terancam diusir dari kontrakan

Inget ga, aku pernah cerita kalau suamiku guru honorer dgn gaji 300-500/bulan Dan aku gaji 3jt-3.5jt/perbulan Nah udah 2 bulan aku dan suami blm bayar kontrakan Kenapa? Kan gajiku 3jt 1. Aku full tdk dinafkahi, semua keperluan sehari hari aku yang nanggung Ikhlas? Insyaallah 2. Anakku minum sufor 1bulan bisa habis 20box sufor yang berat nya 200gr Belum lagi diapersnya 3. Pulsa internet ku pakai berdua dgn suami Kenapa? Karna suami ga bisa beli kuota internet Lalu uang dia yg 300-500 kemana? Dia punya arisan 300/bulan (ini wajib utk semua guru) Cicilan hutang ke temen nya 375rb Kontrakan 750 Nah dr gajinya ga akan cukup kan? Makanya dari 3jt itu udah ku bagi antara uang bensin buat dia, pulsa internet, makan sehari2, susu dan diapers Cukup ga kira2? Alhamdulillah engga cukup Tapi mau gmn lagi Namanya rumah tangga, pasti ada susah dan senang Mungkin skrg lg dikasih susah nya Suami bukan ga mau kasih uang atau cari kerja lain Dia sudah mencoba gojek tapi hasilnya nihil Dia pakai akun teman nya dan paling bisa narik hanya 2-3kali sehari itupun dibayar pakai gopay Dia ga bisa ngelamar kerja lagi karna ijazahnya ditahan disekolah dia waktu SMA Lah kok bisa ke guru honorer? Yang punya yayasan kenal baik dgn suami, makanya suami di percaya ngajar disitu Entahlah bun Semua terasa sesak, ku harus cari uang kemana sedangkan aku baru cuti melahirkan 2.250.000 mungkin utk sebagian bunda bukan nominal besar Tapi buatku, segitu bisa utk aku bertahan dari hujan dan panas selama 3 bulan Bun, doakan keluarga kecil ku ya Semoga selalu diberikan kesehatan agar bisa cari rezeki Ku hanya kepikiran, harus kemana aku pergi sedangkan anakku baru genap 2bulan kemarin Rumah orang tua dan mertua sangat sempit gada lagi ruang utk aku dan anakku tdr dan mau dikemana kan bareng2 ku disini Ya Allah, sampai gemetar rasanya aku nulis ini Bukan bermaksud utk dikasihani Hanya minta doa dari bunda2 disini Agar aku selalu dikuatkan Kita ga tau dari doa mana yang di kabulkan Mungkin bisa jadi doa dari bunda2 disini Maaf yang kurang berkenan utk membaca ?

121 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bismillahirohmanirrahim.. insyaallah bunda akan diangkatkan derajatnya.. 5th awal pernikahan memang diuji atas ekonomi keluarga.. berikan sedekah.. insyaallah untuk tabungan bunda.. Saya dulu hanya mengandalkan gaji suami seminggu hanya 500rb.. saat itu sya resign kerja dr bank dan sedang hamil muda.. saat itu punya tab 5jt dr kerja ku dlu.. tiba2 allah berkehendak lain.. allah ajak pulang anak ku.. uang tabungan yg nnt nya untuk lahiran anak ku malah untuk biaya perawatan keguguran di rs.. insyaallah sya ikhlas.. sehari2 saya makan lauk tempe tahu kadang paling bagus ikan pindang.. pas masih hamil aku gabisa menuhin nutrisi janin ku.. kita berdua makan selalu sepiring, suami ku selalu nyuapin aku daging nya.. dia hanya makan kepala ikannya.. aku nangis tanya knp hanya makan kepala ikan nya saja.. dia ngeles "aku lbih suka kepala ikan nya sayang.. kamu makan daging nya yaa biar sehat sama anak kita" kadang tanpa sepengetahuan ku dia menangis karna kebutuhan dan hutang yg banyak.. Kalau tanya dibuat apa aja gaji 500rb/minggu itu ? Sya buat beli beras + air minum + susu prenagen 50rb untuk seminggu + nabung buat bayar hutang.. sisa nya untuk menuhin makan seminggu.. Saya ikhtiar selalu sedekah ke anak yatim tetangga dkt rumah meskipun hanya 10rb untuk uang saku sekolahnya.. karna dia masih kelas 1sd dan gapernah punya uang saku karna ibunya janda dan cuma irt.. Kemudian 2bln lagi saya dikasih amanah sama allah.. aku hamil yg kedua.. dan kandungan ku beresiko.. kami gapunya uang untuk cek up ke dokter kandungan.. akhirnya kami putuskan untuk ke bidan dulu.. sama bidan suruh tes darah lengkap di laboratorium dan usg di rs yg di tuju.. pas tes darah aku pakai kartu KIS hanya bayar 60rb aja.. yg usg ternyata 102rb + nebus resep 700rb an.. saya menangis karna mau nyari uang kemana.. akhirnya suami diam2 wa teman2 nya untuk pinjam uang.. Qodarullah akhirnya suami ketrima kerja di pabrik dg gaji 5jt an/bln.. dan skrg sya sdg hamil 30week.. Allah gapernah tidur bun.. menangis saja sama allah.. mohon berikan segala kemudahan untuk anak dan keluarga bunda.. dan ajak suami ikhtiar cari kerja sampingan.. insyaallah semua bakalan terjawab..

Baca lagi

Perlu dipertanyakan itu yayasannya jika memberi gaji segitu dengan wajib arisan sekian. Kalau gaji 500-800 wajar jika masih training, biasanya sekitar 6bulan masa training ketika mengajar di sebuah yayasan. Selebihnya biasanya sudah jadi pegawai tetap dengan kesepakatan gaji sesuai UMR daerah. Namun, jika suami bunda bekerja dalam sebuah pondok pesantren, gaji sekian wajar bun. Kenapa?? Karena dalam pesantren kita tidak mungkin bisa mendapat keuntungan secara finansial, namun keuntungan kita dapat dari keikhlasan. Mohon maaf sebelumnya bunda,, saya ibu rumah tangga dengan 2 anak lelaki, insyaAllah tambah satu lagi. Suami saya juga pegawai yayasan dengan gaji 2jt5rts perbulan. Dua balita saya sufor semua. Kami hidup jauh dr orangtua. Tapi kami yakin, Allah akan mencukupkan kita. Kami hidup amat sangat pas2sn. Beli kuota jarang, paling 2gb utk berdua. Solusi untuk bunda, bunda bisa mencoba untuk mencatat kebutuhan yg dinilai sangat pokok, kalkulasi biayanya. Kurangi pemakaian kuota internet, jika anak sudah MPASI maka buatkan MPASI homemade karena lebih murah. Benar2 membatasi diri untuk membeli barang yg tidak begitu perlu.

Baca lagi
5y ago

Kalau honorer di kantor pemerintahan biasanya sekitar 500an bun. Sebenarnya kalau yayasan tergantung kebijakan yayasannya sih.. hanya yang menjadi pertanyaan kok ada wajib arisan sekian dengan mukafah sekian.

Semoga dilancarkan rezekinya bunda. Saya juga guru jd tahu betul gajinya seberapa. Saran saya: 1. Coba suami bunda masukkan lamaran ke bimbel yang bisa freelance. Dulu pas saya gadis saya jg ngajar di bimbel (Ganesh* Oper*tion) lumayan loh bund nambahnya kalo jadwal full bs smpe 3jt. Paginya saya ngajar disekolah siang smpe malam saya ngajar bimbel. Enaknya di bimbel karena gaji kita sesuai dgn jadwal mengajar. Kalo aku dulu sehari bs smpe 3 sesi. Jam 14.30, 16.30, sma 18.30 ... Ngajarnya malah smpe hari minggu. Kan lumayan bund itung2 suami bs nambah pemasukan... 2. Suami bunda melamar jd guru tetap bimbel. Itu gajinya jauh lebih lumayan. Bisa 3-5jt sebulan. Bisa coba melamar dibimbel Prim*gam*, Ganesh* Operati*n, Nur*l fikr* 3. Kalo gak suami bisa buka bimbel sendiri dirumah. Ngajar anak2 mulai dr preschool (membaca, menulis), TK, SD, smpe SMP. Mapelnya (Mtk, IPA, IPS, Bindo, dan Bing).. Lumayan loh bund uangnya. Apalagi nanti mereka biasanya cerita dr satu orang ke orang lain. . . Maaf yaa bunda saya hanya sekedar saran saja 🤗

Baca lagi
5y ago

Anonim : iya bund bisa kerja dibimbel atau buka bimbel sendiri. Saya edit lg ya..

Subhannallah semoga segera diberi kemudahan olehNya bund, saya pun soal keuangan hampir sama kaya bunda nominalnya. Tp ini masih hamil anak pertama.. awalnya kondisi keuangan aman, tabungan aman. Cuma akhir2 ini lagi seret ngatur keuangan karna brbagai keperluan yg sebagian sifatnya mendadak bgt diluar dugaan dg jumlah besar. Belum lagi kalo dedek udah lahir brarti harus siap2 saya ngatur lebih jeli lagi, lama2 agak pusing serasa jadi menteri keuangan🤦🏻‍♀️ semoga cerita bunda juga bisa jadi peringatan dan petunjuk buat saya kedepan. Kalo saya pikir2 emg bener suami bunda perlu cari kerjaan lain deh, guru honorer buat kepala rumah tangga kok kyknya kurang pas ya mengingat waktu yg dikeluarkan dan gaji yg didapat nggak seimbang dg tanggung jawab keluarga. Btw kok bisa ijazah ditahan di SMA itu gimana ceritanya ya bund??

Baca lagi
5y ago

Bisa kerja di bank krna dpt ijazah yg legalisiran aja.. dan punya temen yg kerja dsitu jg

Bun aku sekarang jadi IRT dan semua ditanggung sama suamiku yg juga guru honorer dan bunda tau kan gaji honorer berapa. Tapi alhamdulillahnya semua serba cukup. Itu semua karena sedekah. Bukannya riya, tapi ini kenyataannya. Karena saya IRT, adikku suka membawakan wadah kencleng dari KAI atau DT. Tiap habis shalat subuh usahakan sedekah meski itu hanya 1rb atau 2rb perak. Terus minta suami untuk shalat di masjid. Bubun amalkan al waqiah tiap hari dibaca. Insya Allah itu pembuka rejeki. Dan yg terpwnting yakin sama janji Allah. Kalau kita memberikan uang di jalan Allah (sedekah) Allah akan menggantinya berlipat ganda.

Baca lagi

Assalamualaikum bund Terima kasih atas saran dan doa nya Suamiku sudah resign dari sekolah Dan fokus utk jadi video editor Alhamdulillah suamiku punya kemampuan buat bikin video, seperti utk YouTube, wedding dan acara2 lain Dan hari ini, suamiku test kerja di Cileungsi Bunda2 yang baik, boleh sy minta didoakan sekali lagi? Doakan supaya suamiku lolos test dan bisa keterima kerja Biar bisa beli keperluan anakku dan bayar kontrakan Mohon doa nya ya bunda Terima kasih banyak, semoga doa yang baik berbalik ke keluarga bunda semua Aamiin ♥️♥️ Wassalamu'alaikum warahmatullahi

Baca lagi
4y ago

Aamiin. Semoga lancar ya bun

Lancar dan selalu dimudahkan bun. Kalau saran saya, suami belajar berwirausaha, kalau sudah lumayan jalan, keluar aja dari ngajarnya fokus di wirausaha. Begitu menurut saya yang realistis bun. Aduh kan gak punya uang gimana mau usaha? Dicoba dulu cara berusaha yg nyaris gak pakai modal. Jaman sekarang udah bisa berdagang gak pakai modal. Mulai dari dropship, marketer, dll. Cara jualnya tinggal optimasi media sosial. Caranya? Coba googling dulu dan belajar sendiri dari baca2 artikel gimana optimasi media sosial buat jualan. Yang penting mau berikhtiar, belajar, dan selalu berdoa. :)

Baca lagi

Saran saya, 1. anak gausah pake diapers, pake popok kain aja biar lebih hemat 2. Sufor belinya jgn yg 200gr, langsung yg gede aja misal 800gr, biasanya lebih murah ukuran gede 3.minjem dlu sama ortu atau mertua buat bayar kontrakan bisa gak? 4.kalo kontrakan tsb udh terbayar, bulan depan cari kontrakan yg lebih murah aja meskipun lebih kecil. 5.seberapa penting pemakaian internet untuk kamu dan suami? Kalo cuma buat sekedar buka sosmed, perbulan dibatesin budgednya sekian, jgn beli lg kalo kuota tsb habis sblm 1 bulan. Cuma bisa kasih saran 🙏

Baca lagi

bun , memang cuti 3 bulan gaji nya 1 kali aja ? Engga setiap bulan dapet gaji juga ? Susu nya beli box besar sekalian bun biar lebih hemat , diapers nya opsi yg murah atau yg bisa d cuci itu bun bisa lebih hemat lagi sabar ya bun , allah ga mungkin ngasih cobaan di luar batas nya, Maaf2 ya bun, kalo jadi kuli di proyek2 bangunan gajinya lebih besar dr honorer bun, itu opsi kalau seandainya ga ada harapan ke depan status honorer di naikkan , kebutuhan makin ke depan makin banyak bun, kalo istri yg mati2an menuhin koq takut ke bundanya yg jadi beban psikis ,

Baca lagi
5y ago

suami saya yg kerja di transjakarta aja gak jelas kontraknya bund.. ada yg nawarin kerja proyek sehari bisa 300rb kayaknya bakal di ambil kalau di putus kontrak.. saya mau ikut kerja tapi anak 2 gak ada yg jaga. huhu

Semoga dilapangkan rezekinya ya bun. Saya juga sama lagi sempit rezeki dan saya full irt tapi alhamdulillahnya saya ga ngontrak jadi ga ada kewajiban bayar kontrakan bun. Suami saya kerka lagi serabutan, malah sering ga bawa uang samasekali kerumah. Tapi Allah selalu ngasih rezeki ke arah yg ga disangka2 bun. Apalagi saya lagi hamil dan anak pertama 20 bulan. Saya masih menyusui karena berat kalo harus beli sufor mending dipakai untuk keperluan lain. Semangat bun insyaAllah kita bisa melewatinya bun

Baca lagi