4 Tanggapan

VIP Member

tt itu yang pertama melatih orangtuanya dulu biar sabar dan peka. sabar kalo anak pipis tiap 5menit sekali, soalnya emang begitu kalau baru aja lepas popok. terus lama lama durasinya bakal lebih lama. nah ini kita harus peka tanda2 dia mau pipis. yang kedua melatih anak peka sama organ2 bawahnya. kyk kalo bowelnya udah penuh dia itu paham. kalau ngompol dia bisa ngerasain kalo kakinya basah, baunya pesing. kan sebelumnya cuma car cur car cur dia g peduli kan g basah dan g pesing. jadi karena dia mulai ngerasa g nyaman pipisnya jadi makin bisa di kontrol alias dia mulai nahan pipis. usia 2th udah pas buat mulai tt. pokoknya jangan di omelin atau di marahin. ekspektasi nya di turunin juga, soalnya tiap anak bisa beda proses ttnya. anakku sendiri sampe 4bulan baru beres, cuma tinggal pup aja dia masih takut sama toilet. 😂😂 mungkin nanti kalo dah pindah ke rumah sendiri yg lebih layak dia baru mau. soalnya kalo aku renov sayang duit, cuma rumah kontrakan.

kalo saya sering² diajakin ke kamar mandi Bun. Dan sering² bilang ke anak, kalo skrg udah ga pake popok lagi jadi kalo mau pipis atau pup bilang ke mamah. Alhamdulillah anak ngerti kok Bun. walau kadang² kelepasan pas awal² lepas popok.

brpa jam sekali bun di bawa ke toiletnya?

VIP Member

bukan disuruh ngomong bu klo mau ngajarin toilet training. ngga bakal bisa. kita yg ngajak anak ke kamar mandi, bukan disuruh ngomong klo mau pipis ngga bakal manjur. kecuali klo udh hapal.

Coba tiap 2 jam diajakin pipis ke kamar mandi bun.

Pertanyaan populer

Artikel terkait