Ya Allah aku menyerah

Anak pertamaku bingung puting. di usianya yang meningjak 4 hari, dia sudah mengenal dot. Orang di sekelilingku bilang asiku sedikit, asiku seret. Aku stress. Padahal di posisi stress ini asiku bisa dibilang banyak bun (kata bidan), asi saya sering rembes karena penuh tapi anak gamau nen lgsg, sedangkan pumping saya juga harus nunggu waktu yang pas kalau anak tidur atau ada yang pegang anak saya. Aku jauh dari suami. Aku tinggal bersama ibuku dan nenekku. Justru mereka orang yang membuatku trauma. Setiap saat aku hanya disalahkan dalam merawat anakku. Bahkan kini anakku tidak bisa dbf aku yang disalahkan, kata mereka putingku datar, padahal nyatanya tidak. Di rumah ibuku ketika sepi aku diam-diam melatih anakku dbf. Tapi dia menangis, aku juga ikut menangis, perasaan bercampur aduk. Kemudian aku panggil bidan untuk belajar pelekatan. Ketika anakku sudah mulai ketergantungan dengan puting, tapi di awal2 dia akan selalu menangis karena belum terbiasa. Ibuku kemudian bilang “udahlah dikasih dot aja!”. Karena aku merasa tangisan anakku sepertinya menganggu orang2 sekitarku terurama ibuku dan nenekku. Selama aku di rumah ibuku, aku merasa seperti orang asing. Ibuku tidak pernah bertanya apakah keadaanku sehat, bagaimana denga jahitab lahiranku, tidak pernah. Yang dia sebut2 selalu tentang aku yang melawan ketika ibuku menyuruhku untuk memberika anakku sufor, bagaimana anakku tidak mau dbf karena asiku seret. Aku sering menangis, aku sering pukul kepalaku, aku sampai bilang ke suami aku ingin m*ti saja. Suami ingin menyusul dan menjemputku, tapi aku melarangnya karena nanti akan memperkeruh suasana. Sampai akhirnya anakku usia 2 bulan aku sudah tidak tahan dengan perlakuan ibuku, aku menyusul suamiku ke rantau. Sedikit demi sedikit aku ajari anakku dbf, tapi sudah semakin sulit karena usia semakin bertambah. Aku di rantau sendirian selama suamiku bekerja dari pagi hingga sore. Kadang aku masih beluk stabil karena trauma yang aku alami selama di rumah ibuku. Aku takut anakku kena imbas jika emosiku belum terkontrol. Sekarang anakku sudah hampir berusia 4 bulan, dia lebih sering menyusui menggunakan dot. Ingin relaktasi di RS atau konselor di kota ini biayanya sangat mahal. Aku cari2 turorial di youtube dan mencari pengalaman yang sama mengenai bingung puting. Malah aku menemukan ada ibu2 yang uploa di youtube blg “bonding anak DBF dan non DBF dengan ibunya akan beda, perilakunya kelak juga akan berbeda” mentalku malah semakin kena. Tapi kini aku menyerah, aku ikhlas, aku pasrah. Perkara anakku yang tidak dbf dan akan mendapat pengaruh seperti itu atau tidak aku serahkan semua pada Allah. Selama ini aku berusaha memberikan kasih sayang semaksimal yang aku bisa untuk terus mendapat bonding yang kuat dengan anakku. Akan seperti apa anakku kelak yang penting dia tau kalau ibunya menyayangi dia bagaimanapun juga dan semoga anakku juga menyayangiku sebagai ibunya meskipun aku tidak mengASIhinya secara langsung. MasyaaAllah jawaban bunda2 disini menguatkan saya sekali, terimakasih bunda2 semua dan semangat juga untuk bunda2 semua, peluk jauh🤍

43 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

bunda semangat yaaa kamu itu ibu yg hebat, km udah berjuang untuk melahirkan anakmu, jangan dibawa stres yaaa bun ada malaikat kecil yg membutuhkan bunda, kalau cape dibawa istirahat atau ngelakuin hal yg bikin bunda happy yaaa, harus bsa me time bun karena kita udah berjuang melahirkan anak kita jadi kita juga harus bisa melakukan hal yg bikin kita bahagia. Btw bun sepupu aku anaknya full sufor tapi bonding sma anaknya dekat bgt bun yg dicari selalu mama nya, gada tuh anak bakalan merasa ga dekat sma ibunya yg melahirkan dia terus perilakunya bakalan beda. Jangan didengarin yaa bun kata kata yg bikin bunda down, ohiya bun dulu anak ku juga sempat bingput tapi sekarang udah full dbf. Kemarin caraku aku pumping asiku trs kasih di dot supaya anak ku lebih sering merasakan asi, anak ku dulu sempat dikeluarkan nya lagi kalau setiap aku kasih asi lewat dot mungkin karena dia belum terbiasa sama rasa asi. Terus jg misal anak ku udah setengah tidur habis ngedot aku coba taruh putingku diatas bibir anak ku otomatis pasti buka mulut trs dihisap cuman galama karena hisapan nya lemah, kalau dede nya ngamuk pas bunda dbfin bunda stop aja ya terus tenangin anaknya nanti di sesi selanjutnya bunda coba lagi tapi disaat mood anak bagus, emang bun awal awal pasti ngamuk ngamuk tapi ya itu harus sabar memperkenalkan puting kita ke anak. semangat yaa bun bisa dicoba tips dari aku😊

Baca lagi

gak ada beda ko bund sama aja.. mau dbf atw non dbf.. anak ke 3 saya..cuma asi sampe 7 bulan..karna saya Sakit.. sakit yang tidak ngbolehin saya menyusui anak saya.. tapi biiznillah sampai skarang anak saya justru dekeeeet bgt sama saya.. bahkan posesif bgt sama saya.. kadang g mau sama orang... saya sempet juga pisah sama anak saya pas saya sakit.. anak saya sama nenek nyaa.. saya di rumah.. yang jarak nya lumayan jauh antar rumah saya sama nenek anak2.. saya jadi g bisa mantau perkembangan anak saya..paling sesekali VC.....tapi alhamdulillah gak ada yang namanya anak jauh dari ibu dll.. setelah saya sehat..anak saya sama sama saya lagi.. yaaa justru makin dekat bg anak nya sama saya.. malah sama nenek nya skarang g mau sama sekali.. kalo main pun.. nenek nya pengen gendong dll.. anak nya g mau.. skarang anak saya udah 4 thn....anak tau ko siapa ibu nyaa..meskipun nyusu Nya Sufor.. karna bonding sama anak gak hanya dilakukan dengan mengASIhi saja.. banyak dari hal lain.. alhamdulillah semua anak2 saya deket sama saya meskipun udah pada gede.. dan hanya saya yang paling dekat dengan mereka... SEMANGAT bund.. jangan setres..jangan peduli omongan orang2.. mereka hanya bisa nya ngomong doank.. yang jalanin apapun itu ttp bunda.. jadi bunda yang tau dan berhak dlm hal apapun atw mau bagaimanapun..

Baca lagi

Moms, jangan terlalu stress mikir yg sebegitunya, fikiran mommy harus dikendorkan, jangan spaneng terus, klau baby blues malah kasian mommy n dede nya,, kalau aku ya moms, dr awal dede juga bingput, krena dulu harus ditinggal di RS sekitar 4 harian jd lebih sering pakai dot, aku udah usahain semampuku tp dia susah bgt di dbf apalagi kalau lg laper2nya, jd yauda gpp aku pumping, dari pada anakku nangis masih laper dan aku memaksakan ego ku untuk kasih dia hanya via dbf,, ga usah terlalu fokus masalah harus dbf untuk bonding ke anak, nanti mommy stress sendiri malah berdampak ke baby nya,, yukk lebih relaks dan turunkn ego, yg penting anak kenyang sehat, mau full asi (atau kalau seret mix sufor buatku ga masalah), yg penting gizi anak tercukupi, BB naik sesuai KMS, dan mommy bisa happy,, btw ya moms, sepupu2ku banyak yg sufor, tp bonding sama mama atau papa nya ya tetep sama ga ada beda, wong namanya anak sama ibunya, malah ada anak sepupu saya juga yg full dbf sama ibunya, tp juga suka ngelawaaannn mulu, suka mukul maminya kalau dinasehatin,.. jd menurutku semua tinggal krakter dan didikan juga, bukan hanya perkara dbf atau nggak hehehe

Baca lagi
VIP Member

Anaknya usia berapa bulan bund? Hampir mirip sama aku bun untuk kasus anaknya, cuma bedanya anak ku bilirubin tinggi jadi sinar dan pake dot deh, awalnya krna expetasi aku tinggi bgt untuk dbf dan bikin ak stress sampe mau gila rasanya krna ak pompa, tapi berkat dukungan suami dokter anak aku mereka blg tanpa dbf gak masalah toh sama kok tetap asi km hanya beda di metode pemberiannya, kemudian secara pelan2 aku ubah cara pikir ak ak tanamin cara pikir ini, karna kita gak bisa memaksakan sesuatu yg emng kita gak bisa dan kita harus terima sakit atau gak nya yg kita rasain. Oia ak juga rantau bun walau ada keluarga inti juga tapi kami berdua memilih untuk yakin dengan yg pilih dan ak selalu blg ke suami plis tolong dukung aku, dan itu yg selalu dilakuin, oia krna stress ak juga jadinya ASIP+sufor sampe skrg dan untuk pola asuh dekatnya sama kita menurutku sama aja mau dbf atau dot, yg penting perlakuan kita sama anak dan bunda harus mikir atau coba perhatiin anaknya dijam tidur atau pas lagi rewel pasti dia paling nyaman sama kita itu artinya tidak ngaruh dot dan dbf. Semangat ya bund, moga dibaca krna beti kasus kita💪🏻

Baca lagi
VIP Member

aku sblm hamil udah ikut class parenting kunci kita ngurus anak itu,, tenang bun kita gaboleh kebawa suasa ini pr kita sebagai ibu, karna ala yang ibu rasakan anak dijamin ikut merasakan,,, ikatan batin jadi kalo anak rewel kita aja di dalem hati ganoleh ih rewel bgt bkin pusing ini anak bisa merasakan makanya dia ketika rewel kita diamkan gaaakan diam krna ibunya ga tenang aku pernah kan sekali tengah malem dalam keadaan super cape anakku minta nen sedangkan aku ngantuk berat aku di dalem hati ngedumel mumet anakku malahan tambah rewel tambah berontak,,, trus aku sadar eh iya tenang aku usaha tenang dengan cara ke kamar mandi slu pipis dlu, cuci muka dlu minum dlu suamiku ikut nenangin jg ga ngaruh pas aku udah rileks aku deketin anakku terus aku ksh perhatian aku ajak ngbrol sekali masuk nen udah langsung merem belum ke sedot itu nen udh tidur nyeyak bun,,, jdi kalo aku pribadi kata dr di cp aku si bener bun bnr bnr ngaruh,, jdi coba ibunya tenangin mental buang semua omongan orang aku apalagi bun di bully habis"an krna aku ga mantang

Baca lagi
VIP Member

bun tdi aku ush ngetik panjang tp krna kepencet" jdi keluar dri apknya jd ke apus intinya waktu aku ikut class parenting itu ibunya ahrus tenang karna anak ada ikatan batin kalo kita mau nenangin bayi kita sendiri panik bayi jg ngerasain dan dia malaham jadi ga nyaman malahan tambah rewel saran aku gausah perdulii. omongam orang,,, aku lebih oarah tetangga sekita ngomongin aku,,, manaan ada tetanga ngomongin aku sama bu jamu katanya ko bisa aku hbs lhiran gamau mantang" aku denger jelas walauoun mereka ngmng bahasa Jawa aku ngerti... aku mah bodo amad bun,,, tp kalo makanan emang termyata harus di control bair bagaimana pun namanya makan tetepterserap di tubuh ke bayi juga ngaruh... jdi pointnya adalah ibu harus tenang usahain biar tenang buang jauh" yg bkin pikiran ga tenang.. perbanyak dengerin shalawat, sama morutal pengajian kalo islam maaf, aku jg bgtu pas lg setres aku dengerin itu,, tp kalo setres aku tingkat tinggi aku lait video" lucu aja🤣🤣🤣

Baca lagi

nggak ada bonding ortu dinilai dari asi dan sufor. semuanya sama, mengalir kasih sayang seorang ibu. ngga ada yang bilang, anak baik2 aja kalo dia ditinggal ibunya sebab si bayi bisa bertahan minum sufor. tetap kasih sayang ibunya yang utama. ibunya yg memberikan terbaik, yg ajari, yang didik, yang beri perhatian. emang kalo kamu bikin sufor dgn terpaksa kah? kalo kamu buatnya dengan cinta yg tulus, anakmu pasti ngerti. bonding dgn anak itu ada aja caranya. enggak hanya dgn ngasih asi aja. anak dikasih asi tapi, ngga dididik dgn baik dan kasih sayang emang tumbuhnya bakalan nurit lulut plengah plengeh rajin dll? kan enggak. aku ibu susu formula. anakku lengket sama aku. mau aku ganti baju aja udah ditangisi. bonding anak itu dgn kasih sayang. apapun yg kamu lakukan buat anakmu ya dasarnya dgn kasih sayang, iman juga aku ngga nyalahin kamu atau ortumu. tapi yg aku sangkal adalah bonding orang tua sama anak masalah asi dan ngga asi

Baca lagi

masyaallah semangat Bu, sama kok aku juga gitu penghancur mental yang sesungguhnya malah ibuku sendiri aku sering banget di salahkan bahkan bayiku gumoh juga sering di salahkan di marahi padahal bayi gumoh itu wajar, gppa bun tetep di nenenin aja terus bayinya, dan bunda juga gk boleh setres karena itu sangat berpengaruh sama produksi asi dan bayi, semakin ibu gelisah semakin ibu stres bayi juga semakin rewel soalnya batin ibu dan bayi itu sangat kuat Bun, coba deh Bun sebelum menyusui bunda tenangin diri bunda dulu kasih keyakinan pada diri bunda bahwa asi bunda gk seret,bunda bisa netein bayinya, insyaallah bayinya juga bakal tenang, terus untuk orang" bunda abaikan aja kalau mereka bilang apa di iyain aja tapi gk usah di masukin ke hati gk usah di jadiin fikiran yang penting bunda fokus aja pada bayi bunda insyaallah nanti bayinya juga tenang kalau bundanya tenang

Baca lagi

hai bunda, anak saya juga bingung puting karena sempet masuk NICU. setelah keluar NICU juga anak saya gabisa dbf. awalnya saya stress, karena omongan orang yg bilang kalo ga dbf anak ga bakal bonding. tapi saya saksinya, anak saya full asi 2 tahun dgn saya cuma ekslusif pumping. tidak pernah dbf. saya pompa asinya terus dikasih dot. skrg anak saya umur 4tahun, dan bonding kok sama saya. tidur Ama saya, makan Ama saya, kalo saya ilang pasti dia nyari. padahal ada Oma, opa dan papinya yg manjain. saya nih saksi hidupnya. bahkan makin lengket pas saya lg hamil anak kedua ini. gausah takut. mau dbf, eping atopun sufor, pasti ibu ada pertimbangan nya masing2. anak itu bukan bonding karena dbf, tapi karena merasa disayangi dan dilindungi ibunya, dan dbf ya salah satu upaya yg membuat anak merasa disayangi. tutup kuping aja lah Bun dari nasehat yg aneh2.

Baca lagi

hai bun. anak ku jg pernah bingung puting smpai usia 2 bulan . karna aku capek pumping akhir nya di saat dia bangun malem atau bangun tidur aku dbf in . pokok nya pas setengah sadar . dia mau . akhir nya slma 4 hari aku paksa dbf walaupun ada drama anak nangis dlu aku biarin . pelan" sambil bisikin ke anak kalo pas udh tertidur . perbanyak bonding anak . akhir nya skrg full dbf . dot nya ga mau . walaupun repot pas nitip anak ga bisa lama. cara mengASIhi beda" bun. pernal lihat konselor katanya kalo pgn dbf hindari dot. dan belajar pelekatan jg . pernah tnya dsa . kata nya kalo udh bingput ga bakal mau dbf seterusnya . nyatanya aku berhasil bun . pelan" ya bun . semangat. jaga emosional ya bun. sangat berpengaruh ke produksi asi . dlu aku awalnya jg seret. minum asbos ttp seret . ternyata lancar asi ku terletak diemosional ku. ❤️❤️

Baca lagi