Bahas Tentang Penggunaan Popok pada Bayi

Halo Parents, masih suka bingung nggak mengenai penggunaan popok pada bayi baru lahir Bagusnya pakai popok kain atau popok sekali pakai, ya? Selain itu, Parents juga mungkin bingung jika tiba-tiba muncul ruam di kulit bayi akibat penggunaan popok. Bagi Parents yang punya pertanyaan seputar popok bayi dan masalah kulit akibat penggunaan popok, boleh langsung tanya di kolom komentar ya! Saya akan menjawab pertayaan Parents secara langsung! --- Oh ya, jangan lupa untuk kunjungi fitur pemantau popok theAsianparent di sini: https://bit.ly/3D4L3a7

Bahas Tentang Penggunaan Popok pada Bayi
12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

sejak umur berapa anak bisa/boleh pakai popok kain/clodi, Dokter? sebetulnya untuk newborn itu lebih baik pakai popok apa ya Dokter? pasti masih lelah untuk cuci-cuci setelah melahirkan

2y ago

Bunda Reyza, popok kain bisa dipakai sejak new born akan tetapi proses pembersihannya akan lebih memakan waktu dibandingkan popok sekali pakai. Sehingga diserahkan kepada ibu masing-masing, kalau punya waktu lebih boleh memakai popok kain tp kalau ibu nya sibuk atau bekerja di kantor bisa pakai pospak agar lebih efisien waktu.

siang dok putra saya sudah berumur 15bln saya pakai popok clody/popok cuci ulang kadang dia garuk² bagian pantatnya tp saat saya cek tdk ada ruam atau bruntusan. kira² knp dok yaa?

Baca lagi

dok.. kalo caranya biar bisa lepas popok gimana ya, ini kalo pake cludi mau bilang kalo pup tp kalo popok, diem aja😕 putra saya saat ini berusia 28bl

Baca lagi
2y ago

iya benar, sayanya yg kurang sabar dok nanti akan saya cobakan lagi sebenarnya adakah batasan usia anak harus benar" lepas pospak dok?

dok amanya bayi pake clody/popok kain cuci ulang dari mulai umur berapa sampai batas maksimal umur berapa ya ? dan kapan waktu yang tepat untuk di ajarin toilet training

Agar anak cepat bisa bab/bak di kamar mandi dan gak ketergantungan pada popok gimana ? Batas pemakaian popok pada bayi berapa jam ?

2y ago

gak di paksa Kok dok.. Hnya Membiasakan dia BAK n BAB dr dini.. anak nya aja yg mmg cpt ngerti gak mau Pipis dicelana.. mngkin Mmg pertumbuhan nya Cpt.. 9bln aja Udah bisa Jalan Kok..

VIP Member

mohon ijin dok, anak sy perempuan umur 7 bulan. pantatnya kering dan belang dong pdhl setiap sebelum pakai pospak selalu sy kasih minyak kelapa murni. bagaimana ya dok ?

2y ago

Bunda Farzana, untuk bayi perempuan, sebaiknya ibu perhatikan arah pembersihan dengan baik. Lakukan pembersihan dari arah vagina menuju anus. Jangan membersihkan vagina terlalu dalam untuk menghindari kuman masuk ke dalam vagina. Sebaiknya, keringkan pantat dan organ vital bayi dengan menepuk-nepuk bagian yang basah. Jangan menggosok dengan keras karena menyebabkan iritasi. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan ketika akan membersihkan organ vital dan pantat bayi, seperti: 1. Tempat yang Aman dan Bersih. Jangan lupa untuk persiapkan tempat yang bersih dan nyaman ketika membersihkan bagian pantat anak. 2. Siapkan Popok yang Bersih. Jangan lupa untuk mempersiapkan popok yang bersih sebagai ganti. 3. Siapkan Peralatan Kebersihan. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang digunakan untuk membersihkan pantat maupun organ vital anak. Sebaiknya siapkan handuk lembut dan air hangat.

ijin bertanya dok...anak sy laki blm sunat usia 6 bln..kadang muncul noda oranye di pospaknya..apa dampaknya kl tetap memakaikan pospak untuk sehari-hari dok?

2y ago

Bunda Marlena, bayi belum disunat tidak akan bermasalah jika bunda memperhatikan hygiene pada alat kelaminnya. Pastikan bunda selalu membersihkan ujung penis bayi setiap habis Mandi dengan kapas bersih yg dibasahkan dengan air steril. Sementara itu, noda orange/merah bata pada diapers adalah hal yg wajar oleh karena adanya kristal urat dalam air seni bayi yg bereaksi dg diapers. Kristal urat adalah salah satu metabolit yg difiltrasi oleh ginjal jadi normal adanya. Hal ini banyak terjadi pada bayi yg baru lahir oleh karena ASI- nya masih sedikit sehingga bayi relatif "dehidrasi" (tidak dehidrasi sebenarnya) yg menambah pekatnya warna urin dan bisa juga muncul lagi pada beberapa bulan berikutnya (masih dalam usia bayi). Namun, jika memang ada gejala lain seperti bayi tidak nyaman saat BAK maka bisa mencoba untuk cek urine apakah benar kristal urat atau ternyata eritrosit dan perlu juga cek adanya ISK dengan melakukan pemeriksaan hitung jenis leukosit & kultur urine.

dok knp ya kalau anak keseringan pake pospak malah bikin ruam? terus ada gak dok tips aman pakai popok sekali pakai?

2y ago

wah Terimakasih dok atas penjelasannya 🥰

Saya berencana memakai Clodi untuk NB, Dok. Apakah lebih baik dibanding dengan popok kain yang biasa dan popok sekali pakai?

2y ago

Terimakasih Dok untuk penjelasannya. Sehat dan sukses selalu 🙏

TapFluencer

dokter ijin bertanya baiknya anak diajarkan untuk lepas penggunaan popok pada usia berapa ya? anak saya usia 12bln 🙏

2y ago

Bisa dimulai di usia kurang lebih 1 tahun dengan syarat sudah bisa duduk dan berjalan dengan tegak ya, Bun.