Julidnya buibu Posyanduu

kupikir posyandu itu tempat menanungi para bumil dan balita ternyata malah kena mental bgt pertama; anak pertama dikata "kecil" lah badannya: aku jawab Iya lg kurang enak badan makannya susah (anakku umur 3thn 8bln) kedua; pada kaget tau umur aku msh muda umur 24 tapi udh hamil anak ke 2 lah : Aku jawab Iya memang program pgn punya anak jarak dekat udah ini mah mau gedein dulu ketiga; lagi pas periksa hamil ukur fundus, bb ku dan djj pake alat doooler malah dikata "hamil kok kecil makannya jarang kali ya?" lebih miris lg yg bilang gitu bidannya langsung ; aku jawab aja "makan bnyak kok blm ngemilnya, makan eskrim terus, mkan beratnya aja bisa 2jam sekali, mungkin semua nutrisi nya diserap sm utun" gatau deh mereka dnger apa engga jawaban aku toh pda sibuk ngobrol gitu bb ku 58 hamil 27-28week dari perawakanku memang kecil gaada bengkak dikaki tangan atau pipi, payudara aja gaada bengkak2nya ukuran biasa aja cuma puting yg lebih nonjol usg terakhirpun pas kok jumlah ketuban bb janin semuanya apa iya hamil itu harus badan perut membesar semua bun? kalo soal anak pertamaku memang tiap bulan naiknya sekitar 2-3ons (setauku wajar di Grafiknya aja emang gtu kan harus naik 200gram perbulan) bulan lalu gak ikut posyandu karena males sm julidan buibu kadernya, bulan ini bb nya balik lagi ke bb 2bln lalu karena memang lg kurang sehat agak flu dan batuk dan makannya juga agak pilih2 (bisa dibilang stuck gaada kenaikan) skrg posyandu ditempat baru (pindah rumah) baru ngikut posyandu lagi ternyata sama aja semua buibu kader posyandunya pada julid bin suka ngomentarin yg jelek dan kagetnya aku biasanya emang biasa posyandu bayar 1x antara ibu hamil dan anak balita (cuma timbang gak Imunisasi) biasanya 5k, tadi disuruh bayar 10k periksa hamil, 10k timbang bb anak, soal itu gamasalah anggap aja byar buat jajanan yg cuma dikasih susu Real good 1pcs 👌🏻 ditempat sebelumnya baisa dapet bubur sum2 atau susu dan wafer ternyata pemikiran mereka Hamil Body Korea itu lebih dipandang Jelek dibanding Hamil yg bengkak dimana mana itu lebih bagus dan Ideal sepertinyaa ... aku yg diawal udh happy bgt ngikut posyandu taunya malah kena mental 😌

55 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Apa cuma saya yaa tim yg males bgt ke posyandu,males ketemu ibu2 yg pasti ada aja yg bakal julid blm lagi bidan/kadernya.Saya mending ke bidan lgsg aja buat imunisasi,itupun saya cari yg bidannya enakan..gak julid,ngomong nya lemah lembut, friendly,ngasih saran kalo ada problem sm anaknya..jd bikin nyaman buat periksa.Alhamdulillah bidan anak saya yg skrg gini,jd saya kalo ada masalah sm anaknya gak sungkan buat nanya.Trs ada salah jg gak prnh nyalahin emaknya,pokoknya enakan diajak ngobrol jg. Gak usah dengerin omongan kader bun,saya sih pawakannya sedang krna ketolong tinggi.Jd pas hamil BB saya jebol smpe 72kg,sblm hamil mentoknya 56kg ehh hamil 2x tuh mentok nya smpe 70kg++ . Cuma krna saya tinggi jd gak kliatan bengkak bgt,abis lahiran kedua kmren jg dibilang "mbaknya abis lahiran kok kaya gak lahiran yaa,badannya balik normal lagi gak pd kendor" pdhl gak tau aja lemak2 gelambir diperut . Saya mah cuek bun kalo dibilang,kadang ada org baru ketemu jg lgsg bilang "mbaknya kliatan masih muda,umur brpa mbak?kok anaknya dah 2" ya saya jawab aja dg bangga "saya 23th bu..iya alhamdulilah subur saya bu,gpp cape sklian besok anak udh pd gede saya mah tinggal slonjoran". Toh bukan mereka inih yg ngasih makan jg biayain,ngpain nurut omongan mereka.

Baca lagi
VIP Member

Aku jg 2 kali hamil kecil bu, diumur 25 jg udh punya anak 2 nih.. aku jg sering dibilang kecil, dibilang gak pernah makan, anak masih kecil, dibilang kok gak KB sih segala macem.. tapi aku santai aja gak pernah aku jawab kalo ada yg kyk gitu setiap ada nakes yg komen gitu entah di puskesmas atau di rs swasta, biar dia kyk org ngomong sendiri aja😂. Karena org kyk gitu mah ya memang “orang” nya aja, gak di posyandu atau rs yg bayar sekalipun kalo orang nya julid ya julid aja hehe malah aku pernah ketemu dokter yg julid pas akhir akhir kehamilan, karena tiba tiba mules akhirnya aku nyari dokter di rs, setibanya disana aku langsung disuruh sc malem itu jg dibilang bayi ku kurang gizi, aku bilang aku udh mules, dokternya malah bilang bayiku kalo lahir normal bakal sesek nafas dan gak nangis. Aku nolak sc dan pulang lg, dokternya kyk kesel sampe bilang “kalo bayi ibu kenapa napa saya ga tanggung jawab”. Aku diemin aja😂 eh besoknya malah lahiran dan bisa normal wkwk dari pada dongkol mending dianggep angin lalu aja bu gausah digubris biar dia yg dongkol, toh omongan dia gak ngaruh apa apa buat hidup kita haha jadi orang yg gak mikirin omongan org itu bikin hidup rasanya enteng bgt loh bu serius

Baca lagi

sama bunda 😁 aku jg LG hamil anak ke 3 Bun , anak pertama ku umur 3thn cwok BB 13kg , anak ke dua ku umur 2thn cewek 9kg, aku LG hamil anak ke 3 BB ku 48 usia kehamilan jln 8bln hpl Januari ☺️ setiap ke posyandu anak ku di katain kurang gizi, kurang di perhatikan lah,, padahal anak ku makan nya banyak bgt , mkn nya, ngemil nya, nyusu nya jg kuat bgt . di saranin sama org posyandu nya buat ke dr. ahli gizi di puskesmas, aku Dateng ke sana 1x doang di kasih bubuk tabur gizi 2pak, abis itu aku ga ke sana" Lg, org anak aku makan nya banyak kok nyusu jg kuat jajan apa LG 🙄 EMG aja udh keturunan kecil aku sama suami aku soalnya kecil kurus . aku sama suami jg mkn pada bnyk tapi pada susah gemuk. jd ydhlah yg penting anaknya sehat , mau mkn, nyusu kuat, aktif jarang sakit jg. klo mikirin BB anak mah bisa stress Bun . segala vitamin, madu udh aku cobain dr yg merk murah sampe yg mahal sekalipun 😏 ga ngaruh ,, jd aku pikir EMG aja udh keturunan nya susah gemuk.

Baca lagi

bukan soal body bun emang omongan mereka ketus begituh sengaja biar bunda trauma ga mau punya anak lagi kayak program yang ituhhh cukup 2anak saya aja yang hamil sehat wal'afiat dari hasil cek lab... mata minus bisa pervaginam dari dokter spesialis mata loh... pokoknya semua hasilnya normal pas mau lahirran diketussin semua nakesnya bun ditakut2in lah dimarah2in lah saya yakin mereka begituh kesaya biar saya mikir2 gimanah mau punya anak lagi kalo lahiran pertama aja udah ga enak nyatanya saya ga peduli dengan sikap mereka begituh kalau mau punya anak lagi kan balik kekitanya kalau mau hamil jarak dekat juga balik kekitanya saya dipaksa nakes2 untuk KB pun juga ga saya pikirin toh balik ke niat kitanya kalau teguh pada pendirian ga bakallan goyah hidup2 saya urusan2 saya tugas mereka hanyalah job toh setiap lisan manusia juga akan jadi pertanggung jawaban

Baca lagi

sya tdk pernah ke posyandu bun.dr hmil..bahkan skrng umur ank sy sdh 1 thun..bahkan wktu sya hmil sy sempat ke pukesmas sekalian suntik TT..aku di katakan sama bidan di sna aku bumil krng gizi krn banda kecil,,hbis itu perut kcil jg,,sampai dia blng ini ank nya kecil jg krng gizi jg..yg aneh nya lg wktu sya ksih nampak buku konsultasi ku dr dokter kandungan ,,orng2 itu gk mau di baca..cuma di buka2 gitu aja hbs itu di tutup lg..krn sya stiap bln selalu kontrol ke dokter kandungan..dn kemarin pas anak aku lhir aku sempat pancing2 sma cecek ak,,kebutulan ce2k aku kerja di pukesmas itu jg,,ku srh blng sma bidan di situ ank aku dh lhir,,bbl 3,5..pnjng 55 cm ..krn dh kluar kta2 byi krng gizi,,

Baca lagi
3mo ago

memang yg sya blng ini fakta

ga semua posyandu kaya gitu kok bun. ibu ku kader di daerahnya, semua baik2 ga ada yg julid. kalo pun ada anak yg bb nya kurang ditanya baik2, makan nya gimana, lagi sakit atau engga, ibu hamil juga ga diperiksa cuma di data aja. bayarnya seikhlasnya ga di patok. pmt nya juga enak2 misalnya bubur kacang hijau dengan roti, nasi tim ayam dengan buah, puding dengan susu dll. semua pake dana pribadi ketua kadernya karena kalo pake dana dari pemerintah ga cukup untuk buat pmt begitu. bahkan dari Rw lain pengen pindah posyandu karena liat pmt nya enak2 dan bayar seikhlasnya

Baca lagi
VIP Member

Sharing jga bun Dilema bgt klo ke posyandu krn bnyk bgt kader yg kurang paham Klo di domisiliku sih Alhamdulillah gk pada julid tp mlah kurang aware aja Anaku umur 4-5-6 bln TIDAK NAIK (sesuai KBM) tp dibilang gpp yg pnting ada naij dikit. Sbg ibu untungnya aku aware lngsung bawa ke DSA jd bs tertangani. Skrg ke posyandu cm formalitas aja sih buat bermasyarakat ktmu tetangga hehehe Tp klo masalah PMT sih bagus disini pasti menu lengkap sayur+lauk+nasi+buah gk dipatok jg byr brp Jadi bun mnding priksa sndiri aja di klinik klo ke posyandu formalitas aja deh

Baca lagi

aku baru tahu klo posyandu itu ternyata bayar ya bu, selama ini aku dtg dtg aja krn disuruh bu kader , kadang mager juga si bu soalnya pernah buku kia nya diminta dikumpuli. trus gk dibalik2in lama bgt pas giliran mau dibalikin aku was was bukunya ilang, malah aku nunggu itu buku kia duduk disitu lama bgt gak ktmu2 klo gk aku cari sendiri. kadernya ada yg aneh kaya niat gak niat 🤫 tp ada yg baik dan ramah juga si bun, tergantung pribadinya mungkin itu kadernya kurang ilmunya san pengetahuannya juga ya

Baca lagi

Bagaimana dg ku bun 😂 umur 25 bntr lg 26th skrng hamil anak ke 2 bb cuma 50kg usia 28w ku jawablah " hamil anak pertama juga perut kecil walaupun bb gak nyampe 60kg tp keluar normal 3kg, bagaimana dg yang perutnya besar tp pas lhir bayinya kecil. perut itu bukan patokan selagi dokter bilang normal " padahal bidan nya aja bilang normal semua, karna body ku kek orng korea gak bengkak nih badan terutama kaki. gemesss sm orang yg berpatokan kalo perut besar badan bengkak itu bayinya gedee

Baca lagi

Sabar ya bun... beda orang beda cara pikirannya. Berarti segitu lah batas ilmu mereka.. Dan hamil itu gak harus gemuk atau perut terlihat kecil. Yg penting waktu di USG janin sehat dan aktif udah bagus kok. Dan aku baru tau kalau posyandu bayar. Di tempat ku tiap bulan di adakan posyandu.... yg di biayai oleh anggaran desa. Tiap bulan itu menunya beda². Kadang nasi dan kadang bubur... tapi tetap di selangi am buah²an dan jus. Kadernya kalau di daerah saya di gaji oleh pemerintah...

Baca lagi