri loh bun cuma ya skrg aku uda gakerja lagi hamil dan gatau deh uda lahiran mau cari kerja lagi ato ngga. pengennya cari kerja yang bisa dikerjain dirumah cuma masi blm nemu kerjanya apaan huhu. kalo soal istri harus kerja ato ngga ma gmna kesepakatan sama suami sih cuma kalo ga memungkinkan kerja dan gaji suami masi cukup ya gausa kerja bun tp kalo ada kesempatannya kerja ya ambil aja lumayan loh dapet tambahan malah kalo akusih mau ya cuma bingung anak ama siapa ntar haha Malahan awal nikah yang ngebet nyuruh aku kerja lagi itu mertua loh hahaha setiap kali ke rumah mertua ditanya "udah kerja lagi belum???" rasanyaaaa seperti ingin teriak wkwk mungkin takut gacukup gaji suamiku ato takut gaji suamiku abis sama aku kali (?) lebih mantap mana hayo bun disuruh kerja sama suami atau mertua hahaha 😬

benerr bun sama. aku juga kesel wktu hamil aku mau resign klo udh 7 bulan krna krjaku berdiri 8jam. eh mertua dg gaada perasaan bilang ntr klo lahiran gmn klo gk krja. yaAllah kn suami krja .. bukannya mikirin kondisiku malah blg gitu. sedih rasanya..

Istri gak wajib kerja mom. Krna kewajiban nafkah 100% ada di suami. Alhamdulillaah, suami sy setelah sy resign kerja setelah punya anak pertama, gak pernah pelit dan perhitungan sy mau beli apa asal bukan buang2 uang yg gak jelas urusannya. Tp, sy justru sbg istri tg jadi lebih menghargai tiap rejeki yg suami dapat dan gak bisa egois boros2 demi keinginan diri sendiri sedangkan dia, untuk kebutuhannya aja dia tahan2 demi tabungan utk anak2. Pernah sesekali sy bercanda sm dia sy bilang, aku kerja lagi ya, tp dia malah bilang gausah, km sm anak2 aja ya..in syaa Allaah aku masih sanggup cari nafkah buat km sm anak2.. Maasyaa Allaah.. 😍.. Tp jika kasusnya ky mom, perlu ditanya itu maksudnya bercanda atau serius? Utarakan aja yg ada di pikiran mom drpd bikin asumsi sendiri kaya gini..

tergantung ridho suami mu. dri awal komitmen seperti apa . boleh bekerja atau tidak. punya rencana atau tidak. ya kalo mbaknya pengen apa emang wajib ijin suami . aku ga kerja. kalo aku pengen beli baju atau skincare. aku maksa suami buat biaya lebih.. ya karna kita juga butuh rawat diri dan fashion. kalo urus anak emang kewajiban.. urusan biaya anak, suami yg nafkah..karna sudah kewajiban suami dan janji suami sama Allah.. ga usah takut meminta suami. kalo suami anggap mbaknya beban. bilang aja ga usah nikah. atau aku kerja aja.. suami itu ibarat sudah pengganti orang tua. biasanya kita mnta sama orang tua. kini suami yg wajib.. saranku carilah yg 1 visi misi . yg sreg di ajak hidup bersama.. jangan asal cinta

Harus kerja apa ga ya tergantung orangnya masing2 ya. Kalo jiwanya mau jd irt, ya pasti keberatan kalo disuruh kerja, sedangkan kalo org nya suka kerja, ya pasti keberatan kalo jd irt yg banyak dirumah. Ato kondisi keuangan ga stabil, seandainya istri mau bantu ya bagus, kalo ga ya sudah, karna emang semua balik ke pribadi masing2. Cuma kalo saya, saya sih pilih kerja. Ttp dikasih suami nafkah, tp punya uang sendiri enak, butuh apa2 bisa beli sendiri, ga usah nyisihin dr uang belanja, ga usah minta2 suami kalo pgn beli sesuatu, bisa ngasih orang tua/keluarga, yg penting buat jaga2 seandainya suami mendadak ga bisa kasih nafkah entah karna sikon apa (amit2). Pokoknya saya mau produktif dan mandiri.

VIP Member

sejujur nya kl pun ga kerja, ada usaha apa kecil2an yg memghasilkan bu, buat jaga2 ajam amit2 kl ada apa2 dgn suami, misalkan lg pandemi kaya gini. Dan kerja atau ga kerja pun, sebab suami bilang "beli sendiri lah kan kerja punya duit" sy mikir nya sih harus 2 sisi. emang barang apa sih yg mau d beli sampe suami ngomong gitu, mungkin menurut suami ga penting atau pemborosan kali bu.. makanya bilang kaya gitu, kl pun barang yg d beli penting tapi ga pokok ya suami jg berhak ngomong kaya gitu. makanya masalahnya kudu d jabarin dulu.. kl istri minta beliin beras, buat makan trus suami ngomong, lu beli sendiri lah.. kan kerja, baru auto tabok 😁

Kalo saya sih pro kerja ya. Gpp belanja buat senang2 diri sendiri pake duit sendiri malah enak loh mba jd ga usa ngemis2 sm suami. Mau beli hp baru lngsung cuss..mau nyalon langsung cuss..nafkah suami untuk makan sehari2 , belanja bulanan listrik air internet dan susu anak aja. Klo buat jajan sndiri sy ga kberatan pake uang sndiri toh saya diizinkan kerja dan sempet kerja jg krn anak ada yg momongin dirumah dan ada ART jg..jd itung2 kerjaan saya sbg istri dan ibu udah diringanin bgt sm suami..jd sy jg hrs ringanin suami dgn jajan pke duid sndiri..toh sy sm sekali gk pegang kerjaan rmh..cm masak aja siang..

Kalo masalah kerja atau nggak, saya lebih pro ngga kerja (tapi semua orang punya opini dan opsi masing2 yaa^^) Bukan apa2.. Kewajiban wanita itu banyak sekali dirumah :') kasian badannya :') kalo untuk tambah2 dari olshop, masih ok.. Tapi kalo yang dari pagi sampe sore atau bahkan sampe lembur, saya gak pro :') hehe... Karena yang wajib bekerja pun dalam islam adalah suami.. Harga diri suami terletak dari segigih apa dia mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan istrinya sebagai bentuk tanggung jawab ia.. Baik di dunia.. Dan kelak di akhirat :')

setuju sih, krn klo ibu kerja pagi sampe malam.. ntr anak yg jd gk keurus. tp ya emg sih punya penghasilan sndr tuh beda sama cuma bergantung sama suami..

suami itu harus kasih nafkah istri lahir dan bathin, selain harus memenuhi kebutuhan rumah tangga suami jg harus bisa memakaikan dan memantaskan istri, seperti simbol seserahan saat menikah, artinya membelikan baju, makeup, emas, dan segala kebutuhannya (tp ga berlebihan yah), itu sudah kewajiban suami.. klo aku pas ijab kabul di ceramahin gitu sama ustad dan amilnya hehehe. klo istri punya penghasilan lebih yaa itu hak istri mau di pake apaa.. bukan berarti suami lepas tanggung jawab klo istri punya penghasilan sendiri. suami yg tdk menafkahi istri itu dosa loohh hukumnya bagi suami.

Pertanyaan Terkait

Pertanyaan populer

Artikel terkait