Perlukah beli pompa asi sebelum melahirkan?

Pompa asi, dot & sterilizer perlu dibeli sebelum lahiran atau setelah lahiran aja bun? Tolong sarannya ya bun🙏 Posisi saya irt, dgn pertimbangan belum tau nanti proses dbf lancar/tidak Soalnya dari awal hamil saya ketakutan tiap ada yg cerita puting luka saat dbf, baru bayangin aja saya ngga kuat rasanya sampe" kebawa mimpi. Sama suami disuruh eping aja kalo memang menyakitkan, tp saya lagi berusaha cari konselor laktasi bun biar bisa full dbf #bantusharing #firstmom

32 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya juga irt bun, dari awal emg udh yakin banget mau dbf jdi ga beli. saya ga prnah takut sih mslah puting luka, krna teman2 saya yg eping pun banyak yg putingny luka malah sampe masitis krna alat pompany ga cocok sama payudara. cuman pas anak prtma lahir krna saya minim pengetahuan tntg asi dan menyusui dtmbah tmpat saya lahiran ga support asi jdilah anak saya baru lahir udh dikasih dot dan sufor krna kendala puting saya masuk kedalam dan bayi sulit menyusui di saya. akhirny krna ga prnah disusui lgsg asi saya malah ga keluar, pdhal rangsangan dari mulut bayi yg bisa bikin asi kita keluar. saya tau tntg ini pas bayi udh lahir krna waktu hamil saya bener2 ga bljar tntg asi dan menyusui. terus bayi baru lahir tuh sbnerny kebutuhan asiny sdkit, cuman 5 ml/1sdm. jdi kalau ada ibu yg asiny eblum keluar tuh sbnerny bukan ga keluar tapi emg sdkit keluarnya. kebayang ga belum coba dihisap bayi, tapi sama kita udh dipompa aja asi ny yg cuman ngebasahin botol, yg kalau dikumpulin mgkn ada itu 1 sdm. kan sayang, lebih baik yg 1 sdm asi kita itu masuk k perut bayi dripda ngebasahin botol dot aja. jdi saran saya untk bunda, dari pengalaman saya menyusui ga semenakutkan itu kok. puting lecet cuman salah satu dri perjuangan aja, demi anak loh bun. ga lama kok, cuman 2 tahun aja menyusui tuh.. perbanyak bljar tntg ilmu asi dan menyusui, yakin juga sama diri sndri kalau kita bisa menyusui apalagi posisiny irt, tonton acara yg positif tntg menyusui kalau menyusui itu membahagiakan ga semenakutkan yg bunda bayangkan biar mindset kita juga berubah. semangat yaaa

Baca lagi
1mo ago

sama Bun kaya aku, minim banget pengetahuan tentang asi, yg dibayanganku dbf itu gampang ternyata bikin aku stress ketakutan baby ga kenyang, nyesel kenapa baru belajar ttg mengAsihi setelah anak ku lahir

kl irt dan berencana memberikan asi scr dbf, gaperlu beli dr skrg bun. liat nnti aja kl emg ternyata butuh, baru beli. keburu kok, aku jg dulu beli dadakan krn ternyata butuh pompa buat mancing produksi asi sbnrnya yg bikin sakit cm di bbrp hari awal aja kok buun krn puting kita baru pertama "dipake" kan. nah yg sampe bikin sengsara itu kl peleketan debay ga bener bener, memang bakal bikin sakit & lecet trs bahkan bisa sampe luka dan berdarah. nah itu gunanya konselor laktasi nnti untuk ngajarin bunda pelekatan yg bener, kl udh bener, menyusui tuh hrsnya ngga sakit samsek. krn puting kita jauhh masuk ke pangkal mulut bayi jd ga dikenyot sbrnnya, yg kena gusi bayi tuh hrsnya aerola. kl ada budget dan waktu, aku recommend bunda ikut kelas menyusui deh, biar ada bayangan dan udh tau konsep2nya. jd nnti tinggal praktek aja pas udh ada bayinya, kl masih kesulitan, baru ke konselor. semangattt yuuk💪🏻diusahakan dbf aja dulu nnti yaa, krn memang lbh banyak benefitnyaa. apalagi bunda kan dirumah aja ga kemana2. sayang sih kl eping cm gara2 takut sakit hehe nikmat bgt lhoo nyusuin bayi dbf didada kita sambil tatap2an, bikin mellow dan senyum2 sendiri🥹🥹🥹

Baca lagi
1mo ago

udh 2tahun bun udh disapihhh haha masih salah buun pelekatannya? usia brp anaknya skrg? udh cb ke konselor laktasi atau dsa blm? biar dikoreksi langsung. aku dulu sblm 2minggu kayanya udh lumayan ga perih2 lg putingnya, pelekatan udh lumayan cuman masi kurang lep aja masuknya pas dikoreksi kata dsa/konselor laktasi ku waktu kontrol 1bulan. kl blm sempurna pelekatannya ngaruh ke produksi asi jg soalnya, krn asi nya ga keluar maksimal

aku irt juga bun, aku ga persiapan apa2 tentang per asian. aku ga beli pompa asi dan dot, maupun sterilizer karena aku yakin aku bisa full dbf buat anakku. alhamdulillah 12 jam setelah lahiran aku langsung demam dan pd terasa penuh dan kenceng, ternyata udah mulai muncul benih2 asi.. karena anakku waktu lahir masuk nicu krn bblr jadi aku beli dot dadakan, trus krn harus dipompa juga asinya krn aku udah demam dan pd nyeri banget untungnya ada temen suami yg minjemin pompa asi selama di rs kemarin. anakku udh 26 hari, aku jarang banget pumping krn anakku maa syaa Allah nyusu terus sampe pd terasa kosong, paling klo aku mau pergi sebentar baru aku pumping buat nyimpen stok asi klo aku belum pulang. jadi kalau mau beli ya gapapa bun, toh sama2 kepake kok. pompa asi dipakai bisa setelah dbf buat bener2 ngosongin pd atau saat si adik pules dan pd udah terasa penuh. dot juga meskipun kepake sebentar krn dbf gaada salahnya buat beli juga kok bunn. jangan takut mengAsihi yaa bunn, kalau pelekatannya baik insya Allah gaakan sakit kokk, kalo pun hrs luka skrg udah banyak obat yg aman hihii semangat bundaa 🙌

Baca lagi
TapFluencer

Kalau menurutku di siapkan aja bun. Pompa asi bisa dipakai buat bantu stimulasi asi makin banyak kalau disertai dengan DBF. Kalau kelelahan, malam bisa gantian sama paksu atau keluarga buat ngasih ASIP. Sesekali harus keluar ada kepentingan, punya stok ASIP dirumah. Kalau masalah lecet, ga semuanya sih bun. Aku termasuk yang aman tanpa lecet, tapi memang lumayan sensitif PD nya. Memang pas habis melahirkan badan pada sakit semua dan termasuk puting yang agak sensitif. Menurutku pelajari cara pelekatan DBF supaya puting ga lecet. Menurutku agak perih, namanya awal2 menyusui yang mana sebelumnya pembuluh ya ga ada asi, sekarang produksi asi dan keluar asi. Banyak nonton YouTube aja bun cara menyusui dan persiapan mental setelah melahirkan. Jangan lupa minta dukungan paksu, buat bisa asi eksklusif. Selalu afirmasi positif buat ibu dan debay nya.

Baca lagi

Menurut saya perlu, tapi mau beli sebelum atau sesudah melahirkan disesuaikan aja bun. Siapa tau dan semoga menyusuinya tanpa drama. Mau cerita pengalaman karena Saya IRT dan awalnya rencana full dbf. Seminggu pertama ternyata puting lecet dan berdarah. Periksa ke konselor, dilihat pelekatannya dan disuggest mix pumping. Sekarang malah terbantu banget punya stok ASIP, kalau malam udah capek banget, suami yang nyusuin ASIP pakai dot. Tp ga melulu krn puting lecet kok bun, just in case bunda kelebihan atau kekurangan ASI pompa asi bisa berguna. Banyak2 cari info tentang menyusui aja bun, udah bagus tu kalau didampingi konselor laktasi.. semoga dipermudah mengASIhinya bun..

Baca lagi

kalo mau coba full dbf si pompa asi malah penting menurut aku, karna pas nyusuin tuh kadang PD udh penuh udh kenceng sampe ngebet ngebet ehh baby nya ga minta nen, dibangunin juga nennya sedikit. jadi harus pompa setelah pompa langsung enak bgt, bisa stok asi juga kan jadinya biar sewaktu waktu kita urgent mau pergi kemana yg harus ninggalin baby pun ada stok asi kita, jadinya ga harus kasi sufor. sepengalaman saya puting lecet cuma sebentar Bun sembuhnya cepet apalagi kan pas nen kita liatin wajah anak jadi makin ga berasa si sakitnya. itu kalo saya yaa hehe kalo kamu masih ragu si nanti nanti aja belinya, coba dbf dulu deh takutnya kamu trauma puting lecet

Baca lagi

Saran bun sewa aja dulu alat pompa, soalnya alat pompa katanya cocok cocokan. Tapi menurut aku stok susu juga penting ada di kulkas, soalnya ga ada yang tau kedepannya kita nanti ninggalin anak berhari hari. Aku pakai pompa ini sih https://shope.ee/2q7zv8bjM7 langsung cocok. Sama asi boosternya ini https://shope.ee/7UtpTmVTnD dan ini https://shope.ee/9KLTfBNcim . Tapi sebenrnya ga masalah juga loh kamu irt minumin susu anak lewat botol. Karena aku juga pernah ngalamin lecet sampe rasanya masyaallah banget akhirnya bayi aku kasi ASI hasil pumpingan. Bayinya sampe sekarang minum dot hasil pumpingan sehat sehat aja bunnnn bb juga aman banget

Baca lagi

Saya IRT, semua saya beli setelah lahiran krn ternyata butuh bun. Pompa ASI beli dadakan bgt yg elektrik krn punya yg manual tapi ga mantep, dan anak saya waktu itu sempet masuk Perina jadi mesti sat set pumping buat ASIP. Sterilizer baru beli pas anaknya 3 bulanan keatas, saya butuh krn kami sering mobile bolak balik keluar kota. Takut dan worry itu wajar, tapi harus usahakan tetap tenang ya krn salah satu kunci dbf lancar itu dari ibu yg tenang dan happy. Sambil jalan Insya Allah bisa dilalui dengan baik, semoga lancar2 ya bun

Baca lagi

saya beli pompa mocababy ga bikin puting luka, awal² dbf puting nya luka sampe demam akhirnya ketolong pompa jujur klo mau dbf full jgn sekali² ngasih dot ke anak soalnya itu bibit masalah, aku sekali kasih dot ke anak krn mertua pengen bareng anak aku disuruh sediain asi eh malah jd keterusan bukan krn bingput, melainkan si adek skrg klo nenen ke aku kaya ga kenyang² dan asi nya numpuk berakhir bengkak yg penting lg beli penampung asi bun, penting bgt biar rembesan nya ga kemana² sayang soalnya

Baca lagi

sharing aja ya bund, saya jg dulu nunda2 beli itu semua, karena saya pikir nggak butuh, tapi ternyata kondisi saya mengharuskan pumping soalnya asinya terlalu banyak bahkan diawal2 udah banyak bgt rembes dan bengkak bgt payudaranya, akhirnya beli pumping, trus masalah dot saya juga ga pgn anak pake dot tapi qodarullah ada kondisi yg mengharuskan pake dot. jadi saran saya dilihat dulu nanti butuh atau enggaknya, semangat mom

Baca lagi