Apakah 4 bulanan dan 7 bulanan itu penting?

Izin bertanya bunda adakah disini yang hamil masuk tm 2/ mau masuk tm 3 tidak pernah acara 4bulanan/7 bulanan?Apakah acara tersenut penting bun? #bantusharing #newmom #ingintahu #firstmom

27 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

lebih ke tradisi masing" daerah sih kak itu.. ga wajib, 4 bulan itu kita perlu doakan dan sering" sholawatin klo muslim krna 4 bulan sudh di tiupkan ruh ke janin, bisa juga mulai sering di bacain surat yusuf dan maryam serta surat" pelindung diri.. kalo mai sedekahan boleh dengan masak dan di bagikan ke tetangga atau anak yatim gtu, niatnya untuk sedekah aja, walaupun momennya waktu 4 bulan 7 bulan kehamilan kita.. klo masalah tradisi tiap suku beda beda, klo jawa biasanya ada yg kaya siraman gtu gtu juga klo ikut tradisi.. klo cerita ortuku dulu cuma undang saudara minta bantuan untuk doakan trus bareng" baca surat yusuf dan maryam waktu 4 bulan dan 7 bulan.. masak ya sekedarnya aja untuk makan bareng" gtu sih klo kata ortuku.. krna dulu tinggal di rantau juga jdi kan saudara kandung sedikit..

Baca lagi

sebetulnya dibilang penting pun enggak juga bun. kalau dalam agama muslim, kan sangat dianjurkan membaca ayat Al Qur an yg sesuai dg ketentuannya. itu yg paling penting karna saat itu malaikat meniupkan ruh. kalau untuk tradisi seperti syukuran ini itu sampai mengeluarkan biaya dan tenaga, itu mending gausah.. aku kemaren pengennya sederhana aja keluarga ngaji cukup. tapi yag namanya orang orang tua, pengennya diacarain sesuai tradisi., jadinya kami yg kalah deh, karna sedang di rantau, acaranya di kampung. jadi, mending sederhana aja, dripada merasa terbebani, karna islam tidak memberatkan bund.. itu hanyalah tradisi, bukan kewajiban 🫶

Baca lagi
VIP Member

Kalau menurut aku, acara 4 bulanan atau 7 bulanan itu adalah tradisi bund. Kalau ditanya penting atau engga, yaaa balik lagi esensi diadakan tradisi tsb adalah memohon Doa agar Ibu dan Calon Bayi dalam keadaan sehat, kehamilannya lancar sampai persalinan dan anaknya lahir dgn sehat, selamat dan sempurna serta JD anak yg Sholeh/Sholehah kelak. Justru yg terpenting itu adalah aqiqah Bund, jadi saranku drpd uangnya buat bikin acara besar besaran di 4 atau 7 bulanan, mending disimpan utk nanti aqiqah-an. Untuk 4 atau 7 bulanan, bisa dgn bagi bagi nasi berkat aja ke tetangga sekalian minta doanya..

Baca lagi

gak wajib saya setiap hamil gak pernh 4 bulanan cm sodaqoh ke anak2 saja sama tak ngajikan sendiri baca2 alqur an. untuk 7 bulanan klo disini cm hamil anak pertm saja klo ke 2 ke 3 dst tersrh saja gak 7 bulanan g pp soale ada yg namanya persiapan bayi itu banyak dan mahal ada lagi persiapan lahiran dan habis lahiran lebih baik uangnya buat lhairan sama biaya aqiqah nanti...

Baca lagi
VIP Member

itu acara adat dan tradisi aja bun.. kalau dari sisi Agama Islam ga ada wajibnya bahkan hukum sunnahpun ga.. kalau ada budgetnya silahkan, jatohnya syukuran aja... yg lebih penting itu Aqiqah.. karena ada aturannya di Islam.. itu juga di bagian potong kambingnya, ga ada keharusan bikin acara.. saya juga ga 4 & 7 bulanan bun..

Baca lagi
1mo ago

bunda tanya aja ke ybs, bunyi hadistnya dan apakah termasuk hadist shahih atau tidak.. saya tidak ingin mendebat 😊 sependek yg saya tau ada hadist tentang peniupan ruh.. tapi tidak ada tuntunan tentang harus selametan.. selametan itu tradisi.. tidak ada hukum wajib, bahkan tidak ada hukum sunnahnya. seperti d komen saya, kalau bunda ada budget ya silahkan aja, jatohnya syukuran aja. 😊

engga penting, itu cuma tradisi aja.. klo bunda muslim, lebih dianjurkan bundanya yg sedang mengandung mengaji setiap hari, dengerin murotal dll..yg penting aqiqah, itu yg sunnah, yg dicontohkan rasul,,uangnya ditabung aja bun buat perlengkapan bayi, pegangan pas lahiran sm aqiqah 😇

saya 2020 hamil ngga ngadain 4/7 bulanan, cm ngadain aqiqah stlh anaknya lahir. ga penting mak, itu cm tradisi. yg penting itu rutin usg, jaga kesehatan, makan makanan bergizi, minum multivitamin, ngga skip olahraga, istirahat yg cukup, berdayakan diri ttg ilmu2 persalinan/menyusui/parenting.

TapFluencer

me too, anak ketiga udh gak ngadain lg. Ikut sunnah sembunyikan kehamilan, umumkan aqiqah aja, gara2 sblmnya keguguran baru aja diumumin. bukan percaya ga percaya, tp lbh baik digunakan uangnya utk persiapan melahirkan yg lbh tak terduga

1mo ago

@dewi iyaa kak bener dah tak diemin aja kadang kalau dah ketahuan hamil dah di kasih wejangan wejangan tak iya in aja biar cepet kelar 🤣 makasih banyakk kak sehat selaluuu

bagi saya engga bun, krna dari hamil anak prtma dulu sampe skrg hamil anak ketiga ga prnah ngadain acra tsb. alhamdulillah saya dan suami 1 suara, mskipun dulu waktu anak prtma ortu dan mertua menentang krna ga ngadain.

mv semua saya ga pernah acara 4 bulan dan 7bulan karna ga ad dananya tpi, saya berdoa aj semoga selamat dan sehat ibu debay ny.. Krn saya org ga mmpu gaji suami juga pas"san msa hrus di paksakan klo ga ad Bu..🥹

1mo ago

gpp bund, ga dosa kok. justru bagus selalu berdoa supaya ibu, bayi, & ayah sehat selalu. lancar persalinannya ya bund.