Melenceng agak jauhh...

Maaf bund mau nanya, mgkn dsni ad yg pernh atau bhkn serg belanja di toko oren dgn menggunakn spaylater, kira² gmn ya, apakh ad enak & gk enaknya 😁 ak niatnya pegn belanja pke spaylater tp kok yaa msh ragu & takut² 😅 soalny emg blm prnh pke ..

79 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalau blum terlanjur pakai mending jangan coba2 bun. Dlu saya awalnya iseng2 aktifin spaylater. Coba pake yg bayar nanti, alias yg sebulan lgsung lunas. Lama2 ketagihan sampai ambil cicilan yg 3x bahkan smpai 12x. Dr yg cicilannya cuma 100rbuan smpai ke 700rbuan. Dr situ saya lgsung jd member platinum, karna sering belanja. Limit juga udah lumayan gede tuh. Alhamdulillahnya selama pakai spaylater saya ga pernah sekalipun telat bayar. Tp ya gitu bun, smnjak terlibat hutang saya jadi sering bgt bohong ke suami. Uang belanja cpt habis, karna diam2 buat bayarin tagihan. Kalau suami pinjam hp rasanya takut ketauan 😭 tp pd akhirnya sering ketauan juga bun dan ujung2nya suami yg lunasin. Tp saya disuruh janji buat ga pake paylater lg. Tp ttp bun saya ulangi terus, ntah brpa kali hal kaya gtu keulang terus. Mana saya blnja barang yg ga penting pula, kaya baju2. Alhasil lemari sketika kepenuhan gara2 saya sering blnja baju sehari paket smpai bisa 3x lebih.

Baca lagi
1mo ago

Puncaknya bbrpa bulan yg lalu, ketika sya udh berjanji kesekian kalinya tp pd akhirnya saya lagi2 ketauan bohong. Suami kaya udh gabisa marah lg, sblmnya juga ga pernah marah2 tp lebih ke nasehatin dan ujung2nya dia yg lunasin. Dr situ saya lgsung lunasin smua sisa tagihan, dan nekat hapus akun walaupun berat bgt 😅 tp alhamdulillah skrg udh ga terlibat spaylater lagi bun. Hidup rasanya tenang, ga kebayang2 tagihan dan ga panik kalau suami pinjem hp. Pdhl suamiku tuh baik bgt. Apapun yg aku minta selagi ada pasti dia kasih. Tp ya itu balik lagi, ketika kita udah terlibat paylater rasanya susah bgt buat lepas kaya yg sayang gtu kalau ga dimanfaatin. Hati2 ya bun kalau blm pake lebih baik jgn coba2

sy mah ga pernah terlintas pake spay later.. takut dosa riba nya Bun... tambah sy juga pernah belajar management keuangan pas di sekolah bengkel diri. itu ada skala prioritas.. jgn sampai ngutang klo mau beli sesuatu.. LBH baik kumpulin dulu uangnya, sesudah terkumpul, ada skala prioritas mana yg LBH diutamakan, fungsi atau tampilan alias estetika. klo butuh urgent, ya pilih yg murah tp sesuai fungsinya. klo ga urgent, pengen yg tampilan bagus, tunda LG beli nya sampai uangnya cukup... disitu qta belajar pengendalian diri. jgn tergiur dengan diskon atau flash sale, itu mengajarkan diri spy ga konsumtif. sy Alhamdulillah sampai saat ini ga punya cicilan. tp Alhamdulillah semua barang yg sy inginkan bisa kebeli meski ada yg butuh waktu lama.. sambil dibantu doa juga semoga Allah mudahkan rezeki dan takut hukum Allah ttg riba.. maka Alhamdulillah Allah bantu kami beli semua aset pun cash Masyaa Allah..

Baca lagi

Saya dulu suka pake spaylater, apalagi jaman baru2 kerja, gak bisa banget buka shopee ada baju lucu langsung mau beli. Tapi sekarang udah ngga, karena setelah berhenti dan ngerasain kalau belanja langsung bayar itu lebih enak, lega aja gitu kaya ga ada beban bulan berikutnya. Itupun yang bikin berhenti karena banyak kegiatan yang dilakuin, sampe lupa buka shopee dan mulai bisa pilah pilih beli barang karena keinginan dan lucu atau karena butuh. Dan ternyata temen ku pengalaman keenakan pake spaylater, tau2 udah sampe sekian juta, setiap belanja gak ngecek total spaylater nya. Jadi saya pas tau pengalaman temen kaya bersyukur aja, saya gak harus ngerasain kaya gitu dulu buat dibikin berenti.

Baca lagi
VIP Member

saya pernah pake 2kali doang bun karena suami butuh knalpot sama aki motor saat itu. kayak aki lagi butuh banget tapi duit lagi kurang jadi pake spaylater dulu pake yg 3bulanan, jadi tiap bulan bayar berapa gitu saya lupa, kalo yg banyak2 sampe numpuk saya ngk mau bun, itu pun karena kepepet. saya dan suami nggk suka berhutang apalagi yg ada bunganya. kalo beli yg ngk penting2 bnget yaa ditahan dulu nabung dulu baru beli. kalo bunda butuh bener2 kepepet sekali gpp , tapi jgn sampe telat bayarnya, sebelum jatuh tempo harus bayar. tapi kalo buat fashion atau yg ngk penting2 banget yg kebutuhannya masih bisa ditunda mending nggk usah bun.

Baca lagi
1mo ago

kalo kepepet gpp bun, tapi jgn tergiur "eh enak, pake lagi ah", jgn sampe gitu. nanti pas bayar kita yg repot sendiri, akhirnya numpuk. yg penting komunikasikan jg sama suami

VIP Member

Kuncinya mampu mengatur pengeluaran dan bayar tepat waktu maa, mama yg lebih paham kesanggupan bayar krn tiap org pasti beda. Sy sdh ckup lama pakai paylatter, biasanya utk bayar wifi, token, pdam dan paket data krn gaji suami sy tiap tgl 1. Jd stlh gajian lgsg bayar semua. Semua pengeluaran rumah tangga sdh sy pos²kan masing² maa, nah paylatter ini ngebantu sy memanage bbrp pengeluaran bulanan. Kl dibilang keenakan, ya enak krn membantu apalagi kl ada diskon & promo², bisa manfaatin paylatter😊asal belanja sesuai kebutuhan sj, tdk berlebihan dan tdk melebihi pendapatan, aman² sj sih maa🙏

Baca lagi
2mo ago

makasih jawabannya mom, ak jga niatnya mw belanja yg sesuai kemampuan & sesuai kebutuhan ku sih..

aku masih sering pke bun, berguna banget saat tiba* butuh mendadak dan lagi ga ada uang. aq ga mikir bukan ke riba nya sih, cuman aq mikirnya ke arah 'makasih udah dibantu kebutuhan ku, jadi bunganya aq anggap hadiah terimakasih ku' gitu aja sih bun. tinggal menyikapinya gimana. tapi aq ingetin bun, pinjaman online milik OJK ya. sekali telat bayar, misal mau minjem ke bank bakal keliatan, dan ngefek banget di kita nya, jadi susah ambil pinjaman. jadi psenku bijaklah dalam memakainya. biar ga keblabasan😂 gatau hari apes kpan ya bun, tiba* gaada uang buat bayar tagihan kan kacauu tuhh...

Baca lagi
1mo ago

iya bund, ak jga bakal menyesuaikan kemampuan ku sihh, gk akn melebihi batas, ini krn emg lg butuh bgt tp dana blm ad.. 😅

Ada ++ nya dan banyakk minus nya. Gini ya bund jadi enaknya ya kita beli tapi ga langsung bayar, bayarnya dicicil tiap bulan. Gaenaknya : 1. Jadi punya tanggungan cicilan yang harus dibayar, yang mana kalau telat nanti ada denda. 2. Menimbulkan sifat boros, jadi ga mikir punya uang atau engga kalau pengen ya tinggal beli bayarnya bisa nanti pakai paylatter, alhasil cicilan membengkak. 3. Harga barang jadi lebih mahal dari harga asli. Kalau memang ada uang sih ya ngapain beli pakai paylater mending cash aja. Tapi kalau memang kepepet coba deh pikir pikir lagi hehe.

Baca lagi

Kalo bunda Muslim mending jangan ya bund, udah jelas riba. Dosa riba itu setara kayak berzina dengan ibu sendiri. Ga kebayang dosanya Kalo gaada uang mending ga usah beli Jangan tukar akhirat dengan dunia yang sementara ini Baca komenannya bunda alhamdulillah selama ini ga pernah kredit-kredit Berarti Allah jaga bunda dari keburukan, jangan malah meleng hihi Minta aja langsung ke Allah barang yang dipengen, semoga Allah kasi rezeki tak terduga buat dapetin barangnya dengan cara halal Barakallahu fiik

Baca lagi
1mo ago

setuju banget bunn.. salam kenal yaa buunn🤗🤗

VIP Member

kalo di saya ngebantu banget sih bun. kalo ada keperluan anak atau keperluan yang kepepet banget tapi keuangan menipis ya pake paylater. biar nanti bayarnya setelah suami gajian. tapi kita harus bisa perhitungkan juga, jangan sampe terlena hihi. paylaterku udah di nonaktifkan karna telat bayar waktu itu. musibah ga ada yang tau yah, tiba2 suami berhenti kerja akhirnya ga bisa bayar tepat waktu. Alhamdulillah sih udah lunas semua hutang piutangnya, tapi imbasnya kalo sekali telat bayar bakal di nonaktifkan akun paylaternya wkwk

Baca lagi
1mo ago

iya bun dari pihak shopeenya. nonaktifkan karna telat bayar. kalo kita mau nonaktifkan sendiri ga bisa

aku biasa pake spaylater Bun. bayarnya ada yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan... aku biasa pake yang jangka waktu 3 bulan, kdang yang 1 bulan... itu untuk belanja nominal di atas 500rb... klo di bawah 500rb aku biasa bayar cash cod - cek dulu.... (untuk kebutuhan mendesak) klo menurutku ngebantu bgt klo lagi kepepet, gak usah cari pinjaman sana sini... klo masalah Riba itu urusanku sama Tuhanku, yang penting aku gak melakukan tindakan kriminal, nipu2 atau bawa kabur uang org...

Baca lagi
2mo ago

selama ini amn2 saja sih Bun pakai spaylater. klo pinjol2 lain aku belum pernah karn bunganya gede bgt