Assalamualikum bunda mau tanya, baiknya usg usia kandungan ke brapa minggu yaa?

Soalnya saya ada yg nyaranin setelah 12 minggu /3bulanan

33 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

klo aku pribadi pas awal testpack positif bsk langsung USG untuk memastikan bener ga udh ada janin/ kantong kehamilan terus posisinya gmn ada di dalam kandungan apa enggak krn pengalaman sodara dan temen yg BO, hamil luar kandungan jd pengen memastikan sebelum terlalu terbawa uforia gitu. aku usg pertama 6 minggu baru keliatan kantung aja. USG ke 2 di 9 minggu alhamdulillah sdh keliatan janin dan detak jantungnya. abis itu rutin satu bulan sekali cek ukuran BBJ, air ketuban, posisi janin dan plasenta. detak jantung. ada moment ketuban kurang padahal sdh minum 4 liter perhari alhamdulillah ketauan di awal jd bisa di perbaiki dr posisi minim yg harus duduk, yg td nya minum air dingin coba minum air biasa dan emang ngaruh di aku jd ga gampang pipis dan akhirnya ketuban cukup sampe sekarang. ada lagi moment janin berat badannya besar 2x lipat ukuran seharusnya akhirnya harus diet, ada lg moment janin sungsang jd harus banyakin posiis child pose sama ganjel bantal biar posisinya kembali ke bawah. klo aku ngerasanya berguna bgt USG tiap bulan krn itu salah satu ikhtiar aku biar bisa jaga kesehatan janin dan diri aku sendiri, salah satu ikhtiar aku biar bisa lahiran normal. krn aku ada keturunan berat badan bayi pas lahir itu besar dr orang tua, aku sendiri lahir 4,6 kg jd emang harus lebih ekstra aja buat ngejaganya.

Baca lagi
VIP Member

Kalau sy waktu ketauan hamil langsung usg bun, waktu itu 5w… biar bisa dapet vitamin & penanganan secepat mungkin, riwayat 2x keguguran… waktu 5w memang baru keliatan kantong, bakal janinnya cuma keliatan kaya titik aja… Trus usg lagi uk 8w alhamdulillah djj udh kedeteksi, selanjutnya di uk 12w usg fetomaternal buat ngeliat kalau amit2nya ada resiko kelainan / down sindrom sekalian cek ada potensi preeklampsia atau ga… Selanjutnya usg seperti biasa per 2mgg-1bulan sekali tergantung kondisi… kalo sy di tm awal memang 2mgg sekali usg karna riwayat keguguran berulang, normalnya usg 1bulan sekali atau minimal 1x di tiap trimester bun…

Baca lagi

aq sih maklum bun kalo ada yg nyuruh usg 12w. krn byk bunda2 yg usg sekitar 4 5 w masih penebalan dinding rahim. ada yg usg 7 8 w masih kantung ky aq dulu.. aq terlihat janin pas usia 9 10 w bun.. kalo bunda penasaran dan emang siap mental y secepatnya gpp.. tp kalo bunda orgnya overthinking mendig sekitar 10 11 w aja biar bener2 ada janinnya.krn kadang kalo baru kantug si ibu suka stress sendiri kan. tp kalo mau cb usg usia dini gpp, syukur2 sudah ada janinnya.

Baca lagi

7/8 udah ada djj biasanya bu. kalo ngga bermasalah kaya flek dll, bisa juga usia 12w. udah keliatan jelas gitu janinnya. sama bisa kontrol ketubannya sekalian. yg penting mam sama mim juga aktivitasnya diperhatikan. terus sambil siapin pertanyaan2 ke dokternya kalo semisal doktermya cuma bilang, janin sehat, djj baik, ketuban ok. pokoknya keluhan dll harus dikasih tau kedokter, biar pemberian vitamin pun sesuai dan ngga nimbulin keluhan lagi.

Baca lagi
1y ago

baik terimaksih atas saran nya yaa

Waalaikumsalam Sebaiknya sih segera aja bun, di uk 7/8w sudah kelihatan janin dan terdengar djj. Usg di tm1 juga dipakai untuk menentukan hpl selain dari hpht. Apalagi kalau ada riwayat haid yg gak teratur, perhitungan uk dari hasil usg tm1 awal yg digunakan. Karena usg waktu usia kehamilan makin bertambah pasti hplnya bisa berubah2 menyesuaikan ukuran janin, tapi yg dipakai tetap dari perhitungan usg awal di tm1 bun.

Baca lagi

aku pas tau positif di uk 4/5w, Alhamdulillah udah ada kantung dan janin, usg lagi di uk 8w buat cek perkembangan, Alhamdulillah berkembang sesuai usia kehamilan, usg lagi di uk, 17w, 21w, 26w, dan terakhir di uk 30w 😅 usg buat liat jk dan posisi janin, Alhamdulillah dari 25w posisi kepala sudah di bawah 😌✨ skarang jalan 32w masyaAllah tabarrakallah 😌

Baca lagi

tau hamil langsng USG gk Pp bunda untuk memastikan saja bunda hamil didalam rahim atau di luar rahim kalau bunda hamil di dalam rahim kan lega ke bundanya jadi next mo USG di usia berpa aja bunda 12 w jg gkpp.. kalau bunda hamil di luar rahim kan biar segera di tindak biar gak bahaya ke bundanya

aku jg sama bun, orang² nyaranin nanti aja diatas 12w baru USG, tp aku nya msh ada rasa khawatir kalo blm bener² memastikan kandungan aku, karna takutnya (amit²) hamil diluar kandungan atau kendala yg lainnya. Alhamdulillah aku USG usia 8w sdh ada janin dan djj nya.

lebih baik usahakan untuk usg d tm1 bu.. minimal 1x tm1... biar nanti ibu g bingung ngitung usia kehamilannya... sekalipun haidnya teratur lebih baik ada usg d tm1.. karena d awal trimester dokter bisa mendeteksi klo ada hal2 yg g baik terkait kondisi janinnya

paling bgs usia 7 atau 8 mgu. ngecek posisi janin d luar atau dlm kandungan. djj nya terdgr lum dan ngecek hpl nya kpn.. krn hpl paling tepat d usg pertama d TM 1. klo uda d atas 13w itu ud tm 2. dan d sarankan tiap tm itu usg 1x kcuali tm 3, 2x.