14 Tanggapan

Saya baru d rawat dari Rs bund krn morbing sickness yg parah, gak bs makan. Saya pakai bpjs, RS tersebut tetap menerima kita, tapi buku KIA harus ada. Kebetulan saya blm dapat buku KIA, jdi setelah keluar RS KTP saya ditahan utk kembali membawa buku KIA tsb dlm waktu 3x24 jam klo tdk bpjs tdk menanggung biayanya. Jadi intinya, ibu hamil WAJIB kontrol ke puskesmas setidaknya utk mendapatkan buku KIA tersebut. Jadi kalau mau masuk RS mendadak aman bund. Itu pengalaman saya.

Dan untuk masuk rumah sakit boleh tidak ada buku KIA bunda, tetap diterima dan dirawat tp setelah itu tetap diminta karena salah satu syarat pengajuan bpjs rumah sakitnya.

kalau urgent biasanya bisa langsung masuk ugd RS buun.. tapi kalau lahiran normal saya belum tau ada ceritanya.. ada yang pernah cerita sih kalau mau lahiran normal di RS, langsung masuk ugd itu minimal udah pembukaan 4.. tapi yang penting kontrol kehamilan dimanapun pakai buku kia bun, biar pas lahiran dimanapun dokter/bidan bisa nanganin nya.. tau riwayat bunda dsb..

bisa bund bawa KK KTP SMA BPJS jaga jaga aja bund .. langsung ke loket pendaftaran suaminya .. punya BPJS buat USG juga bisaa .kalau GK digunakan rugi kitanya kaya dulu saya rugi bnget .cuman skali USG pake BPJS wktu hamil besar .pdahal bisa 3 kali rujuk klo mau USG.

terima kasih infonya ya mam ❤️. sehat selalu 🙏

setahu saya bund.. kalo gawat darurat BPJS bisa digunakan tanpa adanya rujukan.. masuknya IGD dulu bund.. kecuali kalo memang sesar karna sungsang dan belum ada tanda tanda lahir biasanya minta rujukan bund.

klo bunda lngsung ke UGD/igd RS bisa ko Bun tanpa harus minta rujukan faskes 1, kerna aku pernah urgent pendarahan dan masuk UGD dan akhirnya kuret,tanpa harus minta rujukan

sekalipun ga pernah cek kehamilan sama sekali di faskes 1 tetap bisa ya mam berarti?

VIP Member

Kalau keadaan urgent apapun itu bisa dipakai tanpa rujukan mba. Anak saya demam di hari minggu langsung ke ugd rs kok, krn faskes 1 nya tutup

VIP Member

bantu jawab kbetulan saya lahiran prematur krn pecahan ketuban sebelum waktunya di usia 32 weeks langsung ke IGD tanpa rujukan 😇

sama sama. aamiin 😇

GPP kok periksa aja sekalian ke RS Ama Puskesmas. di puskesmas dapet vitamin gratis dari bidannya lumayan gak perlu beli lagi.

aku dulu pake bpjs gratis urgent lahir prematur dan di kota suami padahal bpjs nya kota aku tapi tetep bisa di pake selama itu urgent

waah terima kasih banyak infonya ya mam 🙏🙏.. sehat selalu

selagi urgent dan masuk igd gak usah ke faskes 1 gpp. masuk igd itu lngsung di cover BPJS, mau di RS mana pun bisa.

Pertanyaan populer