Depresi Pasca Melahirkan

Pernahkah Bun, pasca melahirkan tiba-tiba menangis? Dan itu yang saya rasakan pasca melahirkan anak pertama, ketika menatap wajah bayi tiba-tiba saya merasa sedih, merasa khawatir. Seolah saya selalu merasa sendirian merawat dan mengurus bayi, kekhawatiran yang sangat berlebihan. Dalam pikiran selain khawatir tidak bisa mengurus bayi bahkan saya pernah terlintas bagaimana jika saya harus meninggalkan bayi yang hanya dirawat oleh seorang Ayah saja. Saya sering menangis tidak jelas. Awalnya suami bingung dan aneh, namun kemudian pelan-pelan suami mengambil peranan besar. Suami banyak membantu merawat bayi kami, bahkan suami sering membantu tugas domestik dirumah. Perlahan rasa khawatir itu hilang, namun jika fisik dan pikiran saya lelah, sampai sekarang saya masih tiba-tiba menangis tidak jelas. Salah satu yang saya lakukan untuk mengurangi depresi yaitu banyak komunikasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman mempunyai anak. Jangan sungkan berbagi cerita juga. #KesehatanMentalTAP

Depresi Pasca Melahirkan
21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Baby blues syndrome merupakan reaksi yang wajar pada ibu pasca melahirkan asal gejalanya muncul nggak lebih dari 2 minggu pertama pasca persalinan.. Penyebabnya ada banyak bund.., bisa karena perubahan hormon pada ibu, perubahan peran (tekanan menjadi ibu baru), kelelahan, kurang tidur, ada masalah keluarga, kurang dukungan, dll... Kalo stress pasca persalinan nggak dikelola dengan baik, baby blues bisa berkembang jadi depresi atau gangguan jiwa berat.. Nah... cara mencegah masalah psikologis pasca persalinan ada banyak : 1. Mulai minta dukungan & bantuan keluarga sebelum proses melahirkan. 2. Suami siaga nggak hanya selama kehamilan, tapi juga pasca istri bersalin. Bisa ikut memantau perubahan emosi/ perilaku istri pasca melahirkan, ikutan ngasuh anak atau bantuin bersih2 rumah, nyuci2... ๐Ÿ˜ 3. persiapkan mental dan pengetahuan seputar perawatan dan kesehatan bayi. 4. berolahraga ringan secara teratur 5. makan makanan sehat dengan gizi seimbang 6. hindari rokok dan alkohol 7. nggak perlu bercita-cita jadi ibu yg sempurna 8. buat hal2 yang ibu rencanakan dengan skala prioritas dan tetapkan target 9. Istirahat cukup (kalo bayinya bobo', ikutan bobo' aja, biar nggak cape') ๐Ÿ˜Š

Baca lagi
4y ago

MaasyaAllah lengkap sekali, terimakasih bunda atas ilmu dan sarannyaโ˜บ

pernah bund, pernah berniat tenggelem di bak mandi. saya tinggal di rumah mamer. krn cucu pertama, adek dibawa2 terus sama eyangnya. siang bobok di kasur eyangnya, malam tidur sama eyangnya. seminggu kemudian billirubinnya tinggi dan harus di opname. saya dimarahi suami, saya bilang : adek aja di bawa terus sama eyangnya gimana mau nyusuin? aku minta ga boleh krn lg nyenyak boboknya di kasur eyangnya. mlh di jawab suami: gak bersyukur di bantu terus sama ibunya ngurus bayi, saya di bilang kurang ajar marah sama ibunya waktu bawa adek. sejak itu saya sensitif dan sering nangis ,ketika di tanya suami alasan saya selalu bohong, takut di marahin lagi. saya baru bisa full tidur siang dan malam dengan bayi saya ketika usianya 3 bulan. itupun kalo nangis di minta sama eyangnya, saya kayak ga dianggap ibunya. berkurang sedih dan nangisnya sekitar anak usia 1 tahun. sekarang anak 20 bulan dan lagi hamil 5 bulan. rasa trauma itu selalu membayangi bunda. rasanya ga hepi hamil anak kedua ini. saya takut sekali seperti dulu lagi. maaf bund jadi curhat panjang. mungkin dari kasus saya, dukungan orang terdekat yg kurang.

Baca lagi
4y ago

terima kasih bunda ๐Ÿ˜Š

saya juga sedang merasakan sindrom baby blues.. sering tb2 merasa sedih gak jelas & sampai nangis.. saya baru melahirkan sekitar 3 minggu.. ya awalnya gak ngerti kalo kena sindrom baby blues, tb2 nangis gak jelas malah ditambah omongan yg gak memgenakkan ht dr orang rumah gr2 nangis gak jelas.. kebetulan juga asi saya masih sedikit, jd dpt omongan "jangan nangis, nanti asinya gak keluar.. kasian debay nya " denger kayak gitu makin merasa sedih yg ada.. trus saya browsing kenapa saya seperti itu & saya bilang k suami kalo saya kena sindrom baby blues, & akhirnya suami bilang k orang rumah tentang kondisi saya, sejak itu orang rumah gak pernah komentar apa yg saya lakukan & selalu bantu saya merawat baby.. mesiki saya belum bisa menyusui asi terus menerus & masih d sambung sufor, gak pada komentar lagi.. suami juga lebih perhatian k saya.. & Alhamdulillah sudah gak separah kemarin lg sindrom baby bluesnya.. meski terkadang msh suka tb2 pengen nangis gak jelas, tp sudah jarang..

Baca lagi
4y ago

iya bun.. namanya orang habis melahirkan ya butuh perhatian juga.. gak cuma baby nya.. apalagi dr suami.. kurang nya perhatian juga memperburuk kondisi.. pernah sampai kepikiran "emang saya d butuhin buat melahirkan anak aja ? kok setelah anak lahir gak ada yg memperhatikan saya, gak ada yg menanyakan kondisi saya.. padahal saya baru saja berjuang hidup & mati demi melahirkan, jahitan masih terasa, badan masih sakit semua.. jalan aja susah, msh begadang tiap malam " bukannya saya iri sama baby saya, tp saya juga butuh perhatian.. itu yg buat saya down juga..

sama persis bun yg saya alami.. ntah masalah itu muncul setelah melahirkan sampai sekarang .. suami baru bisa bawa ke psikolog nanti klo emg emosional saya bener2 gak bisa teratasi.. sampe2 di group rt bapak2 ada yg share ttg cintai anak mu krn mgkin tau saya kadang marah n nangis sendiri .. saya bener2 sperti kehilangan gairah hidup. belum lagi ortu saya hny mikirin uang n perselingkuhan .. tp demi kebaikan anak saya, saya tetep harus ke psikolog nunggu urusan suami selesai semua.

Baca lagi
4y ago

iya Bunda, semoga kita bisa mengatasinya ya, terimakasih sudah berbagi ceritaโ˜บ

Prnah bun bun sblm 40hri kmrin sya sllu mmohon dngan allah mnta pnjangkn umur shtkn badan agar bisa sllu jaga anak dn mmbsar kn anak. Gk mungkin suami, krna suami sibuk mncari nafkah. Sya jg mnangis mntap bayi saya sndri d kmr tpi sya bnyak istigfar aja bun. Dn skrng sya los dol. Gk trllu mkirin rmah hrus rapi krjaan hrus siap jm sgini. Skrng sya klo cpek tdur. Gtu aja gk mw depresi brlarut2 lgi ksian anak2 q..

Baca lagi
4y ago

Betul Bunda saya setuju, yang paling utama adalah anak ya๐Ÿ˜Š

Sama kayak saya bun, dari 4hari setelah lahiran sampe 2minggu dede, saya sering tbtb nangis gkjelas,katanya itu babyblues. saya lawan twrus buat gak sedih dan nangis terus dan alhmdllh hilang dengan sendirinya, tp sekarang jd lebih sensitif dikit2 dimasukin hati. Semangat bun lawan terus rasa sedihnya kalo kelamaan nanti jd postpartum depression lebih bahaya dari babyblues

Baca lagi
4y ago

betul bunda saya pun jadi begitu, jadi sensitif jika tidak ada yg berkenan

aku juga pernah bun ngalamin sindrom baby blues. apalagi ditambah mama aku orgnya ngantur2 bgt. Habis lahiran tiap hari aku di marahin. Gak boleh ini itu. kadang aku mikir udah berumah tangga msh dikira kaya anak kecil yg apa apa ga boleh. suka kesel bgt sampe nangis kejer dulu.

4y ago

ternyata hampir dari semua komentar bunda2 disini mengalami nya, semoga kita bisa melewatinya, dan selalu berpikir positif.

Saya bu, saya kesel kalo melihat sekitar bu gak ngebantu sama sekali termasuk suami akhirnya saya sendirian aja lebih tenang bu kebetulan LDM sama suami ya balik seminggu sekali sih cuma lebih tenang berdua anak aja, mama saya juga saya suruh pulang aja hhhhh

4y ago

terimakasih sudah berbagi cerita, semangat Bunda semoga kita bisa melewatinya.

Semangat bundaโค๏ธ Mudah-mudahan aku bisa ambil hikmah dari postingan ini dan komentar bunda-bunda dibawah ini, Dan mohon do'anya bunda-bunda, supaya aku bisa ngerasain gelombang cinta dari Dede, soalnya UK 41w3d..

4y ago

MaasyaAllah.. semangat Bunda, mudah2an lancar ya nanti persalinan nya dan sehat2 semua.

itu emang sindrom baby blues ...rata2 i bu baru dan baru melahirkan mengalaminya .... saya sampe 4 bln masih kena sindrom itu . komunikasi sama keluarga terdekat sangat di perlukan.