Investasi untuk jangka panjang

Menurut bunda apa yg paling rekomen untuk investasi jangka panjang ? Emas atau tanah

27 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalau aku logam mulia moms wkwkwk,, soalnya kalau logam mulia kan walau kita punya uangnya dkit2 langsung bisa ditabungkan, jd tiap bulan bisa invest, kalau tanah kn dananya lebih gede yaa, jd kalau aku ga bakal tiap bulan bisa investnya wkwkwk, masalah harga juga sama2 bakal naik terus,, n lagi kalau kita lagi BU untuk hal2 darurat, sepengalaman saya lebih cepet cairnya logam mulia, bisa langsung dijual, kalau tanah itu rada lama lakunya, kmaren aja tetangga karena BU banget ibunya sakit, tanahnya jd dijual murah bgt dr harga pasarannya biar segera laku.. tp ya balik lagi terserah mommy sih, kalau mommy lg punya rejeki yg emang gede mau invest tanah juga oke bgt, cuma ya itu klau butuh2 darurat lakunya ga bisa cepet2an, apalagi kalau udah ada bangunannya huhuhu (balik lg sepengalaman aku ya hehehe)

Baca lagi
TapFluencer

investasi emas itu manfaatnya menjaga nilai rupiah bund, alias tidak rugi tidak untung, memang 10-20 tahun ke depan nilai 1 gr emas akan naik dari harga beli , tapi itukan sama juga dengan nilai 1 gram di masa depan (sama sama satu gram). nilai emas akan mengikuti harga emas dunia.. kalo tanah bisa untung bisa stabil (stabil itu ttp naik mengikuti tingkat ekonomi manusia) kalo untung biasanya karena wilayah tsb berkembang, semisal di bangun bandara, terminal, tempat wisata atau toll.. jadi menurut saya investasi emas ataupun tanah untuk jangka panjang itu bagus, tidak ada ruginya (kecuali di tipu).. kalo saya pribadi mending 2 2 nya, ya beli tanah ya beli emas, karena tanah susah jualnya, emas gampang jualnya..

Baca lagi
5mo ago

nah ini kelemahan investasi emas, nyimpennya susah.. untuk online selain dr pegadaian aku blm pernah tau sih bund, kalo setahuku pegadaian menerapkan sistem simpan juga untuk emas batangan.. saya rasa bisa di pertanggung jawabkan kalo melalui pegadaian, sistem keamanan pun terjaga..

Kalo jangka panjang emang niat nya untuk invest dan gak dijual enak beli tanah. 5-10tahun lagi harga nya bakal naik 2kali lipat dari harga beli. Tapi gak gampang jual beli bisa makan waktu berbulan-bulan. Tapi kalo cuma mau invest yg sewaktu2 perlu bisa dijual ya beli emas. Urgent dikit tinggal jual tapi kelemahan nya kalo kita termasuk orang yg gak pinter2 amat nabung dikit2 kejual abis juga Saya pribadi invest tanah iya invest emas juga iya. Tapi tabungan besar nya tetap di tanah, emas nabung receh aja kalo udah banyak nanti dijual di belikan tanah lagi

Baca lagi

kalau bs kebeli tanah,tanah aja tp harus pintar2 milih lokasinya. dan emas atau tanah ada plus minus masing2,emas butuh tempat yg aman utk menyimpan tapi mudah utk dijual jika sewaktu2 dibutuhkan. tanah harus pintar2 pilih lokasi jgn sampai salah2 malah rugi kedepannya,kalau lokasi sdh bagus nantinya banyak kegunaannya jika ada rezeki lg bs dibangun toko atau rumah atau kontrakan dan jd pemasukan,tapi jika sewaktu2 butuh dana jual tanah ga bs secepat jual emas,itupun kalau ada yg minat

Baca lagi
VIP Member

Tergantung jangka panjangnya mau sebrapa lama, selain itu apakah udh ada tabungan lain, sperti dana darurat, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, dll? Kalau ini tabungan satu2nya, mending jgn tanah bun karna susah jualnya kalau tiba2 mendadak butuh. Lebih baik emas, karna jualnya mudah tinggal dtg ke toko emas bisa jual brpa pun. Tapi kalau tanah, gak semudah ituuu buat jual, ibarat kata gk kayak jual kacang goreng, bnyk jg dokumen yg hrs di urus, ribet lah intinya kalau mau jual.

Baca lagi

jangka panjang menurut saya tanah bun... tanah saya mau buat warisan anakku, buat bangun rumah disitu, dan bisa dijual buat nanti kalo udah pensiun... karena penjualannya butuh proses dan waktu yang lumayan jadi untuk keperluan tidak mendesak.. emas murni logam mulia kalo saya buat jangka pendek bun.. proses jual belinya lebih simpel dan cepat.. kalo ada dana lebih saya beli untuk ditabung, kalo ada keperluan mendesak bisa saya jual..

Baca lagi

kalo emas hanya menjaga nilai aja bun karna itu ga kena inflasi ga kyk kita nyimpen duit di bank. tapi oke juga lah buat investasi karna pasti ada kenaikan walau ga signifikan. klo invest bisa di surat berharga, reksadana, saham, tanah juga bagus klo lokasinya bagus. trs klo tanah kita pasti tiap tahun bayar pbb, dan ketika di kemudian hari butuh dana cepet ya gabisa diandalkan karena tanah itu ga likuid.

Baca lagi

aku tim emas batangan..kalo tanah susah jualnya..meskipun katanya tanah bisa diwariskan untuk anak, ternyata kebanyakan anak2 saat dewasa memilih tempat tinggal sendiri yg dirasa cocok untuk dirinya..kadang lokasi tanah yg kita beli ga strategis atau ga sesuai sama kebutuhan anak misalnya jauh dari tempat kerja dll, soalnya kita kan gatau nnti anak kerjanya dimana, kalo emas lebih fleksibel..

Baca lagi
5mo ago

@bunda Aida : ga mesti pesan ko bund..ditoko emas besar biasanya suka ready barangnya dari 0.5gr, 1gr, 5gr, 10gr, dll. atau bisa beli di gerai pegadaian juga ada biasanya jual. tapi saya lebih cocok beli yg 5gr biasanya, karna kalo saya lagi perlu uang saya ga jual emasnya tapi saya gadai di pegadaian dalam 5gr LM bisa cair sampe 3.5juta...nanti kalo sudah ada gantinya saya tebus lagi emasnya hehe

jangka panjang nya ini tergantung.. klo lbh dr 10 th atau mau diwaris ya mendg tanah.. tp tanah ini jual nya yg agak susah yaa.. tp klo tujuan nya misal biaya pendidikan anak dlm jangka 10 th ke depan better emas karna jualnya jg lbh mudah

VIP Member

Kalo ada budgetnya beli tanah dan bangun jadikan kontrakan bun. Itu bener2 investasi jangka panjang dan tiap bulan pasti ada pemasukan. Kalo budgetnya ga bisa bangun kontrakan, kalau saya sih di emas bun tp LM. Karena dijualnya gampang.

5mo ago

ya bun sedang merencanakan mau bikin rumah/kontrakan kalo rejeki dah cukup🙂