Gimana cara menghadapi anak tetangga yang suka memukul anak kita?

Kebetulan baru pindah rumah sekitar 3 bln anak punya teman baru usia 4 tahun anak perempuan Anak saya usia 2 tahun anak laki laki, temannya tsb suka kadang memukul anak saya krna mainanya ingin dipinjam, tp anak saya diam saja, saya sndri ga enak marah sama anak itu krna ibunya juga baik, saya cuma bilang sama dia kl main jangan suka mukul ya, tp tetap saja bgtu berulang lagi, sebaiknya gimana ya atau anak saya tidak usah bergaul lagi dengan temanya itu krna saya takutnya dia akan menyontoh temanya suka memukul

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Anak gak bisa lo sekali dikasih tau lgsg paham, perlu diulang2 dan berkelanjutan. Kamu sbg ortu hanya bisa jadi penengah, jangan ikut2an jadi anak kecil. Anak umur segitu emang egonya masih tinggi, apa yg didepannya ya itu miliknya. Bawa mainan sendiri2 kalo main, atau kasih mainan satu2 sambil bilang "semua udah pegang mainan, gak boleh berebut". Takut anak niru? Anak perlu disounding juga, kasih tau kalo memukul teman itu gak baik biar jangan ikut2an. Anak kan juga perlu tau yg namanya "memukul" itu yang mana. Membatasi anak dalam bergaul itu bukan solusi, karena mau gimanapun semakin anak besar semakin banyak dia bereksplorasi dan berekspresi. Lebih baik biarkan dan kenalkan sambil diarahkan.

Baca lagi
2y ago

saya punya anak bun, saya tau namanya anak kecil kek gimana. Kita jadi ortu ya harus lebih bijak, banyak sabar. Sekali ngomong sama anak kecil ya gak bakal didengar. Menjauh pun bukan solusi.

diingetin terus aja bun. bilang ke ortunya juga gapapa, dengan cara yang baik tentunya.