Lagi di fase capek bgt smpe gabisa nangis

maaf bun, cuma pngin ngeluarin unek2 aja. skrg anak prtama sy lg aktif2nya saking aktif nya tuh suka gamau dengerin/ gmau nurut gt bun. memang sbnenya sy dan suami ga berencana punya anak lg dlm wktu dekat,tp sy kebobolan bun. jadi skrg anak prtma umur 3th dan anak ke 2 umur 6bln. tiap hari si kakak suka bgt jahilin adiknya, awalnya sy sabar,tp kdg jahilnya tuh kelewatan bun. memang sy pun tau dia masih kecil. sy sedih banget bun kdang gabisa ngendaliin emosi. sy sering marah2 dan tnpa sadar udh main tangan ke anak sy. stelah sy cubit pun dia tetap suka jahil ke adiknya. sy suka nyesel bgt klo udh kasar sm dia. sy tinggal dg mertua, trkdg anak sy menangis rewel ingin sy biarkan agar dia bisa mluapkan emosinya. tp tidak dg mertua sy, dia sllu merasa terganggu dg kebisingan yg anak sy buat. pernah sekali anak sy dipukul dengan sarung oleh kakenya (ayah mertua sy). sy shock berat smpai pusing 3hari ga hilang2. smpai saat ini sy sering marah ke anak sy krna dia suka teriak2 dan membuat kebisingan hanya karna sy gmau mertua sy mengecap anak sy pengganggu. sy jadi suka mengalihkan tangisnya dg yg lain. sy sedih bgt bun. sy ingin sekali keluar dr rumah ini. tetapi sy pun ragu. sy kurang pd utk mengurus 2 anak sendiri dengan tingkah anak sy yg MasyaAllah luarbiasa dua2nya. tp sy ttap ingin kluar dr rmh ini. suami setuju tetapi ia ingin membeli rumah sj drpd mengontrak. sy sih setuju,tp membeli rumah kan tidak semudah itu. sudah coba ajak suami utk mengontrak, tetapi dia bilang sayang uangnya bisa d tabung buat beli rumah. sy capek bgt batin terus, sy pun terus menyesali perbuatan sy yg berdampak ke anak sy. saking seringnya sy menangis,skrg sy ingin menangis pun tdk bisa. suami pun sbnrnya memang ingin tinggal terpisah dg ortu. ttpi dia anak satu-satunya, mertua sy pun sudah tua umurnya skitar 60an. sy hanya memikirkan anak sy, bagaimana anak sy kalau lingkungan nya sprti ini. sy sgt2 ingin kabur saja ke rmh ortu,tp sy bukannya benci jg ke mertua sy. sy hanya ingin semua damai tp begitu sulit. sekian curhatan sy bun. sy cuma inging mengeluarkan unek2 saja. krna tdk bisa berbuat apa2. ?

3 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

mba, anak dipukul (walau pake sarung) dan dicubit adalah tanda terjadinya kekerasan terhadap anak. Ini adalah red sign ya, tanda bahaya, bahwa ada hal yg tidak sehat sedang terjadi di keluarga. Terlepas dari masalah kegalauan mengurus anak sendiri, mau nabung, perlu didiskusikan lagi prioritas kalian sebagai orang tua apa. Anak butuh tempat yang aman untuk mereka bertumbuh dengan baik. Oiya, anak yang usianya cukup dekat dengan adiknya ada kemungkinan untuk mengalami kecemburuan sehingga terbentuk perilaku yang nampaknya menurut kita jahil ya. Perlu disadari bahwa ini adalah salah satu dampak usia yang cukup dekat, jadi kita perlu mengatur ekspektasi kita juga ke anak, biar tidak gampang kehilangan kesabaran. Semoga segera ktmu penyelesaian masalahnya ya mba.

Baca lagi
TapFluencer

Bund, coba dibicarakan jg dgn suami. Kalau saya pribadi pasti akan berjuang untuk pindah rumah kalau memang mertua udah merasa terganggu dan sampai kasar ke anakku. Tapi kan balik lg keputusan tiap org bisa berbeda2 ya, pasti ada pertimbangan yang lain. Tapi baiknya suami diajak diskusi, bund.

Klo gk mau ngontrak coba cari rumah gadaian aja bund... jd bunda bisa nempatin rumah dan uang tetap utuh