Playgroup sebelum TK, perlukah?
Voice your Opinion
Ya
Tidak

35937 merespon

159 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalau anak saya, dirumah suka bermain sama ayah bunda.. Anak saya ngak ada teman jadi saya suka nemenin karna kita baru pindah, orang dagang rumahnya juga ngak ada tetangga.. Jadi saya dan suami suka kompak ajarin.. Pas mau masuk TK kirain bakal nangis ditinggalin takutnya ngak bisa sosialisasi. Karna anaknya memang pendiam banget... Takutnya ada apa2 dia ngak bilang dan itu sering.. Tapi pas mulai masuk TK hari pertama saja Bundanya disuruh pulang.. Sempat kaget.. Mandirinya luar biasa.. Yg lain dijaga sampai seminggu.. Saya disuruh pulang.. Sampe rumahpun walau ngak ditanya dia cerita sendiri keadaan disekolah.. Ternyata semua tergantung anaknya Bun... Walau kita takut dia ngak bisa sosialisasi..tapi belum tentu juga.. Bisa saja sebaliknya.. 😊😊😊😊 Jangan lupa anaknya sering di ajak bicara.. 😊😊😊

Baca lagi
Post reply image

Sebenernya tergantung situasi dan kondisi ya, jika situasi ortu mendukung buat membersamai anak smpai usia TK sebenernya tdk perlu ikut paud.. dannjika memang kondisi anak blm menunjukann blm mau sekolah.. krna klo dipaksa malah takutnya naka stress. Tapi klo situasi dan kondisi tdk mendukung misal ortu keduanya bekerja dan tdk memungkinkan menyediakan lingkungan yg nyamannbuat anak bermain ketika ditinggal bekerja, paud jd pilihan yang bijaksana menurut saya. Tp ttp harus mempertimbangkan kondisi anak apakah dia bersedia masuk paud atau tidak

Baca lagi

Malah suami saya pengennya anak fokus ke Qur'an dan ilmu agama aja,, pendidikan bisa ambil paket.. Karena dia lama hidup di timur tengah kebanyakan anak habib dan syekh disana seperti itu fokus ke 2 tadi.. Keinginan orang tua emng beda2,, tapi insyaAllah itu yg terbaik menurutku dan suami Sekarang banyak anak atau beberapa anak mempunyai pendidikan tinggi tapi tidak tau cara memuliakan orang tua, tidak tau adab dengan orang yang lebih tua dn masih banyak lagi..

Baca lagi
4y ago

Betul umm.. aku setuju

VIP Member

awalnya saya mikir perlu, tapi setelah mendengar pemaparan dari psikolog anak. Jangan terburu-buru menyekolahkan anak, saya jadi urung. mrnurut belius, rasa empati anaklah yang harus ditumbuhkan terlebih dahulu, dan juga membiarkan anak berlama-lam dirumah(sebelum sekolah) itu baik saya juga pernah baca, di negera eropa bahkan mulai melmulai sekolah di usia 8 tahun. 7 tahun pada umumnya, dan sedikit di usia 6 tahun.

Baca lagi

Menurut aku perlu sih supaya anaknya belajar bersosialisasi, belajar bermain dengan anak2 lain dengan harapan dia terbiasa dan gak takut ketemu banyak orang. Udah diobrolin sama suami, dan dia setuju untuk masukin playgroup kalau anaknya udah 1 tahun. Kalau anakku setiap hari seharian cuman sama ibunya terus, dan malamnya ktmu papa nya yg pulang kerja. Aku khawatir nanti nya dia akan takut ketemu orang lain.

Baca lagi

tergantung kemampuan anak,,aq anak pertama umur 20bln dah bs baca sm nulis dan anak'y pgn msk skola,,jd d skolahin dan alhamdulillah bs ngikutin,,yg k 2 mlh g mw skolah,,bljr aja msh blm mampu ngikutin,pdhl mw 3th πŸ˜‚πŸ˜‚ jd balik lg,,tergantung kemampuan anak,,jgn d paksakan,krn bakal ada dmpak negative k anak'y nanti..misal'y pas msk SD jd males skolah/bljr krn bosen dr kcl dah bljr.

Baca lagi

aq pengen ny..anakq smpe waktuny masuk tk,dalam full pengawasan n pembelajaran dri aq sendiri..insyaAllah sdg berusaha belajar ttg parenting yg baik..selain irit mslh dana..yg terpenting adl menjaga kedekatan dg anak,karna terkadang anak masuk playgroup jd lebih nurut sama guruny,dan aq ga akan bisa deh kayakny klo gtu..yg pasti,aq ga mau kehilangan masa2 emas pertumbuhan anakq

Baca lagi

Menurut saya tidak. Karena pada dasar nya di paud atau tk pun mereka bermain. Namun diiringi dengan belajar. Jadi bermain sambil belajar. Apalagi nnti juga akan diterapkan untuk paud atau tk diharuskan bermain sambil belajar, jadi udh gaada lagi calistung. Kecuali jika ia sudah cukup umur untuk melakukan calistung. Atau sang anak sudah memasuki pra operasional konkret

Baca lagi
TapFluencer

Kalau saya gk perlu.. lebih baik seumuran playgroup di kenalkan Dngan pendekatan Agama saja, seperti kelompok mengaji di TPA, lebih ke pendidikan karakter saja Dn juga biar anak2 tidak terlalu bosan dngan rutinitas sekolah.. pas SD jadi malas malasan pergi sekolahnya. Karna anak sudah lelah berkutat di masa pra sekolah.

Baca lagi
VIP Member

Aku tim anak bermain di rumah saja sama ibu, terutama usia 0-3 th. Pas sudah 3 th, baru cari kegiatan di luar untuk mengasah sosialisasinya, usia 4.5-5th masuk TK. Namun semua tergantung keadaan rumah masing2 ya, kalau ibu bekerja dan takut anak kurang stimulasi di rumah, its ok better masuk playgroup menurutku.

Baca lagi