PRIVASI atau KETERBUKAAN?

Apakah ada di antara Bunda yang hp suaminya dipassword dan sebagai istri dilarang buat buka-buka hp suami? Mana yang lebih penting bagi Bunda dalam keluarga, privasi atau keterbukaan? Suami saya tahu password dan bisa akses kapanpun hp saya, tapi saya tidak diijinkan mengakses hpnya.

375 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Pernah dgr kasus suami bunuh istri yg hamil 8bln krna ga dikasih tau password hp? Itu terjadi krna kurangnya rasa percaya dan keterbukaan pd pasangan... Asumsi dan kecurigaan yg akhirnya jd klimaks dn berakibat fatal.. Pernikahan ideal itu hrs ada keterbukaan... Keuangan harus terbuka, semua hal hrs dikomunikasikan, hp klo pake pasword pasangan hrs bisa akses.. "tapi kan klo udah nikah ttp perlu privacy" menikah itu kan bersatu..masa rahasia2an... Klo emg bener masa takut pasangan liat medsosnya... Hehe, itu kutipan dr slh satu psikolog hits... Password hp mmg diperluka tp itu untuk mencegah org lain mengakses bagian privacy kita, bukan buat pasangan... Dan sy setuju, meskipun dlm islam dilarang mengecek hp suami diam2 krna itu termasuk perkara memata2i dan ngambil tugas malaikat... Tp buat sy dan suami itu hal yg biasa aja, krna kami tau porsi masing2 ketika megang hp pasangan, bantuin bales chat ketika slh satu sibuk... Bukan buat curigain yg ga perlu... Bhkn akun medsos kami masing2 aja ada di hp pasangan... Sekiranya mau liat hp suami yaa minta izin dpn dia, jgn pas dia ke kmr mandi kita diem2 ngecekin chat... Dan terus doakan suami kita agar dijauhkan dr godaan2 maksiat lwt smartphone nya... ?

Baca lagi
VIP Member

Suamiku gitu Bun... Suamiku bilangnya khawatir ada salah paham Bun..suamiku kan ada bisnis online.. Jadi banyak yang ngechat.. Awal sih kesel ya, tapi lama lama aku bikin santai aja..Saling percaya aja.. Pernah aku tanya,"Mas setia ga sama aku?" Dijawab,"Kalo aku ga setia, sekarang aku ga mungkin ada disampingmu..pasti aku lagi sama wanita lain..trus ga mungkin uangku aku kasihkan semua ke kamu dan pasti malah aku pake seneng seneng sama cewek lain" Bener juga sih wkwkwk Jadi aku selow aja Bun... Kata suami, laki laki itu tidak suka dikekang apalagi sering dicurigai..nanti malah yang tadinya baik jadinya ga karuan dan semakin menjadi jadi.. Kejadian sama temenku..sampai FB dan IGnya dia dan pacarnya 1 akun..pokoknya ga boleh lah ada privasi.. Eee lakinya malah kerjaannya ngechat cewek lain pas lagi ga sama ceweknya.. Jadi pas lagi ga kumpul sama ceweknya udah ngechat ngajakin jalan cewek lain.. kebetulan salah satu yg dichat diajak jalan sahabatku sendiri..tp sahabatku ga mau..bahkan lakinya itu ke rumah sahabatku ini.. Gitu Bun..Alhamdulillah sih ga pernah ada masalah antara aku dan suami sampai skrg..

Baca lagi
5y ago

Paswordnya pake pola atau angka gitu Bun? Nanti pas dia buka hp, pura pura aja dibelakang trus hafalkan pola atau angkanya.. Nah pas dia tidur, buka hpnya.. Aku suka baca baca di topik pernikahan di the asian parents ini dan aku bacain ke suami kalo ada yg tanya masalah suami hehehe Kata suamiku, kalo ada seorang laki laki yg berubah dalam soal keuangan.. Yang tadinya total untuk istrinya, dan tiba tiba jatahnya dikurangi atau duwit ga jelas kemana itu bahaya Bun..

VIP Member

Saya dari pertama pacaran sampai nikah tdk pernah buka2 hp nya, walaupun kita sama2 tau pass masing2, saya maupun suami. Saya lebih percaya dengan suami walaupun kalo mau ngecek bisa aja, atau ada cewe yg curhat sama suami, atau bermacam2 pikiran kita asumsi negatif dgn suami, lg sama saya aja berduaan, suami di tlp sama atasanya pengen curhat, jam 11 malam, apkh saya marah? Enggak, cemburu pasti, wanita manapun tdk mungkin tdk ada yg cemburu, tp saya tdk mau mengedepankan ego hanya krn masalah seperti ini, saya biarkan, saya asyik aja manja2an sama suami meskipun suami lg tlp2an, dari awal komitmen sama suami saya tdk melarang, semakin dilarang, semakin di curigain, suami malah makin menjadi, berikan kebebasan tp ada rasa tanggung jawab, jd selama kita ngebebasin terbuka, suami pun terbuka sendiri sama kita, "td atasan nlp curhat bla bla bla" suami pun cerita sendiri ke saya ada yg chat, ada yg tlp, krn saya bisa ngertiin suami, jd dia ngerasa nyaman sama pasangannnya krn bisa memberikan kebebasan dan pengertian sama suami

Baca lagi

Sama kayak saya bun... Sebenarnya saya pengen sekali menjunjung tinggi keterbukaan dalam rumah tangga tpi di sisi lain saya juga pengen jaga keharmonisan rumah tangga saya ... Akhirnya saya pilih diam n sabar pasrah kepada sang pencipta sang pembolak2 hati seseorang .. karna kalo saya kekeh masalahin soal pasword bakal ada ribut terus di rumah tangga saya...karna suami tipe org yg gak mau kalah, ngalah ato pun di usik barangnya... Saya gak tau kenapa suami gitu, yg saya cemas ia punya wanita lain di luar sana tpi saya coba tepis itu semua dan pasrah serta minta petunjuk pada sang pencipta... Dan jika memang bener adanya insyaallah sang pencipta tuh maha adil... Semoga kita semua para istri gak kan pernah dalam posisi itu n selalu di beri jalan yg terbaik ya bun n semoga suami sadar kalo keterbukaan n kejujuran itu penting dalam berkeluarga...

Baca lagi

Egois itu namanya bun, atau bisa jadi ada yg disembunyikan. Kalau suami bunda seperti itu bunda juga gitu, ganti password hp bunda jangan kasih tau ke suami. Kalau misalnya sidik jari suami ada ke save di hp bunda, ya tinggal hapus aja sidik jari dia di pengaturan hp bunda. Biar sama2 adil, ntar kalau dia nanya hp bunda kok pasword nya diganti, bunda tinggal jawab "lah hp mu aja aku gak tau paswordnya, ya aku ganti juga dong pasword hp ku biar kamu juga gak tau". Alhamdulillah suami ku selalu terbuka bun, semua pasword aku tau, pasword hp nya bahkan sidik jari aku di save di hp suami, pasword sosmed, m-banking, atm, leptop semuanya aku dikasih tau sama suami bun ?? begitupun suami juga tau semua paswordku

Baca lagi

Sama Bun, suami saya juga ga izinin saya buka hpnya. Malah dia suka ngumpet2in hp nya. Sedangkan hp saya, dia bisa sesuka hatinya buka hp saya. Klo saya tanya knp saya ga blh buka hp nya, dia jawab katanya tar bisa jadi salah paham dan jd masalah. Saya pernah marah, malah dia marah balik sampai lempar hp nya, katanya saya ga percaya Ama dia. Dlu saya pernah nemuin history panggilan telpon suami saya dg mantan. Pernah saya juga liat chat iseng suami saya ke cwe lain. Abis itu saya marah, suami minta maaf. Tp setelah kejadian itu semua, suami jd ngelarang saya buka hpnya. Dia bilang suruh saya percaya Ama dia aja. Skrg saya pasrah. Klo mmg suami saya dibelakang saya macem2, biar Allah yg tegur dia.

Baca lagi

Keterbukaan jelas pnting, aku dan suami sama2 tau password masing2, dan hp juga suka geletakin gtu aja, tapi kita sama2 sadar buat menghargai privasi pasangan sih.. kyk ngecek2 isi chattingan itu buat kita ga sopan, kcuali emg diminta balesin chat atau emg pasangan yg nunjukin isi chat biar kita ikutan baca... Dan toh di agama islam sendiri ada larangan buat melanggar privasi pasangan kan ya... Jd sebisa mungkin kita gmau kepo yg gimana2, kcuali klo feeling lg gaenak bgt ya aku pernah diem2 cek isi chat suami dan temen2nya... Awal2 nikah terutama ya... Makin ksini makin jarang... Btw soal ini dari sblm nikah hrsnya udah dbahas sih sm pasangan ya biar sama2 enak

Baca lagi

Hehehe sama bunda, sy bgitu dia kubek" hp saya hp dia sy gk tau password nya , stiap mau minjam pura" nlfn dn klo sy bilg hanya ingin tau dia malah marah bilgnya jgn cari" mslah jd saya sadap sklian ktauan smua dia ngjk" kwinlah ktmuan lah ama cewe dr rumah alasannya ngelyat org mati lah pdhl ktmuan, dn sy ngrasa biasa aja krna udh cpek lg hamil tua hrus mslhin dia sm wanita" nya ntar juga krasa sndri karmanya..? skit ya skit hati tp sy lebih liat yg d kandung bunda ksian kudu berantem dn mslhin yg gk penting. . smoga RT kita senstiasa dlm lindungan Allah SWT sgera d sadarkan ..

Baca lagi
4y ago

sy mh malah sengaja nikahin aja cewe" itu yg kau khndaki kau sukai, krna wktu itu ketauan chtnya dia ngjk kawin bun ama cewe itu cewe itu janda anak satu cuihhh.... biar tau jablay itu ky gimna aslinya mau Duitnya doang mau senengnya doang pas lu miskin bokek d tendang, biar kau tau sifat aslinya cewe" itu gimna, pas tergila" bae" nya doang d liatin pas tau kedok buruknya kau rasakanlah, d situlah kau sadar ferguso sy yg mnurut mu jelek gendut mana hamil gk menarik lg ini nihhh yg sllu nemenin kau yg gk pernh liat sdkitpun materi yg tulusss cinta smpe hadirnya anakk dlm perut kau bosan make kau cari yg lain tepuk tangan aja smbil nyimakk...

Harus saling terbuka donk bun Gda rahasia” an Dari mulai pacaran sy udah terbuka masalah hal kecil jd klo ada masalah besar udah biasa diceritain Aplg sy jauh sm org tua jd mantan pacar saya ini(suami) dia udah kaya sahabat,saudara,kakak,suami yg selalu ngasih masukan,komen klo sy ada jeleknya,sampai ke urusan keluarga besar dia jg ngasih masukan,masalah keuangan juga Aplg yg sepele masalah pasword hp/atm bun Udah ngerti smua Yg dia ga ngerti saya pke daleman ukuran brpa ?? karena dia malu klo sy ajak beli daleman(pergi jauh” pasti)??

Baca lagi
VIP Member

Gak ada sih bun kalo aku, setelah menikah semuanya serba transparan?semua akun suami pake alamat email aku jadi apa2 ya aku yang ngrusin akun wa, fb, ig paksu. Kalo paksu beli hp baru aku yang mindah2 hin akunnya, nyambung ke email smua. Aku aturin sandinya karna tipikal suamiku pelupa sama akun2 apalagi pake sandi. Trus semua akun aku juga nyangkut di hp paksu. Password hp aku samaan dengan paksu. Hehehe coba obrolin bun sama suami, kenapa harus di password2 gtu, kan udah nikah, tapi beda2 prinsip ya ada yang saling menghargai privasi masing2.

Baca lagi