Jarak anak

Anak pertama saya sudah 2 thn 15 hari.. Menurut bunda bunda jarak yang pas untuk anak ke 2 itu.. Berapa tahun.. Soalnya takut gak bisa adil..

3 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

manusia emg ga akan bs adil bu, yg bisa adil cuma Yang Maha Kuasa. konsep 'adil' nya manusia aja bisa beda2 menurut tiap orang. 'adil' menurut ibu blm tentu sama dengan 'adil' menurut anak pertama atau adiknya nanti. menurut saya sih ada yg lbh penting utk dipikirin, misalnya: keuangan keluarga, udah siap blm utk 2 anak? ibunya sanggup urus sendiri? atau harus bayar pengasuh? atau mau minta tlg keluarga lain? si kakak mau sekolah umur berapa? berarti kan hrs siap uang sekolah, sedangkan nanti anak bayi jg punya pengeluarannya sendiri. anak 2-3 tahun jg lg fase2nya tantrum, nanti gimana sambil ngasuh anak bayi dan balita yg sedang tantrum? apakah sudah dipikirkan? dibicarakan baik2 dgn suami, mumpung masih bs direncanakan kehamilannya (bukan tidak disengaja)

Baca lagi
Expert

Hallo bunda, Secara biologis. Di jarak antara kehamilan itu , minimal 2 tahun. Tapi kalau masalah adil itu kan lebih ke mental dan spiritual yah,, Jadi minimal 2 tahun dari segi fisik ibu dan anak karena alasan ASI dan alat reproduksi.. Nah untuk secara mental,, kalau saya boleh saran 3-5 tahun.. Namun ada 1 konteks yg perlu diperhatikan. Ini bukan hanya masalah jarak, namun kesiapan ibu. Apakah secara fisik dan mental, ibu sudah siap mengasuh 2 orang anak? apa saja bekal yang sudah disiapkan secara mental.?? karena ini yang paling sering dilupakan. Apakah sudah mampu mengatasi tantrum anak pertama dengan komunikasi efektif? Komunikasi efektif itu apa, komunikasi 2 arah, pesannya sampai dengan sopan dan emosi terkendali.

Baca lagi

ya tergantung kesepakatan ibu sm suamilah mau punya anak kedua kapan. kan bikinnya berdua buuuuuu, ngurusnya jg berdua, obrolin ama lakinya