Mata minus tidak boleh melahirkan normal?

Menjelang persalinan, Bumil yang memiliki mata minus mungkin merasa ragu untuk melahirkan secara normal (pervaginam). Namun, benarkah Bumil yang matanya minus tidak boleh melahirkan secara normal? ? Jangan khawatir dulu, Bunsay, coba baca artikel ini: https://id.theasianparent.com/mata-minus/web-view/?pinned=post

142 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Malam para bunda. Ini sih pengalaman kehamilan sekaligus kelahiran putra kami. Saat trisemester terakhir (masuk 9bulan -5 hari lagi), q cek ulang mata ke optik, karna budget minus kalo harus ke rumah sakit & karna kacamataku rusak gak taunya dari -1,25 menjadi -1,75 dan pada saat -1,75 itu rasanya pusing, mual, bikin gak nyaman pada mata, mana posisi sang bayi saat itu nyungsang lagi, q nya juga sering kecapekan, banyak pekerjaan rumah dilakuin sendiri, pengen mandiri gitu. Dan pak optik nanya & kasih saran, "ibu lagi hamil ya, matanya minus juga ya, lahiran normal ya persalinannya? Duh kalo bisa disaranin lahiran sesar aja, karna bisa membahayakan mata sang ibu, bisaΒ² pembuluh darah matanya bisa pecah karna akan banyak otot tubuh akan ikutan mengejan (ngeden), apalagi khususnya pada lebih berpengaruh banget, maaf ya mas n mbaknya". Memang sih 3 bulan sebelumnya q harus terpaksa bedrest di rumah sakit selam 3 harian, reasonnya jantung/paru-paru sang bayi belum berfungsi dengan baik/normal, mana kecapekan, suka selisih paham, stres, dll mau gak mau ikutin deh saran si dokter itu demi kebaikan, keselamatan ibu & calon bayi. Mau tanya juga dong. Bener gak sih kalo udah pernah lahiran sesar next nya akan lahiran sesar juga? Jadi takut deh kalo harus lahiran sesar lagi. Btw, mau lahiran sesar atw lahiran normal q akan mensyukuri kado terindah dari Tuhan Yang Maha Segala-NYA (Allah swt). Sekian dan terimakasih πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

Baca lagi
4y ago

Bisa normal bun, tapi jarak minimal 5thn

Ya bisa, karena yg jadi penentu itu bukan tinggi rendahnya minus... Melainkan kondisi retina kita... Byk yg salah paham soal ini, knp banyak yg ngira minus tinggi gabisa normal karena umumnya emang yg minus tinggi retinanya udah jelek/lemah, meski ada jg yg masi bagus... Maka dari itu yg minusnya >5 ada baiknya cek kondisi retina dahulu di dokter mata pas uk 7 atau 8 bulan... Dari situ bisa diputuskan hrs SC atau bisa normal... Berdasarkan pengalamnku sbg ibu beranak 2 dgn minus 9 & 10 yg harus SC 2x karena diagnosa retina lemah pas hamil prtama, tapi pas hamil kdua trnyata dokter mata blg retinaku masi bagus, tapi brhubung yg prtama SC, mau gamau yg ke 2 kudu SC lagi .. (dokter mata pas hamil pertama n kdua beda ya... Mknya diagnosa bisa beda... Saranku cari opsi sebanyaknya antara 4-5 dokter mata buat mastiin mana yg lbih akurat diagnosanya - salahnya aku cuma cek ke 1 dokter waktu itu)

Baca lagi
4y ago

Aku januari kmarin sbulan sblm lahiran yg kdua, cek di jaksel bun di mayestik kena 400an sih πŸ˜„

VIP Member

Saya konsul 2 dokter mata yg satu saranin sc aja, satunya 50:50. Konsul 2 dokter obgyn, yg satu fix buat sc aja, yg kedua terserah kitanya gimana, mau coba normal ya ayo tetep dibantu. Setelah diskusi dgn keluarga tentang plus minusnya sc, akhirnya ambil jalan sc aja di dokter kedua. Saya minus 5 kanan, minus 5,5 kiri, silinder kiri 0,75 dengan riwayat pernah jatuh dan ada benturan di kepala (yg sampe akhirnya periksa ke dokter mata krn sering pusing after kecelakaan)

Baca lagi

Saya mata minus 6 dan 8, 1 bulan yang lalu melahirkan secara caesar. Sebelum melahirkan saya konsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu, ternyata retinanya tipis jadi tidak bisa melahirkan secara normal, dikarenakan ada kemungkinan resiko retina robek/bahkan kebutaan jika mengejan terlalu kuat saat melahirkan secara normal. Yang menentukan bisa lahiran normal / harus caesar kondisi ketebalan retinanya bukan berapa banyak minusnya :) just share ya bun :)

Baca lagi
4y ago

Bener nih bunda, mata kanan saya minus 7 dan mata kiri minus 1 tanggal 1 April kemarin saya lahiran sc sebelum lahiran konsultasi ke spesialis mata dan alhamdulilah retina saya msh bagus tidak ada penipisan jadi bisa lahiran normal tapi dokter obgyn saya tidak menyarankan lahiran normal dengan minus diatas 5 jadi saya ambil aman aja lahiran dengan proses sc:)

Aku minus 5 dan silinder,tp aku optimis bisa lahiran normal dan ya aku bisa melahirkan buah hati dgn normal tgl 2 april ini tanpa periksa ke dokter mataπŸ˜‡,awalnya spog yg sering aku kunjungi di saranin utk sc tp tekadku bulat normal,carilah spog yg lain dan bertanya ttg mata minusku apa bisa lahiran normal dan disana aku dikasi semangat juga motivasi agar bisa lahiran normal. Jadilah aku lahiran normal dibidan dekat rumah😁

Baca lagi
4y ago

Aku jg gk tanya sama dokternya dia saranin sendiri utk aku lahiran nanti scπŸ˜…,tetap bersyukur masih bisa merasakan nikmatnya menungu kontraksi smpe lahiranπŸ˜‡

saya konsul 2 dokter mata, ke2nya blng kalau boleh melahirkan normal, tpi dr kandungan menyarakan utk secar, sbnarnya dg berat hati saya menerima utk secar, stelah saya pikir dn saya sdah menjalani melahirkan sesar, mau melahirkan normal/sesar sama2 berjuang, sama2 merasakan sakit, jdi jgan berkecil hati bunda2 jika harus melahirkan secara sesar..

Baca lagi
4y ago

Qu uga secar bun...bru 11 hri nikmat bgd rasa y

Saya minus 4,2 sama silinder Alhamdulillah lahiran normalπŸ₯°. Karna bukan minusny yang jadi masalah tapi retina juga syaraf mata ny☺️itu setau saya waktu mau lahiran kmren d suruh cek mata karna saya minus 5.eeeh waktu priksa minus turun jadi 4,2.retina masih bgus syaraf juga masih bisa buat lahiran normal Alhamdulillah 😊

Baca lagi

Aku minus 6 kedua sisi.udah cek dokter mata dan dya lngsung saranin SC.sekarang Alhamdulillah sudah 7 bulan usia kandungan saya,ini persalinan ketiga sya.ank prtama Cowo umur 7thn dan yg kedua Cewe umur 4thn.InsyaAllah yg ketiga ini Cowo.perkiraan juni akhir jdwal SC,sebelumnya persalinan pertama dan kedua Normal krna minus masih rendah di bawah 3,doain ya semua..

Baca lagi
4y ago

Semoga lancar ya bun

Sy mmg ad minus ..cmn 2 trus yg kanan ad slinder nya 2.5..dan sy hmil anak ke 3 ...kmrn pas di usg ktnya bayi nya sungsang. Jujur sy udh stres dluan krn tkut sesar...tp sblm nya sy lahiran normal2 aj ...tp dlu mata sy slinder g smpai 2 pling cmn 1 aj slinder nya..sbnr nya sungsang bayi ini ngaruh g sih sm mata .???

Baca lagi

Mata saya minus 6 dan Alhmdlh sdh 2x melahirkan normal. Dokter kandungan saya mengatakan tdk ada efek.lahiran dgn mata minus. Kalau memang mau nambah minus tanpa lahiran pun akan nambah minus jg. Yg ditakutkan bukan minusnya. Akan tetapi retinanya. Jd kalau mata minus tanpa ada masalah lain dimata msh bs diusahakan normal.

Baca lagi