mudik - bayi

saya punya bayi usia 5bulan skrg, suami kekeh pengen mudik karena kangen sama sodara2nya .. perjalanan sekitar 3-4 jam atau bahkan bisa lebih kalau pakai motor karena macet, kalau naik kereta sekitar 2jam. nah pas kemarin saya pesan tiket kereta ternyata sudah habis . naik bis saya gak nyaman karena bawa bayi (soalnya kalau naik bis lebih ribet jurusannya). terus suami pengennya mudik pakai motor . saya gak setuju karena khawatir sama bayi saya, suami malah menyangka kalau saya gak mau ketemu sama sodara2 nya . .padahal yg dimaksud saya itu ttg kelamatan dan kesehatan si bayi .. bingung setiap kali bahas selalu jadi berantem.

36 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bayinya pernah ikut perjalanan jauh gak bun sblm ny? Klo pernah gpp, klo blm pernah, pastikan saat mudik naik motor bayi: 1. di buat nyaman antara ibu dan bayi saat menggendong dlm perjalanan. 2. persiapkan keperluannya slama di perjalanan (botol susu 2, susu, pempes, tissu basah) mudah di ambil. 3. Pake baju tangan panjang (jangan yg tebal), celana panjang, kaos kaki (kalo bisa pake sepatu) lalu pake topi ini penting biar gak kepanasan. Dan sediakan kain pada gendongan utk nutupin panas. Jangan terlalu rapat beri udara pernapasan utk bayi. 4. Utk ibu usahakan pakai sepatu sneaker agar nyaman di motor. Itu pengalaman saya saat mudik Selama 6-7 jam naik motor bersama bayi saat ini 4 bulan.

Baca lagi
5y ago

Oh ya, usahakan kalo terasa lelah capek baik itu ayah atau bunda harus istirahat ya minimal 30 menit, jangan dipaksakan. Dan saat istirahat beri bayi susu dan makan pada posisi tidur (lepas dari gendongan agar selangkangannya gak sakit)

ini pengalaman saya ya, waktu umur sebulan babyku di bawa dari jogja ke kebumen pake motor, perjalanan sekitar 2-3jam malah lebih karna harus berhenti klo dedeknya ngerengek minta nenen. ini juga permintaan suami buat pergi pake motor, saya ya sebagai istri ngikut aja sambil berdoa semoga ga kenapa2. Alhamdulillah anak saya sekarang umur 3 bulan, sehat dan aktif banget. klo mau mudik pake apapun kendaraannya dipersiapkan segala kebutuhan dedeknya. siapin mental dan kesehatan juga. Allah nyiptain bayi lucu itu ga sesederhana dan serapuh kelihatannya

Baca lagi

naek travel saja Bun, kasian si baby... utamakan keselamatan dan kesehatan si baby Bun.., mudiknya kemana Bun? baby saya juga usia 5 bln, kita mudik dr Malang ke Jombang setelah itu dr Jombang ke Lumajang, naek kendaraan pribadi tapi semua dikembalikan ke kondisi anak bun. kalau gak memungkinkan untuk mudik walaupun sdh ada kendaraan sendiri mending milih lebaran di tempat perantauan.. hehe kalau si suami masih kekeh ingin mudik naek motor, suruh naek motor sendiri aja bun, bunda sama baby naek travel..

Baca lagi

kasian dedeknya sih, kalo mau ibun pulang duluan pake mode transportasi lain .. dan harusnya suaminya juga kalo mau pulang kampung mestinya bikin rencana jauh2 hari gimananiii 🤦 biar ga keabisan tiket kereta. skrg kan harus book 3bulan sblm minimal biar kebagian, dan persaingannya keras banged wkwk saran sih ttp omong baik2 dan kalo emg mau keukeuh brngkt cari waktu / jalan yg aman biar dedenya ngga panas / kena asep dan debu jalanan :"3

Baca lagi

Sebelum mudik, coba ibu konsultasikan ke dokter anak dl dan jgn lupa ajak ayahnya. Supaya nanti kalo dokter anak tidak menyarankan mudik naik motor, ayahnya bisa melunak. Menurut saya pribadi kasian bayinya kl harus kena polusi berjam - jam begitu dan dia juga pasti nggak nyaman karena ruang geraknya terbatas. Mungkin bisa ditunda mudiknya setelah lebaran supaya dapet tiket kereta. Tapi kembali lagi, pilihan ada di tangan orangtua si bayi

Baca lagi

Ya coba aja bun ikutin kata suami paksain aja mudik, kan suami mikirin dirinya sendiri gak mikirin anaknya, iya bunda sayang sama bayinya tapikan suami bunda gak sayang sama anak😅 jadi mending ikut mudik pake motor, tar kalo bayinya ada apa2 sama kesehatannya enak tuh tinggal nyalahin suaminya tinggal bilang gak becus jadi ayah😅 selesai deh gak perlu debat2 lagi bun.. Daripada batin punya suami kaga ngertiin anak begitu

Baca lagi

Suami g salah sih namanya kange sodara n juga mgkin mau "pamer" ank... ank kan kebanggaan 😄 Bun supaya g salah paham coba ngomong pelan2 blng kalau bunda takut ank kena angin kenceng polusi n panas matahari kalau ttp bunda disangkanya g mau mudik, bunda coba k dok spesialis anak. Berdalih aja ^ngecek kesehatan ank^ insya allah d sana d ksh wejangan..

Baca lagi

Saya dri hamil 4 bulan mudik 5 jam klo gk macet.. dan kmrn pas umur 4 bulan jg saya mudik skrg jg umur 6 bulan saya bawa mudik jg.. yg pnting kita bnyk2 istrhat dan pelan2 aja bun.. kasian msh baby.. Bismilah aja.. saya jg naek motor.. saya mnta naek mbil jg gk blh maunya d antr biar keliatan sma suami selamat sampai tujuan.. alhmdulilah..

Baca lagi

anak aku juga 5 bulan, aku pesen tiket keretanya 3 bulan sebum lebaran jadi Alhamdulillah dapet, suami juga tadinya ngajakin naik motor kalo naik motor perjalanan 4-5 jam itu bawa anak, kalo naik kereta lebih cepet 3-4 jam tapi aku gak setujulah masih 5 hulan kasian anginnya kan gede kalo naik motormah ngeri juga..

Baca lagi

Saya juga mau mudik bun nyampe sekitar 4-5jam bun , pakai sepeda motor juga , anak saya mau 3 bulan , kalau saya g mudik gak enak sendiri soalnya g pernah kerumah mertua . Saya beranikan diri z soalnya temanku uda pengalaman perjalanan 4-5jam dan usia anak masih 2bulan , semoga selamat sampai tujuan.

Baca lagi