Mpasi dini

Halo bunda.. Adakah disini anaknya mpasi dini? Anak sy skrg umur 5bln Klo lht sy makan pasti dy lgsg ambil lgsg pengen..sy jd ga tega pgn segera mpasi in dy.. Baiknya konsultasi ke dsa dlu apa lgsg dksh mpasi aja?

Mpasi dini
71 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sebenarnya pencernaan bayi siap menerima makan itu mulai 4 bulan bun itupun makanan yang encer kya bubur susu gtu. Setau saya bayi di atas 4 bulan sudah bisa mencerna tapi belum sempurna makanya disarankan nunggu sampai usia 6 bulan unk MPASI. Dan g semua bayi 4-5 bulan itu sudah bisa menelan bun jadi harus lihat kondisi bayinya juga. Kalo dikeluarga saya keponakan semua memang MPASi dini ada yang 5bulab 10 hari, ada yang 5 bulan lebih seminggu. Alasannya buat latihan saja bun cma sesendok duasendok tujuannya buat latihan menelan doank krna ada salah satu ponakan yg dlu usia 6 bulan masih blm bsa menelan dan cma mw minum susu. Kalo unk kasus nya bunda lebih baik konsul ke DSA dlu bun krn kondisi tyap bayi kan beda2. Bayi saya cocok dg MPASi dini belm tentu cocok di bayi bunda.

Baca lagi

Aku konsul dulu ke bidan dan sempat nanya sm dsa.. kebetulan anakku 5 bln 2minggu.. Memang anakku sufor campur asi, jd biasanya kalau yg sufor katanya bisa mpasi di 5bln, asal.memenuhi syarat.. Udh diatas 6kg, udh tegak, sm sudah ngerti makanan.. Dia udh tau makan maksdnya, dan sy juga kasih kmrin masih yg lembut2 bgt, lebih ke cair.. Alhamdulillah lancar.. Dan dikasih makannya masih 1kali, siang aja.. Sore paling selingan buah.. Nnti kalau sudah 6 bln baru deh 3 kali..

Baca lagi

Sbner ny balita itu gk hny liatin org mkn kya kpengen mkn liat org mlakukan aktifitas lain ajh dia ky kpengen itu karna rasa pnasaran dan keingin tauan yg tinggi... sabar yaaa bun bntar lg... utamakan ksehatan kslamatan ank... jgn krna kita gk sabar mlh d kmudian hr ada apa2 dng ank kitu ikuti anjuran bidan ato dkter sajh itu lbih aman

Baca lagi

Kalo pengen mpasi dini karna anak nya suka pengen dan nyomot makan ibunya sebaiknya jgn dulu. Tunggu 1 bln lagi. Tapi kalo karna masalah perkembangan dan BB anak, boleh MPASI d umur segitu ASAL sudah konsul dulu ke DSA supaya tau porsinya, tekstur, dan apa aja yg aman dijadikan pengenalan MPasi. Jd nggak asal kasih cuma dikira kira..

Baca lagi

Sepengetahuan sy dulu masih di bawah th 2000 itu mpasi uda di mulai usia 4 bulan ke atas,smua tertera di kemasan bubur bayi tapi setelah th 2000 pemerintah menggalakan ASI Ekslusif selama 6 bulan pertama maka dari itu mpasi di ubah menjadi usia 6 bulan ke atas.jadi klo bayi usia 4 bulan lebih itu sudah boleh mpasi.....

Baca lagi

Konsultasi ke DSA bun. Kasihan knp ya bun, anak saya gendut umur 5 bulan lebih seminggu uda 8,4kg, kalo lihat makanan uda ky pengen, sering saya godain, iming2i sendok di depannya, dia uda mangap2 🤣🤣. Saya biasa aja bun,ngga kasihan krn uda diskusi sm DSA waktu imunisasinya, ngasi MPASI harus pas 6 bulan.

Baca lagi

Kalau aku konsul dsa dulu bun... Anak pertamaku mpasi usia 4bln soalnya... Yg penting anak udah bisa duduk tegak dan kepala udah tegak juga.. pokonya babyku di training banyak hal sama dokternya sampe dibilang siap Mpasi gitu hehehe Jadi mending konsul dulu bun.. karna keadaan setiap anak berbeda

VIP Member

Konsul dulu bun. Kalau tdk bisa konsul, saran saya mending kita tega drpd ngasih makan sblm wktnya. Saya korban mpasi dini. Ga langsung terlihat langsung saat saya bayi efeknya, tp dr dulu smp skrg pencernaan selalu bermasalah, sampe sering dikira bohong sm guru2 krn kalo sakit ya sakit pencernaan

4y ago

Oh jd klo lambung bermasalah pas gede bisa jadi grgr mpasi dini ya bu

konsul dl bun atau tunggu sampai 6 bulan kl menurut saya smw bayi ngeliat apapun bawaannya pgen masukin ke mulut sii bun, pengalaman keponakan saya. kl kt ibu saya, mw numbuh gigi, jd gatel mulutnya atau reaksi baby bgtu, pgen ngikutin ibunya/pengasuhnya.

Sabarin aja dulu bun 1bulan lagi kok hehe Anakku juga gitu 4bulan liat bunda ma ayahnya makan dia liatin dan kalau di deketin dia mau ambil dan masukin mulutnya😁 tapi saya ga kasih makan dulu karena kan emang disarankan mpasi setelah 6bln.