Usia Kehamilan antara HPHT dan USG berbeda dan terjadi Pengapuran Plasenta.

Haloo Bunda.. saya mau sedikit cerita dan minta saran jg dr bunda barangkali ada yg prnh mengalami. Bun, barusan td sore saya periksa USG. Usia kehamilan saya klo sesuai dgn HPHT sudah 37 minggu. Tp pada saat td diperiksa ternyata UK saya sudah 39-40 minggu dgn BBJ 3.7kg. Dokternya jg kaget. (Note: Sebulan yg lalu BBJ dede: 2.4kg, usianya 34w, ini jg berbeda dgn hpht). Dan yg buat saya kaget jg, ternyata plasentanya sudah trjadi pengapuran. Posisi dede kepala sudah dibawah (tp blm masuk panggul). Lalu kata dokter jg, air ketuban dibagian kepala dede sedikit, lebih banyak diarea pantat. Dokter menyarankan utk segera dilakukan persalinan, saya diberi waktu skitar 5hari. Kata dokter krna kondisi plasenta yg sudah mengalami pengapuran jd harus disegerakan, krna dikhawatirkan akan sangat berpengaruh ke dedenya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan akan di induksi l. Saya td sempat syock, krna hpl di awal Mei. Adakah bunda yg mengalami hal serupa? Bagaimana menurut bunda? Saya dan keluarga memutuskan utk segera melakukan persalinan hari Jumat besok. Mohon doanya yah bunda-bunda semua 😊πŸ₯² Sehat selalu bunda semua πŸ₯°

5 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya ga punya pengalaman soal BBJ besar, ketuban sedikit dan pengapuran plasenta bun. ini juga saya baru pengalaman hamil pertama. saya cuma bisa bilang semangat ya bun. selamat bentar lagi ketemu dedenya. semoga persalinannya lancar, bunda dan dedenya sehat selamat. Amin.. kalau BBJnya 3,7 apa masih di induksi ya bun? tidak lebih aman SC karena BBJnya besar?

Baca lagi
1y ago

Aamiin.. terimakasih bunda utk doa dan semangatnya. Bunda dan dedenya jg sehat2 yaa. Klo tadi kata dokter disuruh induksi bun. Mgkin nnti klo ada indikasi penyulit baru SC bun, tp mudah2an bisa normal.

pengalaman anak pertama..kalau sudah d bilang pengapuran langsung ke rs karena bisa terjadi keracunan pada bayinya..saya dulu d induksi ujung"nya d sc....semoga ke dua bulan depan bisa normal

kalau saran saya bund, dr pada membingungkan, coba cr second opini, coba kontrol di dr. Obgyn yg lain, biar bunda bisa lebih tenang dgn keadaan bunda dan bis amengambil keputusan yg tepat..

saya juga begitu bun, plasenta sudah menua sedangkan usia kandungan masih 36 week dan debaynya belum masuk panggul 😒 jadi worry nih bund.

1y ago

saya juga priksa d umur khmlan 36week pengapuran plasenta bund, tpi katane doktere masih aman krna air ketubane masih bagus, jernih , cukup.

jadi akan segera di tindak ya bun?jadinya di SC atau Induksi bun?

1y ago

Aamiin bunda.. smga dede bunda segera launching ya. sehat selalu bunda dan dede. Saya di induksi di RS, dan alhamdulillah sudah lahir 15 April. Saya pd akhirnya di SC bun, krna Induksi 2x gagal. Alhamdulillah saya dan bayi saya selamat dan sehat. tinggal recovry bun.