Okta Vita profile icon
PlatinumPlatinum

Okta Vita, Indonesia

Kontributor

About Okta Vita

sedang belajar menjadi istri dan ibu yang baik

Posts(10)
Replies(884)
Articles(0)

cara simple mengelola keuangan keluarga ala ibu muda

Sesimple itu mengelola keuangan keluarga ala bunda 1. Sebelum suami dapat gajian,saya buat DAFTAR DULU ni. Keperluan kita apa si di bulan ini. Mulai dari bayar cicilan, lalu beli keperluan pokok dapur (beras),kamar mandi (sabun,sampo,deterjen,pasta gigi,pewangi baju, dll), popok,listrik ,air,pulsa ,pegangan suami, transport,bensin atau beli makeup,baju baru ?,Gak lupa buat nanya ke suami,diri sendiri dan anak,ada yg mau di beli atau enggak. Kalo si.kecil biasanya mainan. Kalo udah bikin daftar kita tau tu jumlah yg harus di keluarkan berapa Setelah itu saya hitung Uang belanja dapur. Saya biasa hitung harian atau mingguan. Misalnya uang untuk sehari makan 50 ribu. Kalo weekend bisa 70 ribu. Kalo lebih saya masukin di celengan khusus (kita semua pasti jago deh kalo suruh simpan sisaan uang belanja) Kalo ada rencana buat liburan saya juga masukin di daftar bulanan 2. Begitu dapet gaji. Yang PERTAMA saya lakuin adalah NABUNG. Harus dan wajib bgt. Anggep aja lagi bayar cicilan. Jadi kesannya maksa. Gak banyak" bunda,jadi kita gak merasa keberatan. Uang tabungan itu gak boleh di utak atik. Dalam keadaan apapun. Kecuali kalo uang darurat bener" habis. Biasanya si saya masukan ATM. ATM nya saya gak masukin dompet. Soalnya Kalo masuk mall takut khilaf 3. Biasanya saya sediain toples atau kardus bekas yg saya bungkus pakai kertas kado. Yg fungsinya adalah memasukan uang darurat. Darurat gajian telat atau sakit. 3. Setelah di hitung" gaji di kurangi pengeluaran. Saya akan tau tu lebih banyak pengeluaran nya atau pemasukannya. Kalo lebih banyak pengeluaran nya,saya akan pinter" menyiasati mulai dari memangkas pengeluaran di dapur,mengurangi jatah pegangan ayah,mengalah buat gak beli makeup dan baju baru,berhemat di kebutuhan kamar mandi,mengurangi biaya liburan atau mengancel liburan kalo perlu. Kalo masih ada sisa uang biasanya saya biarin sampai bulan depan. Kalo masih sisa saya biasanya masukin di uang darurat (sedekahnya juga jgn lupa bunda ?) #KeuanganKeluargaTAP

Read more
cara simple mengelola keuangan keluarga ala ibu muda
 profile icon
Write a reply