Anak 1 tahun 8 bulan

Halo bunda2. Mau tanya. Cara mengajari anak 1 tahun 8 bulan belajar gimana ya? Anak saya tidak fokus dan kadang bs tantrum saat diajarin kosa kata. Sy sudah rutin mengajari tapi anak sering tidak fokus. Kadang suruh dia panggil/bilang hanya diam saja. Sekarang anak saya hanya bs papa mama susu. Anak saya juga serig mengigit kalo marah. Barusan jg tangan sy digigit. Cara mengatasi bagaimana ya bunda2? Maaf saya msh belajar. Mohon pencerahannya 🙏#seriusnanya #ingintahu #firstmom #pleasehelp #firstbaby

7 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

pertama buat belajar ya ma. anak usia segitu emg ga bisa diem duduk anteng kaya anak tk or sd .. yg mau duduk di ajarin .. belajar untuk anak usia segitu harus menyenangkan ma.. misal ajak nyanyi bareng.. gpp stel in aj musik or yutup yg lagu2 kaya cicak2 di dinding atau lagu anak2 lain.. mama ajak anak mama nyanyi dan joget bareng.. (maaf sbnernya bkn membenarkan screen time ya, cuman bisa diatur karna ini untuk bareng2 didampingi mama jg, bkn dibiarin aj screentime sendiri kan atau putar musik hasil mama download or maybe lewat spotify dll) .. gausah lama2 misal putar aj 10-15 menit lagu2 .. jd dy diajakin nyanyi bareng sama joget bareng. ajak baca buku jg. skrg banyak ko buku2 bagus warna warni .. mama sering aja ngobrol jg.. bicara 2 arah.. karna udh 20 bulan baru 3 kosakata saranku konsul ke dsa ma.. yg kedua kalo anaknya suka gigit di sounding ma.. anaku jg suka gigit cuman ak selalu tunjukan klo ak ga suka di gigit dan bilang klo digigit itu sakit.. bukan yg malah ketawa2 ya. klo kita ketawa2 malah dikira kek becanda jd diulang2 terus sama dy. jd ak selalu bilang "umma ga suka digigit karna sakit, klo masih gigit2 umma gamau main lagi" gitu sih trus ya udh enggak sih ma.. perlahan di sounding ya ma.. sama klo lg tantrum coba biarin dlu dy mengeluarkan emosi nya asal ga nyakitin diri sendiri dan org lain ya..klo udh tenang baru dikasih tau.. disounding terus pokoknya

Baca lagi
VIP Member

anaknya perempuan apa laki² bun? kalo kata dr aisah dahlan anak laki² emang ga mau duduk diem, paling 3 detik aja. otak kanan anak lelaki lbih berkembang daripada otak kirinya. jadi kalo mau ajarin anak lelaki harus semenarik mungkin misal pake huruf besar, poster, sambil bergerak, bernyanyi. kalo anak perempuan terlihat lebih mudah diajarkan karena otak kiri dan kanannya seimbang perkembangannya. sehingga metode belajar sambil duduk bisa diterapkan ke anak perempuan. tapi ada faktor lain juga yang mempengaruhi seperti watak dan hormon bunda bisa nonton yutubnya dr.aisah dahlan biar lengkap. kalo anak melukai orang lain/dirinya sendiri berarti pengelolaan emosinya tidak baik bun (ya iya lah namanya juga anak²😁) kita bisa fasilitasi dengan sounding dan jelaskan ketika dia udah tenang kalau gigit/pukul itu sakit dan bunda ga suka. kalo masih marah ya biarin dlu aja..

Baca lagi

ada yg di tiru kah bun anaknya jd suka menggigit? Krn anak saya kalo marah atau gemes sm saya jg suka gigit tangan saya, ini mulanya krn saya jg sih kalo gemes sm anak suka gigit tangan/paha anak saya sendiri, jd anak saya ngikutin apa yg di lakuin saya, blkgn ini kebiasaan ini udh mulai menghilang di anak saya krn saya jg sdh stop kalo gemes ke anak ga gigit" tangan/pahanya lagi. Utk anak bunda yg ga fokus di panggil apa sering bermain gadget bun? Kalo ga kenal gadget bunda tinggal bareng mertua/ortu atau tinggal bareng suami dan anak aja? Kalo bareng mertua/ortu bisa jd krn panggilan dr ibu misal mama anaknya Aisyah tp nenek/kakeknya manggil icha, jd si anak bingung dan gagal fokus krn ada 2 panggilan , aku tau ini dr pengalaman tmn aku bun, jd lingkungan jg berpengaruh sih.

Baca lagi

kl utk menggigit ketika marah, diajak sounding bun. misal "adek, adek bolej marah. kl adek kesel, marah mau pukul atau gigit silakan gigit bantal ini. ibu kasih ruang utk adek marah, nangis dl sampe puas ya, ibu disini, kl udah tenang adek kasih tau ya." kl sudah tenang di peluk dan lakukan eye contact blg "tadi adek marah, ya, gak nyaman rasanya, ya. maafin ya krn ibu / siapa td bikin adek kesal, ngga nyaman ya." terus sounding "kl marah boleh, tp ga boleh nyakitin diri sendiri apalagi orang lain. gigit itu sakit lho. gigi itu gunanya buat gigit makanan bukan gigit ibu/ayah/teman"

Baca lagi

Halo bun, coba diajak belajar nya dgn mainan. Seperti puzzle abjad dan puzzle angka. Jd sambil main gtu.. saya mulai ajak anak bermain sambil belajar itu di umur di atas 2th. Dibawah itu saya masi bebaskan dan ga paksa harus bs ini itu..

terpapar screentime kah bun anaknya?

apa dia nnton hp/tv bun?