umur brp bayi bunda bisa bicara satu atau 2 kata ?

halo bun... anak aku cowo usia 16 bln baru bs bicara yayah, dadah, da, jah,. ada yg blg anak itu kalau bs jalan duluan, ngomongnya belakangan. ada yg bs ngomong tp blm bs jalan. anakku bs jalan tegen umur 1 thn. aku suka iri lht tmnya bs bcara mama, ayah , maem dll. apakah anakku trmasuk speech delay ?? jujur anakku suka lht tv dan hp itu nyetel lagu anak2. dan slalu aku dampingi sama saya ajak ngobrol dan nyanyi. tp knp anakku blm bs bicara ya ? anakku suka sy sering ajak membaca buku tntg hewan2 dan cerita. jujur agak worry bun... boleh sharing umur brp anak bunda lancar 1/2 kata ??

14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Stop screen time dulu yaa bun sampai usia 2 tahun, nanti usia 2 tahun pun harus di batasi dan tentunya harus di dampingi. Anak saya mulai bisa bicara 1 kata pertama yaitu "maem, mama" di usia 6 bulan, 2 kata usia 17 bulan, tapi usia 16 bulan sudah banyak koskata kurleb ada 50 kosakata yang dia mampu ucap dan orang lain paham Sekarang usia anak saya 21 bulan, alhamdulillah mulai bisa bernyanyi, membaca doa juga bercerita 3-5 kalimat, berhitung baru bisa 1-7 itu juga kadang terbalik-balik. Mengalami ledakan kosakata usia 19 bulan, saat ini ada sekitar 300 kosakata yang dia mampu ucap dengan jelas (bukan sepotong2), sudah bisa bilang r tanpa cadel. Stimulasinya itu bun penting sekali, libatkan ayah juga karna itu bagus banget buat perkembangan bahasa dan bicara anak. Bernyanyi bersama, baca buku, usahakan ada kontak mata saat ajak bicara. Sering dia ajak interaksi dengan teman-temannya, terutama anak yang usianya lebih tua dan sudah lancar bicara. Pijat oromotor setiap hari.

Baca lagi
TapFluencer

bunda .plis jangan bnding"kan anak kita sm yang lain . akhirnya kita sendiri yg sedih setres sakit hati ketakutan cemas dll . anak sodara suami beda 2bulan aja sm anak sya . wktu anak sodara usia 18bulan udh lancar bgt ngomngnya .diajak ngobrol udh nyambung banget (wktu itu ankku brti msh 16bln kan ya) pas anakku usia 18bulan . sy bertanya" .kok anakku blm bs ngomong,diajak ngobrol msih hah" mulu .belum nyambung . saya sediih banget bun .tkut anak kenapa" dll .sya kepikiran terus a.apalgi klo baca" tahap prkembangan gtu .mlah bikin makin overthngking . smpai 21bulan masih gitu aja blm nyambung kata mash dikiit banget .pdhal dh diajak ngobrol truss . akhirnya lama" saya mulai ikhlas sy enjoyin aja .setiap anak lg ngapain sy ajak ngobrol gtu teruss tanpa ambil pusing . eh masyaallah 23bulan kata"nya keluar semua .ngoceh terus bisa 2kata bisa 3kata .ngomongnya lancar mgga cadel"n . intinya mah jgn kebanyakan bandingin anak kita sm yg lain bun .fokus sm anak kita sndiri .

Baca lagi

Halo bun, perkembangan anak memang beda2 bun, tetapi bisa diusahakan. Kurangi screen time bun, perbanyak stimulasi, misal sudah jamnya makan sambil diajak ngobrol “mau” anaknya minta ikutin bun “makan”. Aku punya keponakan 15 bulan, ibu dan ayahnya ketat tentang screen time, screen time hanya boleh Sabtu atau Minggu, maksimal 10 menit. Dan selalu distimulasi diajak bicara, sering diajak main flashcard kartu sambil anak mengulangi kata yang disebutkan, bacakan cerita dongeng, dan diajak main tiup2 bun seperti pluit. Dan aku punya tetangga yang sampai umur 4 tahun bicaranya masih sangat tidak jelas. Akibat dari sering dikasih screen time, anak jarang distimulasi. Lebih baik tegas dan bijak dari sekarang daripada menyesal nanti bun.

Baca lagi
6mo ago

Nah ya coba tanyain saja bun ke kakak mu itu gimana ko bisa, mungkin screen timenya memang dibatasi, mungkin sering diajak ngobrol dan stimulasi. Kalau menurutku ya gapapa bun kamu pelan2 sambil dicoba kurangi screen time, dan dicoba stimulasi lain, dll nya. Kalau tidak dicoba ya gak akan tau bun berhasil atau tidaknya, ya jadi tidak ada perubahan juga jadinya. Bisa juga cek IG DSA @mizaafrizal, beliau banyak share tentang tumbuh kembang anak, kepoin aja reels dan feednya baca2 bun.

coba sering stimulasi bun, anakku baru bisa menghubungkan 2 kata baru baru ini usia 1th 9bulan itupun jg msh ga banyak , misal "mau makan" jd "au mam", "mau minum" jd "au num", kalo utk 1 kata udh bnyk bun dr usia 8-18bulan bnyk sdh kosakatanya cuma kdg jelas kadang ga jelas. Baru baru ini jg bnyk kosakata baru, anakku jg jalan lbh cpt, usia 9bln20hari udh jalan , saranku sering stimulasi spt menyanyi bun , belajar menghitung misal 1-5 sambil kenalkan angkanya bisa beli flash card kenalkan warna dan buah/benda. Kalo bunda ragu boleh ke dsa.

Baca lagi

gk ada hubungannya bisa jalan dengan lancar bicara. kalo anaknya sering dikasih screentimeya pantes anaknya belum bisa bicara. anak itu kan butuh interaksi dengan manusia, bukan dengan layar. yang bisa ngajak interaksi kan pasti orangtuanya. anak diajak komunikasi, diajak baca buku sama2, dikasih tau nama2 benda disekitarnya. saya lupa sih anak saya pertama kali bicara usia berapa. tapi anak saya mengalami ledakan bahasa di usia 22 bulan. semua kata keluar dengan jelas. bahkan udh bisa nyusun 2 kata, seperti mama bobo, papa bobo.

Baca lagi

kurangi screen time nya, perbanyak komunikasi dg orang sekitar, kalau anak mengucapkan kata yg kurang tepat langsung dikoreksi, jangan bicara bahasa bayi yg dicedalkan, berikan kesempatan anak untuk mengucapkan apa yg dia mau, misal nunjuk minta mainan jangan langsung diambilkan tp di pancing dulu biar dia bilang maunya apa. sekiranya khawatir lebih baik cek ke DSA.

Baca lagi
Post reply image
6mo ago

dsa mahal bun 500.an. pernah ke dsa pas anakku sakit org nya jg cuek, bentaran doang ngobrolnya gabisa lama2

Sama persis dengan anak saya bun ,anak saya cowok juga 15bulan ,belum bisa bicara jelas hanya mama papa kakak ,kalau diajarin dia selalu teriak2 gak mau ulangin kata yg kita ucapakn , kadang bikin cemas liat anak seusia nya udah bisa ngomong

mgkn beda beda ya bu anak ibu mertuaku malah dari usia 1 th screentime youtube terus, sampe skrg umur 2,5 tahun. tapi malah lancar bicaranya, pdhl ga pernah keluar rumah, soalnya ibuku gamau ghibah jadi dirumah aja sambil yt an gitu

berbeda stiap anak Bun,LBH bnyk stimulasi aja ,bnykn ajak ngobrol bnyk tny sama ksh tau apa yg dia lht..soalny aku dr 8 bulan Alhamdulillah udh bsa ngmng Abah ayah mam num dll

anakku usia 16 bulan bisa merangkai 2 kata bun, sudah nyambung diajak ngobrol. perbanyak stimulasi, bacakan buku, ceritakan dongeng sebelum tidur, jangan beri screen time.