Anak tongue tie

Halo bunda2 anak saya waktu umur 7bln ketahuan tongue tie disuruh oprasi tapi kluarga tidak mengijinkan, trus selang sebulan saya ke dsa lain saya tanya mslh tongue tenya trnyata tidak mslh karna kenaikan bb dan makannya bagus, nah skrng anak saya udh umur 1thn 1bulan yang seharusnya sudah makan menu kluarga tapi anak saya masih makan nasi tim pdhl sudah saya ajarkan berkali2, trus baru bisa bicara mamama bababa mimimi tapi kalau makan seperti buah apel atau apapun selain nasi anak saya bisa dan dia ngunyah seperti biasa , saya bingung apa ini normal atau pengaruh dari tongue itu ya karna anak di sekitaran saya yg seumuran sudah makan nasi ngmng mama bapak nenek kata yg lainnya saya kasian liat anak saya dibully tapi saya juga nggk tega kalau anak saya dioprasi aplgi kluarga bukan memberi dukungan malah menyalahkan saya krna anak saya kena tongue tie saya jadi bingung bun, mohon masukannya bun saya harus apa😒😒

1 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

anak sy jg tongue tie bu, tp mnrt dokter derajatnya gk parah dan bb jg naik dgn aman. pengalaman wkt 1th, tmn2nya yg seumuran mmg bnyk yg sblm stahun udh makan mknn dewasa biasa. tp anak sy 1th udh nasi, tp lauk dan sayur masih dicincang. kalo agak besar masih hoak hoek. tp gpp santai aja ikutin anaknya kapan siap sambi dinaikin tekstur nya pelan2 dr sayur yg dikunyahnya lembek, br kelauk yg keras.. ngeliat perkembangan anak lain yg seumuran untuk belajar bareng itu bagus bu, tp kalo ibu jd fokus ke kurangnya anak, trs mlh jd banding2in sm anak lain, nnti ibu yg stress sendiri.. (pengalaman πŸ˜…) trs masalah ngomong dan makan itu sangat berhubungan bu. kmampuan oromotor (menggigit, mengunyah, menelan, meniup, nyedot) itu pengaruh sm kmampuan bicara. anak sy jg trmasuk hampir telat krn redflag 18bln, anak sy mulai keluar kata pas udh umur 17bln. itu jg awalnya 1suku kata doang. tp Alhamdulillah cepet ngejar perkembangan ma tmn2nya. skrg anaknya udh cerewet. malah ngomongnya udh jelas, krn kalo salah dibenerin dan ga pernah babytalk. cm huruf R aja yg blm bisa. kalo anak di bully, yg salah bukan anak/ibu. yg salah adalah kelakuan org2 yg bullying. besar hati ya bu... semoga perkembangan anaknya bs cepet ngejar yg lain..

Baca lagi
2y ago

anak sy gak diapa2in tongue tie nya sampe skrg.. nanti 18bln kalo blm keluar 1-2 kata berarti, cb bawa ke dokter/klinik tumbuh kembang anak biar dianalisis..