saat hamil susah BAB bahaya atau tidak?

saya ingin bercerita sdikit ke bunda2 siapa tau ada yg sama2 merasakan apa yg aku rasakan biar bisa saling sharing ap aj yg hrus dilkukan. kehamilan saya masih 8w .. tp saya sering mengejan saat saya susah buang angin dan BAB. dan setiap saya mengejan perut bawah saya selalu berasa keras. yg saya ingin tanyakan. berbahaya gak ya bun untuk baby jika saya mengejan terlalu sering krna saya susah buang angin atau BAB? mohon penjelasannya ya bun siapa tau ada yg tau cara ny mengatasi susah buang angin atau BAB tnpa perlu mengejan. trims?

16 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya pernah dan konsul ke dokter SpOG.dikasih obat sirup namanya laxadine dan obat luar namanya fleet enema.untuk laxadine, baru saya minum sekali, feses Alhamdulillah keluar.untuk ngeden, kata dokter saya g ada pengaruhnya sama janin.alhamdulillah janin saya sehat dan aktif gerak..untuk laxadine, dokter saya bilang boleh minum kapan aja, dan dihentikan saat mulai diare.lebih baik konsul ke dokter SpOG nya aja deh.kondisi tubuh masing2 ibu hamil kan beda

Baca lagi
6y ago

iya bund trimakasih sarannya🙏

sy jg hamil 8w bun. sempat beberapa hari gak bs bab. ada kali 4 hari sm skli gak bs bab. dibawa makan pepaya yogurt yakult dll gak mempan. mempan tp sakit pas BAB. trs sy coba bikin infused water kurma. alhamdulillah besokannya langsung lancar BAB tnpa mengejan n tanpa sakit.

sama bun aku juga 8 week susah bab.. sdah mkan buah sayur tetap aja gak rutin. . kadang perutnya suka ngap2 mngkin gara bab gak lancar.. apa lagi aku hamil nya gak muntah apa aja msuk makanan klw gak mkan atau ngemil malahan yg mual..

5y ago

sama bun saya juga

selain perbanyak makan sayur dan buah, coba bunda minum vitamin hamilnya pake folamil genio, aku termasuk yg susah bab orgnya tp setelah hamil dan konsumsi folamil selama kehamilan ini alhamdulillah ga susah lg bab lancar😉

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-103157)

Kalau bisa jangan ngejan bun, aku dlu waktu kandungan umur segitu juga susah bab akhirnya sering makan buah naga sama pepaya masak baru lancar karna dokter saranin begitu

VIP Member

aku awal hamil juga agak susah BAB, bnyak2in makan makanan berserat bun, pepaya itu bagus buat melancarkan BAB. yang penting konsumsi makanan berserat sayur2an juga jgn lupa.

6y ago

Ya cari yang lain bun. Pisang mgkn jg bisa. Buah2an yg kaya akan serat pokoknya.

saya jga gitu bun kadang² susah bab tapi saya banyakin mkn buah dan sayur insyaallah pencernaan jadi lancar dan banyak konsumsi pisang atau pepaya itu bagus bun?

6y ago

iya bun saat ini saya konsumsi pisang. kl pepaya saya sudah cb tpi hasilny di muntahin

dibanyakin makan buah buahan Bun setiap hari inshaAllah bab lancar kok, makan sayuran nya juga dan gizi lainnya supaya baby tercukupi kebutuhan gizi nya.

6y ago

trimakasih bunda infonya🙏🙏

pisang Lampung Bun bab lebih gampang😌 ku sudah buktikan tiap abis makan pisang 3 aja galama bab . itu pisang nya yg kecil* tapi manis bun