6 bulan bayiku di sapih

Salam kenal,selamat malam semuanya,anak sy umur 6 bulan sy sapih karna sy sedang mengandung lagi(hamil)awal nya sy tetep kasih asi,tp ibu sy ngelarang ngasih karna ga baik buat gizi bayi sy,hati perih bgt liat nya setiap mau tidur nyariin nenen bunda nya.sybkasih umpet" sblum kasih susu formula biasa saja tapi badannya lemas dan BB berkurang,setelah ksh formula sy ksh kesian dan ksh ASI sy tp malah muntah dan ky mual bayi sy.sebelumnya sy juga belum tanya ke bidan. Apa ada yg seperti sy? Dan bagaimana menyikapi seperti ini? Sy ga tega sama bayi sy.

6 bulan bayiku di sapih
56 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sya juga gitu. Pas 1 th anak prtama sya hamil. Tapi tetap saya susuin sampai 4 bulan kehamilan saya. Anak berhenti sendiri tanpa saya sapih. Emang sih anak sempat demam sebelumnya. Saya susuin tapi gak mau dihisapnya. Saya gak mau maksa anak buat di sapih. Alhamdulillah dia nyapih sendiri. Kalo ibu tetap mau nyusuin anaknya, gpp susuin aja. Bahkan dokter kandungan saya blg gpp tetap disusuin anaknya, itu hak anak. Tunggu aja sampai berhenti sendiri.. Bahkan saya baca² di gugel, ada kok ibu yg mnyusuin anaknya smpe mlahirkan. Ada juga saya baca menyusuin anak ketika hamil itu bkin hbgn prsaudaraan jadi dekat (anak jadi salig berbagi)

Baca lagi
5y ago

Saya juga dari umur 1 th dah saya ksih sufor. Jadinya malam² rewel mgkn masa pengalihan nya jg. Minta nenen tp ga di hisap. Siang² sya kasih susu uht/sufor jadi Alhamdulillah malamnya dah terbiasa aja dia utk mnum sufor.

Saya pernah baca artikel seorang ibu yg nunggu pembukaan saat melahirkan dy sempet nyusuin anaknya dl, memang kejadiannya bukan di Indonesia tp emng bundanya hrus yalin bs menuhin nutrisi kedua nya,, makannya harus yg penuh nutrisi, semua balik lg k bunda, kalau memang merasa ga yakin bs memenuhi nutrisi untuk ke 2 nya, si dede yg d perut ga bs dpt nutrisi lain dr bunda, tp si kk insyaAllah lama2 akan trbiasa dgn sufor nya bund,, semangat ya bunda bukan hal mudah hamil dan ngurus anak msih baby bersamaan, jalanin dan nikmatin masa2 ini, kalau d bikin stres nnti malah ga bagus buat keduanya.

Baca lagi

Aku mbak , anak baru 4bulan saya hamil lagi, pdhl lagi menyusui, awalnya dia gendut bgt makin kesini jadi kurus karna kurang asi, asi jadi seret, dia gamau sufor maunya nenen bunda, ortu , bidan nyuruh berenti nenen, tapi saya gak tega jadi hamil sambil menyusui sampe skrg saya hamil 9bln dan dia udah 1thn 😁 allhmdllh skrg sudah gendut lagi sehat makin aktif lahap makannya 🙏🏻

Baca lagi

Sy dlu hamil anak ke 3 pas anak ke 2 sy di usia 18 bln dan masi Asi..sy ttp nyusuin anak sy sampai usia kehamilan sy d usia 5 bln..aq udah konsul dokter katany ngk papa Asi saat hamil..di UK 6 bln anak ke 2 terpaksa sy sapih krn produksi Asi sy spt ny berkurang...itu pengalaman sy bun..skarang anak ke 3 sy udah umur 1 bln..

Baca lagi
VIP Member

Memang ada kemungkinan bayi dlm perut bisa kurang gizi, trus ada jg ketika kita hamil, asi kita jadi lain, karena perubahan dalam tubuh kita membuat bayi kita jd gk mau nyusu, ada yg gitu juga. Bagus nya cek kondisi ke dsa, di tnya bisa lanjut menyusui gk, atau bagusan kasi sufor. Dr pada bayi nya turun lg bb nya.

Baca lagi

Bunda bayi diatas umur 6 bulan bukan sudah tidak butuh asi lagi tapi butuh makanan pendamping asi. Harusnya tetap di beri asi saja bun. Karna nutrisi dari asi itu tetap utk si bayi sementara janin tdk ada hubungan dg kwalitas asi krn janin mengambil nutrisi dari apa yg dimakan ibu.

VIP Member

setau saya kta dokter gaboleh klo lg hamil trus menyusui anaknya. krna yg dijanin nnti cuman dpat ampasnya aja jdi gizinya ga dpet. makanya dlrang lg hamil ttp menyusui. kan anaknya yg prtma bsa dkash gizi n makanan dri luar. klo yg dijaninkan cman ngandelin dri ibunya aja.

Saya hamil anak ke 2 dan masih ngeASI bun usia kakakny 14bln, soalny sama sekali gk kenal sufor jd susah mw nyapih, dilarang ortu ksh asi tp saya bilg gpp. Hny kendalanya dia klo tidur nyusunya lama mgkn krn produksi asi berkurang jd perih sekali PD tp saya ttp susukan☺

VIP Member

Hamil tetap menyusui boleh bu dgn catatan tdk ada kontraksi :) konsul dgn ahli laktasi spog atau dsa jangan sama bidan serta jangan dari katanya yg ini yg itu. Gizi asi sama tdk berubah sekalipun lagi hamil walau sdg asi exklusif.

Duh.konsul ke dokter dulu bun. Saya aja hamil ttp menyusui si kakak nya smpe saya hamil 6 bulan baru saya lepas asi. Krn saya gk ada ngflek dan keluhan lain biasanya tdk ada mslh buat ksh asi terus k anak pertama.kasian bgt msh 6 bln.